Rabu, 13 Mei 2020

Pelajari dan Tentukan Toleransi Risiko serta Jenis Investasi Terbaik Anda

Tags




Artikel I. Pelajari dan Tentukan Toleransi Risiko Anda

Setiap individu memiliki toleransi risiko berbeda yang tidak boleh diabaikan.
Photo by Scott Graham on Unsplash

Pialang saham atau perencana keuangan yang baik mengetahui hal ini, dan mereka harus berusaha untuk membantu Anda menentukan apa toleransi risiko Anda.

Kemudian, mereka harus bisa bekerja dengan Anda untuk menemukan investasi yang tidak melebihi toleransi risiko Anda.

Menentukan toleransi risiko seseorang melibatkan beberapa hal yang berbeda. Pertama, Anda perlu tahu berapa banyak uang yang harus Anda investasikan, dan apa tujuan investasi dan finansial Anda.

Misalnya, jika Anda berencana untuk pensiun dalam sepuluh tahun, dan Anda belum menabung seribu rupiah pun untuk tujuan itu.

Maka Anda harus memiliki toleransi risiko yang tinggi karena Anda perlu melakukan investasi agresif serta berisiko untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Di sisi lain dari keadaannya, jika Anda berusia awal dua puluhan dan Anda ingin mulai berinvestasi untuk masa pensiun Anda, maka toleransi risiko Anda akan lebih baik rendah.

Anda dapat menyaksikan uang Anda tumbuh perlahan seiring waktu.

Sadarilah, jangan lakukan ketika tahu bahwa kebutuhan Anda akan toleransi risiko tinggi atau kebutuhan Anda akan toleransi risiko rendah benar-benar tidak berpengaruh pada bagaimana perasaan Anda tentang risiko.

Sekali lagi, ada banyak hal dalam menentukan toleransi Anda.

Misalnya, jika Anda berinvestasi di pasar saham dan Anda menyaksikan pergerakan saham itu setiap hari dan jika melihat bahwa saham itu sedikit menurun, apa yang akan Anda lakukan?

Apakah Anda menjual atau membiarkan uang Anda naik?

Jika Anda memiliki toleransi yang rendah terhadap risiko, Anda ingin menjualnya. Namun, jika Anda memiliki toleransi yang tinggi, Anda akan membiarkan uang Anda sampai naik dan melihat apa yang terjadi.

Ini tidak didasarkan pada apa tujuan keuangan Anda. Toleransi ini didasarkan pada bagaimana perasaan Anda tentang uang Anda!

Sekali lagi, perencana keuangan atau broker saham yang baik akan membantu Anda menentukan tingkat risiko yang Anda sukai dan membantu Anda memilih investasi yang sesuai.

Toleransi risiko Anda harus didasarkan pada apa tujuan keuangan Anda dan bagaimana perasaan Anda tentang kemungkinan kehilangan uang Anda. Semuanya terikat bersamaan.

Artikel II. Menentukan di Jenis Investasi Terbaik Anda

Di dunia investasi ada beberapa jenis dan ada banyak faktor dalam menentukan di mana Anda harus menginvestasikan dana Anda.

Tentu saja menentukan di mana Anda akan berinvestasi dimulai dengan meneliti berbagai jenis investasi yang tersedia.

Lalu menentukan toleransi risiko Anda dan menentukan gaya investasi Anda bersama-sama dengan tujuan keuangan Anda.

Jika Anda akan membeli mobil baru, Anda akan melakukan sedikit riset sebelum membuat keputusan akhir dan pembelian.

Anda harusnya tidak akan pernah mempertimbangkan untuk membeli mobil yang belum Anda kuasai dan belum memilih untuk test drive. Seperti itulah investasi bekerja dengan cara yang sama.

Anda tentu saja akan belajar sebanyak mungkin tentang investasi tersebut dan Anda ingin melihat bagaimana para investor masa lalu telah melakukannya juga.

Itu masuk akal!

Belajar tentang pasar saham dan investasi lain tentu membutuhkan banyak waktu, tetapi menghabiskan waktu dengan yang baik.

Ada banyak buku dan situs web tentang topik ini dan Anda bahkan dapat mengikuti kursus tingkat perguruan tinggi tentang topik tersebut yang dilakukan oleh pialang atau perantara jual beli saham.

Dengan mengakses Internet, mempelajarinya seperti Anda benar-benar dapat memainkan pasar saham dengan uang palsu untuk merasakan bagaimana cara kerjanya.

Anda dapat melakukan investasi pura-pura dan lihat bagaimana mereka melakukannya. Lakukan pencarian dengan mesin pencari apa saja tulis Game Pasar Saham atau Simulasi Pasar Saham.

Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk mulai belajar tentang berinvestasi di pasar saham.

Tetapi, jenis investasi lain di luar pasar saham tidak memiliki simulator. Anda harus belajar tentang jenis investasi itu dengan cara yang agak sulit yaitu dengan membaca.

Sebagai investor potensial, Anda harus membaca apa pun yang bisa Anda dapatkan tentang berinvestasi.

Tetapi mulailah dengan buku investasi dasar dan situs web terlebih dahulu. Kalau tidak, Anda akan dengan cepat menemukan bahwa telah Anda tersesat.

Akhir dari pembelajaran itu, sebelum mulai investasi berbicaralah dengan perencana keuangan. Beri tahu mereka tujuan Anda dan minta saran mereka maka harusnya inilah yang mereka lakukan!

Perencana keuangan yang baik dapat dengan mudah membantu Anda menentukan di mana harus menginvestasikan dana Anda dan membantu Anda membuat rencana untuk mencapai semua tujuan keuangan Anda.

Banyak yang bahkan akan mengajari Anda tentang berinvestasi sepanjang jalan hidup Anda, pastikan memperhatikan informasi apa yang mereka katakan kepada Anda!
Baca Juga :