Selasa, 17 Maret 2020

Dasar-Dasar Pengetahuan dan Pentingnya Vitamin B12

Tags




Artikel I. Dasar-Dasar Vitamin B12

Vitamin B12 hanyalah salah satu vitamin B esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.
https://freedesignfile.com/ : Rye-whole-grain-fresh-sandwich

Cobalamin adalah nama alternatif untuk vitamin B12 ini. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk sejumlah proses pekerjaan yang berbeda termasuk mengubah lemak, karbohidrat dan protein dari semua makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Salah satu proses terpenting yang diperlukan dari B12 adalah menciptakan sel darah merah yang sehat.

Pencegahan penyakit jantung bergantung pada produksi sel darah yang sehat dan oleh karena itu vitamin B12 sangat penting.

Vitamin B12 juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang berfungsi pada efisiensi maksimum.

Bukan hanya ini, tetapi vitamin B12 juga berfungsi membentuk pelindung dari semua sel saraf di dalam tubuh.

Produksi sel darah merah bukan satu-satunya jenis sel yang dibutuhkan oleh vitamin B12. Faktanya, semua sel dalam tubuh membutuhkan vitamin B12, termasuk sel darah putih dan sel saraf.

Sel-sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan tanpa vitamin B12, efektivitas imunitas tubuh terhadap kuman dan virus sangat berkurang.

Sel-sel saraf membutuhkan vitamin B12 untuk membuat lapisan lemak yang akan melindungi mereka dari kerusakan.

Sel-sel otak sangat rentan terhadap penyakit dan kerusakan jika vitamin B12 yang ada tidak cukup untuk membentuk lapisan pelindung ini.

Meskipun vitamin B12 terlibat dalam begitu banyak proses penting, jumlah yang direkomendasikan sebenarnya yang dibutuhkan tubuh setiap hari cukup kecil.

Faktanya adalah bahwa mayoritas orang mengkonsumsi lebih banyak vitamin B12 daripada yang dibutuhkan tubuh mereka.

Satu-satunya masalah adalah bahwa tubuh tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan sangat mudah dan harus membuat sendiri bantuan untuk proses tersebut.

Faktor intrinsik yang diproduksi tubuh membantu tubuh untuk menyerap vitamin B12 yang dibutuhkannya dari makanan, tetapi ini masih berjumlah hanya setengah dari total vitamin B12 yang tersedia.

Kekurangan B12 dalam tubuh sangat jarang terjadi pada kebanyakan orang dan dibuat lebih kecil kemungkinannya karena tubuh dapat mendaur ulang vitamin B12 yang sudah diserapnya.

Beberapa kelompok orang mungkin mengalami anemia karena kekurangan vitamin B12 dalam makanan mereka.

Anak kecil sering mengalami masalah dalam mendapatkan cukup vitamin B12 karena mereka mungkin pemakan yang sangat cerewet dan penting untuk mendorong mereka untuk makan sebanyak mungkin variasi makanan.

Ini tidak hanya terjadi untuk mencukupi vitamin B12 nya tetapi juga berlaku untuk semua vitamin dan mineral yang esensial.

Artikel II. Pentingnya Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Atau dikenal sebagai Cobalamin, vitamin B12 diperlukan untuk proses mengubah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan menjadi energi.

Yang lebih penting dari Vitamin B12 dapat membantu menjaga sel darah merah tetap sehat dan karena itu bisa mencegah penyakit jantung serta menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi pada tingkat maksimum. Selain itu, B12 digunakan untuk membuat tutup pelindung semua sel saraf dalam tubuh.

Fungsi terpenting lain B12 adalah untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Namun, semua sel membutuhkan B12 agar tetap sehat.

Sel-sel darah putih di antaranya membutuhkan vitamin B12 untuk membantu memastikan bahwa sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

Semua sel saraf dalam tubuh juga membutuhkan B12 untuk membentuk lapisan lemak pelindungnya. Ini penting untuk semua saraf terutama bagi mereka yang ada di otak.

Jika tidak ada cukup B12 untuk membuat lapisan pelindung ini maka otak tidak akan berfungsi dengan baik.

Menariknya, jumlah B12 yang dibutuhkan tubuh relatif kecil tetapi dibutuhkan secara teratur. Namun, B12 sendiri tidak cukup karena tubuh tidak dapat menyerapnya dengan mudah.

Untuk membantu tubuh menyerap B12 melalui perut yang menghasilkan faktor intrinsik yang memungkinkan lebih dari B12 diserap, bisa ditemukan dalam makanan hewani seperti hati, telur, ikan dan daging.

Tetapi kebanyakan orang mengkonsumsi jauh lebih banyak daripada jumlah harian yang direkomendasikan.

Ini bukan sebuah masalah karena tubuh hanya dapat menyerap sekitar setengah dari B12 yang dikonsumsi.

Perlu juga dicatat bahwa tubuh dapat mendaur ulang B12 untuk mengurangi dampak kekurangannya.

Namun, vegetarian ketat atau vegan cenderung membutuhkan suplemen B12 jika mereka tidak makan produk hewani yang mengandung B12.

Jika tubuh tidak memiliki cukup B12 maka anemia adalah gejala yang paling jelas ditimbulkan. Jelas, ini disebabkan oleh fakta bahwa tidak ada cukup B12 untuk membuat sel darah merah yang sehat.

Anemia juga dapat disebabkan oleh tubuh karena tidak menciptakan faktor intrinsik yang cukup untuk membantu menyerap B12 yang tersedia dalam makanan yang dikonsumsi.

Tubuh cenderung membuat lebih sedikit faktor intrinsik begitu seseorang mencapai 50 tahun dan ini akan menyebabkan kurang B12 diserap dan suplemen B12 makin mungkin diperlukan.

Anak-anak juga berisiko terkena anemia karena mereka mungkin tidak suka makan makanan yang mengandung B12.

Wanita hamil membutuhkan lebih dari B12 karena bayi juga menyerap B12 selama kehamilan untuk tumbuh dengan baik.
Baca Juga :