Rabu, 21 Agustus 2019

Tradisi dan Hewan yang Diqurban saat Idul Adha di 10 Negara









Photo by Godwin Bephin on Unsplash - 

Pada tanggal 10 Dzulhijah yang lalu, seluruh umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha.

Perayaan ini dilakukan dengan cara yang berbeda-beda di setiap negara. Ada yang merayakannya dengan cara yang cukup sederhana seperti di Indonesia.

Namun, ada juga yang merayakannya dengan meriah selama beberapa hari berturut-turut. Berikut ini beberapa tradisi Idul Adha di berbagai negara.

Sepuluh Negara dengan Tradisi Idul Adha yang Menarik :

1. Uni Emirat Arab

Perayaan Idul Adha di UEA berlangsung meriah. Pada hari besar ini, Umat Islam di negara tersebut mengenakan pakaian baru.

Mereka berdandan dan mengenakan wewangian. Sedangkan para wanitanya menghias tangan mereka dengan henna.

Setelah melaksanakan salat, mereka akan berkunjung ke rumah keluarga dan kerabat mereka untuk bersilaturahmi.

Dalam kunjungan ini, biasanya mereka akan disuguhi dengan manisan, kurma, kopi, serta teh.

Perayaan Idul Adha di negara ini berlangsung selama empat hari berturut-turut. Selama empat hari tersebut, diadakan banyak festival serta pesta kembang api.

Penyembelihan hewan kurban yang berupa domba, kambing, serta sapi, dilakukan di rumah pemotongan hewan yang telah terakreditasi.

Jika peraturan ini dilanggar, pemerintah akan mendenda pelakunya.

2. India

Perayaan Hari Raya Idul Adha di India sering memunculkan keresahan sosial bagi warga mayoritas yang merupakan umat Hindu.

Hal ini karena umat Hindu menganggap sapi dan kerbau sebagai hewan suci agama mereka. Oleh sebab itu, hewan qurban yang disembelih kebanyakan adalah kambing.

Hewan ini dipilih untuk menghormati warga mayoritas.

Daging qurban di India biasanya dimasak menjadi hidangan Nalli Nihari dan Nasi Biryani.

Kedua hidangan tersebut dimasak bersama bumbu dan rempah khas India sehingga membuat rasanya lezat dan gurih. Rempah-rempah ini juga membuat aroma kambing menjadi lebih samar.

3. China

Umat Islam memang bukan warga mayoritas negara China. Namun, distrik-distrik tertentu di negara tersebut dihuni oleh banyak umat Islam.

Di distrik tersebut, hari raya qurban dirayakan dengan meriah. Para warga bahkan melakukan banyak persiapan selama berminggu-minggu sebelum hari raya.

Salah satunya adalah memasak hidangan untuk berbuka bersama pada tanggal 9 Dzulhijah.

Perayaan Idul Adha ini dilksanakan selama empat hari.

Para pegawai biasanya meliburkan diri dari pekerjaan mereka agar dapat melakukan berbagai acara keagaamaan, contohnya tadarus dan mengaji.

Selain itu, mereka juga bersilaturahmi dengan keluarga dan teman melalui pesta kecil yang diadakan pada perayaan ini. Saat bersilaturahmi, mereka biasanya membawa bingkisan untuk tuang rumah mereka.

Pada hari besar ini, biasanya muncul pasar tiban serta bazar dadakan. Hewan yang disembelih biasanya adalah domba.

4. Turki

Turki memiliki tradisi Idul Adha yang unik. Sebelum disembelih, kambing qurban dihias terlebih dahulu dengan menggunakan pita serta henna warna-warni.

Pada hari Idul Qurban, masyarakat Turki yang beragama Islam akan berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan salat Id.

Hewan qurban yang telah disembelih biasanya kemudian dimasak dan dihidangkan bersama Qurban Bayrami dan Borek.

Hidangan ini akan dimakan bersama keluarga serta tetangga. Perayaan Idul Adha yang berlangsung selama empat hari ini biasanya diisi dengan berbagai acara.

Salah satunya adalah pergi mengunjungi keluarga yang lebih tua untuk bersilaturahmi.

5. Mesir

Perayaan Hari Raya Idul Adha di Mesir biasanya hanya berlangsung selama tiga hari. Pemerintah negara ini melarang warganya untuk melakukan salat Id di masjid.

Jadi, mereka menunjuk lapangan-lapangan tertentu untuk dijadikan tempat salat. Umat Islam Mesir biasanya mengenakan pakaian baru saat salat Id.

Hewan qurban yang disembelih pada hari raya ini adalah sapi dan kambing. Selama perayaan ini, warga mesir akan menikmati berbagai hidangan daging.

Pada saat sarapan, mereka akan menikmati tumis hati atau daging. Pada saat makan siang mereka akan menikmati pai daging.

6. Maroko

Di Maroko, perayaan hari raya Idul Adha identik dengan pesta daging domba. Mereka memasak semua bagian domba yang telah disembelih.

Pada hari pertama, mereka memanggang hati dan jeroan domba. Setelah itu, mereka memasak kepala dan bahu domba bersama sayuran.

Hidangan tersebut biasanya disajikan bersama couscous. Keesokan harinya, daging kurban dibuat menjadi barbeque.

Pada hari raya ini, umat Islam Maroko mengenakan baju tradisional baru. Mereka juga saling mengunjungi keluarga dan kerabat untuk mempererat persaudaraan serta berbagi hidangan daging qurban.

7. Arab Saudi

Selain disibukkan dengan pelaksanaan haji, negara ini juga disibukkan dengan perayaan Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah.

Hewan qurban utama di negara ini adalah unta, namun ada juga kambing dan sapi. Daging qurban tersebut biasanya akan disalurkan pada warga miskin di luar Arab.

Setelah dibekukan, daging tersebut akan dikirim dengan menggunakan pesawat atau kapal ke negara-negara miskin.

8. Bangladesh

Pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam Bangladesh biasanya melakukan tradisi mudik. Sehingga, tak heran jika jalanan menjadi macet dan semua transportasi penuh.

Perayaan Idul Qurban di negara ini berlangsung selama tiga hari. Selama perayaan tersebut umat Islam negara ini menghabiskan waktu dengan membaca Alquran dan mengaji.

Hewan qurban yang disembelih pada hari besar ini adalah sapi, kerbau, domba, dan kambing.

9. Pakistan

Di Pakistan, pemerintah dan pengusaha meliburkan pegawai dan anak-anak sekolah selama empat hari. Libur ini dimulai pada tanggal 9 Dzulhijah.

Tradisi menghias hewan qurban ternyata tidak hanya ada di Turki namun ada juga di Pakistan. Sapi dan kambing qurban pertama-tama dimandikan hingga bersih.

Setelah itu, hewan-hewan tersebut dihias menggunakan kalung dari untaian bunga dan hiasan dari plastik.

10. Amerika Serikat

Umat Islam di Amerika Serikat memang jumlahnya tidak banyak, namun perayaan Idul Adha tetap dilaksanakan dengan khidmat.

Mereka seringnya mengambil cuti agar bisa melaksanakan salat Id. Mereka biasanya berkumpul di masjid-masjid untuk merayakan hari besar ini.

Hewan yang disembelih berupa sapi dan domba. Penyembelihan daging tersebut biasanya dilakukan di rumah pemotongan hewan.

Pasti rasanya menyenangkan jika bisa ikut serta dalam tradisi-tradisi Idul Adha dari berbagai negara tersebut.

Apabila anda ingin merasakan kemeriahan dan kekhusyukannya, anda dapat mulai merencanakan liburan Idul Adha di luar negeri dari sekarang.

Namun, sebaiknya pastikan dahulu apakah anda dapat mendapatkan fasilitas umum selama berlibur.
Baca Juga :