Sabtu, 21 Maret 2020

Melihat Gambar Indah di Langit dan Fenomena Bintang Jatuh









https://hubblesite.org/ : STScI-H-2010a-d-1280x720.png - 

Artikel I. Melihat Gambar Indah di Langit

Salah satu kegiatan paling awal yang kami lakukan ketika pertama kali masuk mempelajari astronomi adalah kegiatan yang sama dengan yang kami suka tunjukkan kepada anak-anak kami begitu kegembiraan mereka tentang melihat langit malam yang mulai muncul.

Itulah kesenangan saat menemukan, melihat dan mempelajari rasi bintang.

Tetapi menemukan rasi bintang dan menggunakannya untuk menavigasi langit adalah sifat dasar keingintahuan manusia.

Faktanya, saat kita melihat jejak-jejak gambar peninggalan di gua menunjukkan bahwa masyarakat dahulu yang lebih primitif dapat "melihat objek" di langit dan menganggapnya peristiwa penting.

Rasi bintang juga penting dalam budaya dan navigasi jauh sebelum kita memiliki sistem navigasi yang canggih sekarang ini.

Seorang penjelajah awal, terutama melalui laut hanya mengandalkan langit malam untuk membantu mereka menemukan jalan ke arah tujuan mereka.

Bahkan, ketika "Columbus mengarungi samudra biru pada tahun 1492" dan "menemukan" Amerika, ia tidak mungkin melakukannya tanpa astronomi dan bantuan navigasi kosmos, yang sebagian besar dimungkinkan karena adanya rasi bintang yang penting.

Ketika belajar menemukan rasi bintang besar di langit, kami menggunakan sistem “temukan satu, Anda akan menemukan semuanya”.

Itu karena rasi bintang yang paling mudah ditemukan akan membimbing kita ke bagian lainnya. Rasi bintang itu adalah The Big Dipper.

Lihatlah langit utara pada malam yang cerah dan perlebar bidang penglihatan Anda daripada hanya fokus pada satu bintang dan itu akan cukup banyak bintang yang Anda temukan.

Ketika rasi bintang terlihat seperti panci dapur besar atau sendok, berarti pada sisi kanan Anda sedang mengalami musim gugur, dan sebaliknya sedang mengalami musim semi.

Ketika Anda melihat pola bintang seperti Big Dipper di bawah kendali, Anda dapat dengan mudah menemukan arah Bintang Utara.

Ini adalah bintang yang paling diandalkan oleh para pelaut kuno untuk menemukan jalan menuju daratan.

Mulailah dengan melihat ujung mangkuk Big Dipper, sisi yang berlawanan dengan pegangan. Ada dua bintang yang membentuk sisi mangkuk itu.

Jadi, mulailah dari bagian bawah panci dan buatlah garis mental ke atas bintang mangkuk maka kedua bintang ini "menunjuk" ke Bintang Utara.

Ikuti terus garis itu, sedikit melengkung dengan langit dan terlihat bintang terang yang Anda tuju adalah Bintang Utara.

Anda dapat mengesankan teman atau keluarga Anda jika Anda tahu nama ilmiah untuk bintang ini adalah Polaris.

Bintang Utara kemudian dapat membawa Anda ke Biduk.

Kuncinya di sini adalah bahwa Polaris adalah ujung pegangan The Little Dipper dan mangkuk menggantung dari pegangan seperti itu tergantung di dapur.

Bersabarlah dengan yang satu ini karena bintang-bintang yang membentuk The Little Dipper lebih redup daripada The Big Dipper.

Tapi bentuk itu cukup keren begitu Anda menemukannya.

Ini adalah tempat awal yang jelas, tetapi dari The Little Dipper Anda dapat menemukan rasi bintang yang dikenal sebagai "The Swan" atau Cygnus.

Cukup gunakan sistem yang sama saat Anda gunakan untuk menemukan Bintang Utara tetapi terus menggambar garis yang dimulai pada bintang-bintang penunjuk dalam mangkuk The Big Dipper.

Bergeraklah sekitar setengah jarak dari sejauh Anda pergi untuk menemukan Polaris ketika Anda di sana.

Anda akan melihat trapesium bintang sebesar The Big Dipper. Trapesium ini membentuk ekor The Swan tadi.

Garis yang kita gambar dari bintang penunjuk adalah peta jalan kita menuju rasi bintang terkenal lainnya yaitu Cassiopeia.

Jika Anda menggunakan garis itu dan membayangkan Anda berada langsung di bawah dua bintang penunjuk, Anda akan melihat huruf "W" besar di sebelah kiri garis.

Ini adalah rasi bintang Cassiopeia, seorang istri raja Mesir, Cepheus dalam mitologi Yunani.

Ada begitu banyak rasi bintang yang indah untuk ditemukan dan memiliki sebuah peta bintang yang bagus dapat melanjutkan pencarian Anda.

Seperti Cassiopeia, semua rasi bintang memiliki cerita dan mitos yang indah terkait dengan budaya Yunani kuno.

Adalah sama menyenangkannya untuk menemukan gugus bintang itu sendiri seperti halnya menikmati kekayaan budaya yang berkaitan dengan rasi bintang itu.

Untuk semua tanda zodiak, misalnya ada konstelasi terkait di langit.

Jadi apakah Anda serius tentang astrologi atau tidak, menyenangkan untuk menemukan rasi bintang yang berhubungan dengan "tanda" Anda (atau anak-anak Anda) dan dapat melihat bagaimana orang-orang zaman dahulu berkaitan dengan penemuan dengan foto-foto ini di langit.

Artikel II. Melihat Fenomena Bintang Jatuh

Jika Anda seorang fanatik astronomi yang serius seperti kebanyakan dari kita, Anda mungkin dapat mengingat bahwa satu peristiwa di masa kanak-kanak yang mengawali Anda di sepanjang hobi yang menarik ini.

Mungkin itu pertama kalinya Anda melihat peristiwa itu melalui teleskop.

Tetapi bagi sebagian banyak dari kita, itu adalah pertama kalinya kita melihat hujan api dari langit yang akhirnya kita kenal sebagai hujan meteoroid.

Pada saat Anda melihat yang pertama, mudah untuk mengingat film "perang dunia" atau gambar alien/makhluk lain yang fantastis yang memasuki atmosfer kita berbondong-bondong untuk mengambil alih planet ini.

Tetapi dengan beberapa petunjuk dan penjelasan tentang apa yang sedang terjadi, kami akhirnya mengetahui bahwa hujan ini sama sekali tidak mengancam atau invasi apa pun.

Sebagian besar hujan meteoroid tidak berbahaya, peristiwa tersebut bagian dari alam dan sangat menyenangkan untuk ditonton.

Jadi benda apa saja seperti lampu aneh di langit ini?

Apakah mereka alien yang menyerang dari Mars?

Apakah komet datang untuk memulai zaman es berikutnya?

Atau mungkin asteroid yang terbakar saat memasuki atmosfer bumi.

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah tidak untuk yang pertama dan "ya dan tidak" untuk dua lainnya.

Meteoroid sebenarnya adalah sepotong kecil puing di ruang angkasa, biasanya debu atau batu kecil yang berasal dari komet atau pecahnya asteroid di ruang angkasa dan yang akhirnya tertarik ke bumi.

Kami mengatakan "ke arah bumi" karena lampu yang Anda lihat adalah gesekan atmosfer yang membakar bagian batu kecil itu dan menciptakan pertunjukan spektakuler bagi kita semua saat mereka berjatuhan.

Momen yang sangat menarik untuk disaksikan adalah ketika sebuah meteoroid pecah atau meledak saat memasuki bumi. Meteoroid yang meledak disebut bolides.

Ada beberapa detail menarik tentang keberadaan meteoroid yang membuat tampilan bintang jatuh lebih menyenangkan untuk dilihat.

Sebuah meteoroid saat di timbang hanya seberat sepersejuta gram.

Tetapi hal yang membuat mereka begitu spektakuler untuk dilihat adalah kecepatan luar biasa yang mereka capai ketika mereka memasuki atmosfer.

Sebelum terbakar, meteoroid akan mencapai antara 11 dan 74 kilometer per detik yang kecepatan itu 100 kali lebih cepat dari peluru yang melaju kencang.

Kita cenderung menganggap melihat bintang jatuh sebagai peristiwa aneh dan kita mengaitkannya dengan takhayul (karenanya, berharap pada bintang keberuntungan).

Tetapi sebenarnya ada ribuan dari mereka yang melintas setiap tahun sehingga sangat jarang untuk melihatnya.

Faktanya, para ilmuwan memberi tahu kami bahwa lebih dari 200.000 ton materi luar angkasa memasuki atmosfer setiap tahun dan terbakar pada saat masuk ke bumi.

Komet adalah sumber besar meteoroid karena sifat ekor panjangnya. Sejumlah besar debu, es, dan puing-puing angkasa lainnya terperangkap di ekor komet saat bergerak ke arah matahari.

Kemudian ketika komet bergerak menjauh dari matahari dalam orbitnya, berton-ton bagian ini dibuang ke luar angkasa untuk menyebar.

Saat Bumi bergerak dalam orbit rutinnya mengelilingi matahari, ia sering melintasi awan-awan dari materi buangan ini yang menjadi salah satu "hujan meteor" yang begitu populer untuk dilihat.

Hujan bintang-bintang penembakan ini cukup mudah bagi para astronom untuk diprediksi sehingga Anda dapat masuk ke lokasi strategis untuk melihat kegembiraan di waktu yang tepat di malam hari dan melihat area yang tepat di langit malam.

Biasanya majalah atau situs astronomi akan memberi Anda waktu dan lokasi umum untuk siap melihat ketika meteoroid mulai jatuh.

Sekarang perlu diingat, ini adalah fenomena alam jadi mungkin tidak perlu memperhatikan tabel waktu secara tepat.

Juga perhatikan bahwa ada sistem notasi untuk tempat hujan meteoroid akan terjadi berdasarkan konstelasi latar belakangnya.

Bagian langit yang fokus pada pertunjukan disebut "berseri" karena di situlah meteoroid yang masuk mulai bersinar atau memancar.

Radiant dinamai untuk rasi bintang yang terdekat.

Jadi jika hujan meteor akan terjadi di rasi bintang Leo, maka pancarannya akan disebut Leonid. Ini akan membantu Anda menguraikan daftar hujan asteroid di pencarian anda.
Baca Juga :