Minggu, 22 Maret 2020

Melihat Gambar Indah di Langit dan Istilah-Istilahnya







https://hubblesite.org/ : STScI-H-2010a-d-1280x720.png - 

Salah satu kegiatan paling awal yang kami lakukan ketika pertama kali mempelajari astronomi adalah kegiatan yang sama dengan yang kami suka tunjukkan kepada anak-anak ketika mereka melihat langit malam yang mulai muncul.

Itulah awal mula kesenangan saat menemukan, melihat dan mempelajari rasi bintang.

Menemukan rasi bintang dan menggunakannya untuk menavigasi langit adalah sifat dasar keingintahuan manusia.

Saat kita melihat jejak-jejak gambar peninggalan sejarah di gua, ini menunjukkan bahwa masyarakat dahulu yang lebih primitif dapat "melihat objek" di langit dan menganggapnya sebagai peristiwa penting.

Rasi bintang juga penting dalam budaya dan navigasi mereka, jauh sebelum kita memiliki sistem navigasi yang canggih sekarang ini.

Bagi seorang penjelajah terutama pelaut, hanya mengandalkan langit malam untuk membantu mereka menemukan jalan ke arah tujuan mereka.

Bahkan, ketika Columbus mengarungi samudera biru pada tahun 1492 dan menemukan Amerika, ia tidak mungkin bisa melakukannya tanpa belajar astronomi dan bantuan navigasi kosmos yang sebagian besar karena adanya rasi bintang.

Ketika belajar menemukan rasi bintang besar di langit, kami menggunakan sistem “temukan satu dan Anda akan menemukan semuanya”.

Itu karena rasi bintang yang paling mudah ditemukan akan membimbing kita ke bagian lainnya. Rasi bintang itu adalah The Big Dipper.

Lihatlah langit utara pada malam yang cerah dan perlebar bidang penglihatan Anda, daripada hanya fokus pada satu bintang dan dengan cara ini Anda akan cukup banyak menemukan bintang.

Ketika rasi bintang itu terlihat seperti panci dapur besar atau sendok, berarti lokasi pada sisi kanan Anda sedang mengalami musim gugur, dan sebaliknya berarti sedang mengalami musim semi.

Ketika Anda melihat pola bintang seperti Big Dipper mengarah ke bawah, Anda dapat dengan mudah menemukan arah Bintang Utara.

Ini adalah bintang yang paling diandalkan oleh para pelaut kuno untuk menemukan jalan menuju daratan.

Cobalah untuk melihat ujung mangkuk Big Dipper, perhatikan sisi yang berlawanan dengan pegangan. Ada 2 (dua) bintang yang membentuk sisi mangkuk itu.

Mulailah dari bagian bawah panci dan buatlah garis yang mental ke atas bintang mangkuk, maka kedua bintang ini "menunjuk" ke Bintang Utara.

Ikuti terus garis itu, sedikit melengkung mengikuti langit dan itulah bintang terang yang Anda tuju yaitu Bintang Utara.

Anda dapat mengesankan teman atau keluarga Anda jika Anda tahu nama ilmiah untuk bintang ini adalah Polaris.

Bintang Utara kemudian akan menuntun jalan Anda dengan menggunakan Biduk.

Kuncinya di sini bahwa Polaris adalah ujung pegangan The Little Dipper dan mangkuk menggantung dari pegangan seperti yang ada di dapur.

Bersabarlah dengan yang satu ini karena bintang-bintang yang membentuk The Little Dipper lebih redup daripada The Big Dipper.

Tapi bentuk bintang ini cukup keren begitu Anda menemukannya.

Walaupun ini adalah tempat awal yang jelas, tetapi dari The Little Dipper Anda dapat menemukan rasi bintang yang dikenal sebagai "The Swan" atau Cygnus.

Cukup menggunakan sistem yang sama saat Anda gunakan untuk menemukan Bintang Utara.

Dengan terus menggambar garis yang dimulai pada bintang-bintang, maka Anda akan dapat penunjuk dalam mangkuk The Big Dipper.

Bergeraklah sekitar setengah jarak dari sejauh Anda pergi untuk menemukan Polaris ketika Anda di sana.

Anda akan melihat trapesium bintang sebesar The Big Dipper. Trapesium ini membentuk ekor The Swan tadi.

Garis yang kita gambar dari bintang penunjuk adalah peta jalan kita menuju rasi bintang terkenal lainnya yaitu Cassiopeia.

Jika Anda menggunakan garis itu dan membayangkan Anda berada langsung di bawah 2 (dua) bintang penunjuk, Anda akan melihat huruf "W" besar di sebelah kiri garis.

Ini adalah rasi bintang Cassiopeia, seorang istri raja Mesir, Cepheus dalam mitologi Yunani.

Ada begitu banyak rasi bintang yang indah untuk ditemukan dan dengan memiliki sebuah peta bintang yang bagus dapat melanjutkan pencarian Anda.

Seperti Cassiopeia, semua rasi bintang memiliki cerita dan mitos yang indah terkait dengan budaya Yunani kuno.

Sama senangnya menemukan gugus bintang itu sendiri seperti menikmati kekayaan budaya yang berkaitan dengan rasi bintang.

Untuk semua tanda zodiak, pasti ada konstelasi terkait kejadian di langit.

Apakah Anda serius tentang astrologi atau tidak, menyenangkan untuk menemukan rasi bintang yang berhubungan dengan "tanda" Anda (atau anak-anak Anda) dan dapat melihat bagaimana orang-orang zaman dahulu berhubungan dengan penemuan dengan foto-foto ini di langit.
Baca Juga :

Artikel Terkait