Jumat, 10 April 2020

Apa itu Energi Alternatif ? Inilah Beberapa Contohnya!





Ada banyak energi yang dapat kita manfaatkan jika kita mencari untuk meneliti dan mengembangkan teknologi baru yang diperlukan untuk penghematannya.
https://freedesignfile.com/upload/2018/06/Green-Energy-Solar-Panel

Kita seharusnya dapat menjauh dari bahan bakar fosil dan model jaringan listrik lama dengan beralih ke alternatif sumber energi terbaru ini.

Salah satu sumber energi alternatif ini adalah dengan tenaga angin. Turbin angin terus dikembangkan yang semakin hemat energi dan lebih murah.

"Wind farms" telah bermunculan di banyak negara, dan mereka bahkan telah menjadi lebih strategis dari waktu ke waktu sehingga mereka tidak membahayakan burung seperti yang dilakukan oleh turbin angin sebelumnya.

Sumber energi alternatif lain adalah yang paling terkenal: energi matahari. Ini melibatkan pembuatan sel surya yang mengumpulkan dan memfokuskan energi yang dilepaskan langsung oleh matahari, dan memprosesnya menjadi listrik atau, dalam beberapa contoh penggunaan untuk membuat air panas.

Seperti halnya energi angin, energi matahari sama sekali tidak menimbulkan polusi.

Energi gelombang laut dipandang oleh pemerintah dan investor sebagai memiliki potensi pembangkit energi yang sangat besar.

Sebuah generator di Prancis telah beroperasi selama bertahun-tahun sekarang dan dianggap sebagai langkah yang sukses besar, negara Irlandia dan Skotlandia menjalankan fasilitas eksperimentalnya.

Tenaga hidroelektrik telah bersama kami untuk sementara waktu dan terus diperbaharui, itu adalah pembangkit listrik yang kuat dan lebih bersih daripada jaringan penghasil listrik lainnya.

Namun, ada batasan tertentu pada ketersediaan tempat yang tepat untuk membangun bendungan besar.

Banyak pembangkit listrik tenaga air, atau generator hidroelektrik yang kecil dan terlokalisasi telah didirikan belakangan ini kurang maksimal karena keterbatasan ini.

Energi panas bumi sangat berlimpah, karena ia terletak tepat di bawah kaki kita, hanya beberapa mil di bawah permukaan bumi.

Energi ini dihasilkan oleh pemanasan air melalui aksi inti cair panas yang fantastis di dalam bumi.

Air berubah menjadi uap, yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk menggerakkan mesin turbin yang pada gilirannya menghasilkan listrik.

Sejumlah besar penelitian dan pengembangan harus dimasukkan ke dalam penyadapan energi panas bumi.

Energi limbah gas, yang pada dasarnya adalah gas metana, membalikkan hubungan pencemaran energi dengan menciptakan energi dari limbah yang ada di tempat pembuangan dan dari beberapa polutan udara.

Gas ini dapat digunakan dalam sel bahan bakar dan bisa digunakan dalam generator bensin standar.

Etanol adalah pengganti bensin dan dibuat dari bahan-bahan seperti gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan serpihan kayu dan selulosa kayu.

Ada kontroversi mengenai bahan bakar ini dan sehubungan dengan hal itu menjadi benar-benar ekonomis atau praktis kecuali di daerah yang sangat lokal, tetapi teknologi untuk ekstraksi dan pencampurannya ini terus disempurnakan.

Energi biodiesel dibuat dari minyak yang terkandung dalam tanaman. Sejauh ini, toko-toko komersial biodiesel telah dibuat menggunakan minyak kedelai, rapeseed, dan minyak bunga matahari.

Pada saat penulisan artikel ini, biodiesel biasanya diproduksi oleh individu yang berpikiran berwirausaha atau mereka yang ingin bereksperimen dengan energi alternatif, tetapi minat komersial dari perusahaan terus meningkat.

Teknologi itu melakukan pembakaran yang jauh lebih bersih daripada diesel berbasis minyak.

Energi atom dibuat dalam pembangkit energi atom menggunakan proses fisi nuklir. Energi ini sangat efisien dan dapat menghasilkan daya dalam jumlah besar.

Ada kekhawatiran dari beberapa orang tentang apa yang harus dilakukan dengan jumlah yang relatif kecil dari energi atom produk limbah, karena radioaktif itu membutuhkan ratusan tahun untuk membusuk dan menjadi tidak berbahaya.
Baca Juga :