Rabu, 15 Januari 2020

Semua Hal Penting Tentang Perawatan Kulit Wajah Sensitif







Perawatan kulit sensitif tertuang dalam beberapa aturan dasar. Namun, bahkan sebelum kita mempelajari aturan untuk perawatan kulit sensitif, penting untuk memahami apa itu kulit sensitif.

Kulit sensitif adalah kulit yang tidak dapat mentolerir kondisi yang tidak menguntungkan.

Contohnya pada lingkungan atau kondisi tidak bersih atau panas dan kulit akan mudah teriritasi jika kontak dengan bahan asing termasuk produk perawatan kulit.

Untuk alasan ini, beberapa produk secara khusus dilabeli sebagai produk perawatan kulit sensitif.

Namun karena tingkat sensitivitas dapat bervariasi di antara kulit manusia, maka prosedur perawatan kulit sensitif juga bervariasi.

Secara umum, semua jenis kulit memberi respon negatif terhadap deterjen dan produk mengandung bahan kimia lainnya.

Namun, kerusakan dimulai pada umumnya ketika kulit terkena bahan di luar ambang batas yang ditentukan atau tingkat toleransinya.

Tingkat toleransi ini sangat rendah untuk jenis kulit sensitif yang menyebabkan kulit menjadi sangat mudah rusak dan tidak sehat.

Produk perawatan kulit sensitif dapat menghindarkan kulit dari potensi iritasi atau mempertahankannya pada konsentrasi yang sangat rendah.

Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan kulit sensitif:

  1. Gunakan produk perawatan kulit sensitif saja, yaitu produk yang ditandai untuk perawatan kulit sensitif saja. 
  2. Bacalah instruksi / catatan pada produk untuk melihat apakah ada batasan / peringatan khusus yang terkait dengan produk.
  3. Bahkan dalam memilih rangkaian produk perawatan kulit sensitif, pilihlah yang memiliki bahan pengawet, pewarna, dan zat tambahan pada kadar se-minimum mungkin.
  4. Jangan gunakan toner. Kebanyakan dari bahan toner berbasis alkohol dan tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif.
  5. Kenakan sarung tangan pelindung saat mencuci atau membersihkan bahan kimia lainnya. Jika Anda alergi terhadap karet, Anda bisa mengenakan sarung tangan katun yang di bawahnya berbahan karet.
  6. Tips penting lainnya untuk perawatan kulit sensitif adalah menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Oleskan lotion tabir surya sebelum keluar dan di bawah sinar matahari.
  7. Menghindari paparan debu dan polutan lain juga penting untuk perawatan kulit sensitif. Jadi, lindungi diri Anda dengan cukup sebelum pergi keluar.
  8. Gunakan pelembab hypoallergenic, noncomedogenic sebagai produk perawatan kulit sensitif, jika tidak ada yang secara spesifik diberi label sebagai produk perawatan kulit sensitif.
  9. Gunakan pembersih bebas sabun dan alkohol. Bersihkan wajah Anda setiap kali Anda kembali dari rutinitas menghabiskan waktu di luar rumah.
  10. Jangan menggosok atau mengelupas kulit terlalu keras. Ini dapat menyebabkan kemerahan dan bahkan peradangan.
  11. Jangan biarkan riasan terlalu lama menempel di kulit wajah Anda, bila perlu gunakan penghapus makeup hypoallergenic.

Jadi, perawatan kulit sensitif sangat berbeda dengan perawatan kulit normal.

Perawatan kulit sensitif lebih tentang berhati-hati dengan kulit Anda baik dalam hal memilih produk perawatan kulit sensitif dan perlindungan terhadap kekejaman lingkungan sekitar pada kulit.
Baca Juga :

Artikel Terkait