Kamis, 30 April 2020

Anda Wajib Tahu Tips Jitu Belanja Makanan Sehat beserta Contohnya!!!

Tags




Artikel I. Tips Jitu Belanja Bahan Makanan Sehat

Berbelanja di toko kelontong adalah sesuatu yang harus kita semua lakukan, walaupun memilih makanan yang tepat memang bisa sangat sulit.
Photo by Joshua Rawson-Harris on Unsplash

Untuk membantu Anda berbelanja bahan makanan sehat, tips-tips di bawah ini memang dapat membantu mempermudah Anda segalanya:

1. Jangan pernah berbelanja bahan makanan dengan perut kosong.

2. Pilih buah dan tuna kalengan yang dikemas dalam air, bukan dalam bentuk minyak atau sari buah dalam sirup.

3. Lihatlah label untuk kata terhidrogenasi atau terhidrogenasi parsial. Semakin banyak Anda melihatnya muncul dalam daftar, semakin tinggi jumlah asam lemak trans tidak sehat yang terkandung dalam makanan.

4. Jangan membeli kalkun atau ayam dengan kulit di atasnya, dan jika Anda berencana untuk membeli ayam, belilah pada bagian dada ayam.

5. Ketika Anda memilih untuk menu makan malam beku, pilihlah yang tidak hanya rendah lemak, tetapi juga rendah sodium dan kolesterol.

6. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi produk susu yang cukup, gunakan saja jus jeruk yang diperkaya kalsium.

7. Pergi untuk berbelanja makanan pokok yaitu beras, roti gandum, sereal, dan roti gulung.

8. Cobalah beli buah blewah. Buah yang dengan hanya 95 kalori, setengah melon akan memberikan pasokan Vitamin C dan beta karoten lebih dari satu hari.

9. Jangan tertipu untuk membeli yogurt yang dilapisi kacang atau kismis, karena pelapisnya biasanya terbuat dari gula dan sebagian minyak terhidrogenasi.

10. Dapatkan beberapa cemilan atau rempah pelengkap yang rendah lemak, seperti pretzel, jahe, dan kue makanan sehat.

Dengan mengikuti tips di atas saat berbelanja, Anda akan menghindari makanan yang buruk dan mendapatkan yang benar-benar Anda butuhkan.

Ada banyak makanan sehat yang berbeda di toko bahan makanan, yang diperlukan hanyalah kekuatan dan kemauan untuk melewati makanan yang buruk dan pergi ke makanan yang baik.

Artikel II. Beberapa Pilihan Makanan Sehat
Photo by Nadine Primeau on Unsplash

Pola makan sehat adalah sesuatu yang kita semua ingin lakukan, walaupun itu biasanya akan sulit. Untuk pola makan sehat, Anda harus terlebih dahulu membuat pilihan makanan yang tepat.

Pola makan sehat adalah semua tentang apa yang Anda makan, yang membuat pilihan sangat penting untuk dampak baik kesehatan Anda.

Berikut 5 daftar makanan sehat:

1. Biji-bijian

Sebaiknya, Anda harus mengonsumsi 6 ons biji-bijian per hari. Untuk melakukan ini, Anda bisa makan 3 ons sereal gandum, roti, nasi, kerupuk, atau pasta. Anda bisa mendapatkan satu ons biji-bijian dalam satu irisan roti, atau 1 potong sereal.

2. Sayuran

Sayuran itu harus bervariasi, karena Anda harus memakannya sebanyak porsi 2 1/2 gelas setiap hari. Anda harus mulai makan lebih banyak sayuran warna gelap, seperti brokili dan bayam.

Sayur wortel dan ubi juga baik. Anda juga harus makan lebih banyak kacang kering seperti kacang polong, kacang pinto, dan bahkan kacang merah.

3. Buah-buahan

Tanpa dipungkiri lagi buah-buahan sangat penting bagi kesehatan. Anda harus mencoba makan dengan porsi 2 gelas setiap hari.

Fokus pada makan buah yang beragam, seperti buah segar, beku, kalengan, atau bahkan yang telah dikeringkan.

Anda juga bisa minum jus buah, meskipun Anda harus membuat moderasi atau variasi olahan saat melakukannya.

4. Selanjutnya Susu

Susu adalah teman yang kaya dengan kalsium untuk kebutuhan Anda. Untuk orang dewasa, 3 cangkir adalah tujuan yang ideal.

Untuk anak-anak 2 - 8, minimal 2 gelas adalah jumlah yang mungkin Anda inginkan. Saat memilih produk susu atau yogurt, Anda harus menggunakan yang bebas lemak atau rendah lemak.

Anda yang tidak suka susu atau tidak bisa memilikinya, maka harus mencari produk bebas laktosa atau sumber kalsium lain seperti makanan dan minuman yang diperkaya dengan itu.

5. Terakhir daging dan kacang-kacangan

Makan daging atau kacang-kacangan 5 ons sehari adalah tujuan yang ideal, karena Anda harus bersandar dengan jumlah kebutuhan protein Anda.

Saat makan daging, cobalah dengan selalu memanggangnya atau dibakar, karena ini akan mencegah menambah minyak yang muncul ketika dimasak.

Anda harus memvariasikan protein Anda juga, usahakan dengan lebih banyak konsumsi ikan dan kacang-kacangan seperti kacang polong.

Saat memasak makanan Anda, Anda juga harus membatasi lemak padat seperti dalam mentega kuning, margarin, mentega putih, dan lemak hewani.

Bahan makanan ini memang dapat menambah rasa pada masakan Anda, meskipun bahan juga dapat membantu meningkatkan kolesterol Anda juga.

Karena itu, Anda harus mencoba menambahkan bahan makanan ini dan makanan apa pun yang dapat mengurangi kandungan lemak padat.

Untuk membantu menjaga lemak jenuh, lemak trans, dan sodium rendah, Anda dapat memeriksa label fakta nutrisi di kemasan makanan.

Label ini dapat ditemukan di paket kemasan makanan dan akan memberi tahu Anda semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang makanan tersebut.

Dengan memilih makanan dengan bijak dan memperhatikan apa yang Anda makan, Anda akan membantu mengendalikan gaya hidup sehat Anda.

Disamping itu, olahraga tentu juga sangat bagus karena berjalan sempurna dengan gaya hidup pola makan yang sehat.

Tidak peduli berapa usia Anda, makan sehat akan membantu Anda mempertahankan gaya hidup aktif Anda selama bertahun-tahun dan bahkan membantu Anda menjaga kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.
Baca Juga :