Selasa, 20 Agustus 2019

10 Olahan Daging Qurban Dalam Negeri & Mancanegara (100% Lezat)





Olahan Daging Qurban Dalam Negeri & Mancanegara

Idul Adha atau Idul Qurban adalah salah satu hari besar umat Islam yang memiliki makna yang sangat sakral.

Hari raya ini mengajarkan kita untuk ikhlas berkurban. Di sisi lain, hari besar Islam ini juga penuh berkah.

Pada hari ini, orang-orang yang tidak mampu dapat ikut mencicipi lezatnya hidangan daging kambing dan sapi.

Setiap daerah memiliki hidangan daging qurban khas yang nikmat rasanya. Berikut ini beberapa olahan daging qurban dalam negeri maupun mancanegara yang terkenal lezat.

Sepuluh Olahan Daging Qurban Dalam Negeri & Mancanegara

1. Tbeikhet
Foto : http://libyanfood.blogspot.com
Tbeikhet adalah olahan daging qurban khas Libya. Hidangan ini dibuat dari daging kambing yang dicampur dengan beberapa sayuran, yaitu labu, kacang polong rebus, serta puree tomat, dan bahkan kismis. Cara memasak hidangan ini sangat praktis yaitu dengan cara ditumis.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah daging dan sayuran tersebut sangat mudah diperoleh di Indonesia.

Sehingga, anda tidak akan kesulitan untuk mencobanya. Bumbu yang digunakan adalah cengkeh, jahe, kayu manis, daun salam, dan bawang bombay.

Rasa hidangan ini lezat dan sama sekali tidak berbau kambing karena tersamarkan oleh rempah-rempah tersebut.

2. Nasi Kebuli
Foto : https://www.fimela.com
Nasi kebuli adalah olahan daging kambing khas Timur Tengah. Namun, hidangan yang rasanya gurih dan lezat ini kini tidak hanya populer di wilayah asalnya.

Nasi kebuli juga populer di negara-negara Islam di luar Timur Tengah. Dalam hidangan ini, nasi dimasak bersama daging kambing, kaldu kambing, dan rempah-rempah. Setelah matang, hidangan ini ditaburi dengan kismis dan kurma.

3. Nasi Biryani
Foto : https://food.detik.com
Hidangan nasi kambing lain yang dapat anda coba adalah Nasi Biryani. Menurut beberapa referensi, masakan ini berasal dari India.

Namun, menurut referensi lain, hidangan ini berasal dari Persia. Anggapan ini didasarkan pada fakta bahwa kata Biryani berasal dari bahasa Parsi yang artinya panggang atau goreng.

Dan juga pada fakta bahwa hidangan ini juga terkenal di Iran, Irak, dan Afganistan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah daging kambing, rempah-rempah, bawang bombay, kismis, margarin, serta kacang kenari.

Untuk mengolahnya, pertama-tama nasi direbus, kemudian nasi yang direbus ini dimasukkan pada tumisan bumbu dan daging. Setelah itu, nasi dimasak dalam air kaldu hingga matang.

4. Tagine
Foto : https://realfood.tesco.com
Nama hidangan Tagine diambil dari nama panci tanah liat yang digunakan untuk memasaknya. Meski demikian, di zaman modern ini, anda tidak perlu memasaknya dengan panci tanah liat.

Orang-orang Maroko di era sekarang memasaknya dengan menggunakan panci kaserol. Jadi, jika anda ingin mencobanya, anda dapat menggunakan panci jenis itu.

Daging kambing dalam hidangan ini dimasak bersama bawang bombay, rempah-rempah, kurma, irisan tipis kacang almon, dan aprikot kering.

Olahan daging qurban ini dimasak dengan metode slow cooking menggunakan api kecil.

5. Talas Boregi
Foto : https://www.lezzet.com.tr
Talas Boregi merupakan hidangan daging qurban dari Turki. Hidangan ini adalah sejenis puff pastry. Pastry ini berisi daging kambing cincang, wortel, dan kacang polong.

Daging dan sayuran dimasak terlebih dahulu, dibumbui dengan bawang serta bawang bombay. Setelah itu, bahan isian ini baru dibungkus dengan lembaran adonan puff pastry dan dioven.

6. Rabeg
Foto : https://resepkoki.id
Dari namanya, hidangan daging kambing ini sekilas terdengar seperti makanan mancanegara. Makanan asli Banten ini ternyata memang terinspirasi dari hidangan daging kambing dari Timur Tengah.

Konon katanya, saat Sultan Banten berkunjung ke Rabiq, Arab Saudi, ia mencicipi hidangan lezat khas kota tersebut.

Sekembalinya sang sultan dari Arab, ia meminta juru masaknya untuk membuatkan hidangan yang sama.

Akan tetapi, sang juru masak tidak tahu resepnya dan hanya mengira-ira bumbu yang dipakai untuk memasak daging kambing tersebut.

Olahan daging kambing berkuah ini dimasak dengan campuran berbagai bumbu seperti santan kelapa, gula merah, bunga lawang, kapulaga, serta kayu manis. Jika dilihat sekilas, hidangan ini mirip semur.

7. Sate Balanga
Foto : https://cookpad.com
Meski nama hidangan ini adalah sate, namun bentuknya sama sekali tidak mirip dengan sate. Sate Balanga adalah hidangan daging qurban dari Gorontalo, Sulawesi. Nama “Balanga” diambil dari nama wadah tempat memasak hidangan ini, yaitu panci tanah liat.

Untuk memasak hidangan ini, pertama-tama daging dipotong dadu. Kemudian, daging tersebut dimasak bersama berbagai bumbu dan rempah seperti jinten serta kapulaga sampai empuk. Jika ingin mencobanya, anda dapat menggunakan wajan untuk membuat hidangan ini.

8. Kari Kambing
Foto : https://merahputih.com
Kari Kambing adalah hidangan daging qurban yang berasal dari Aceh. Meski demikian, hidangan ini juga dapat ditemui di Medan. Sekilas, masakan daging kambing ini nampak seperti gulai.

Bahan-bahan utama kari kambing adalah daging kambing, santan, dan bumbu kari. Ada banyak rempah-rempah yang digunakan untuk membuatnya. Beberapa diantaranya adalah daun kari, kayu manis, dan pekak.

Daging kambing dalam hidangan ini rasanya empuk dan gurih. Rahasia keempukannya ini terletak pada daun pepaya. Sebelum dimasak, daging kambing dibungkus dengan daun ini terlebih dahulu.

9. Asam Padeh Daging
Foto : https://cookpad.com
Asam padeh dalam bahasa Minang berarti asam pedas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hidangan ini rasanya pedas dan asam.

Ada berbagai macam hidangan asam padeh, contohnya asam padeh ikan dan asam padeh daging sapi.

Beberapa bahan yang digunakan untuk memasak hidangan ini adalah daging sapi, asam kandis, cabai, bawang, kemiri, kunyit, dan jahe. Hidangan berkuah ini rasanya segar dan nendang.

10. Gore Gore Daging
Foto : https://cookpad.com
Gore gore daging adalah hidangan khas Sulawesi. Nama gore ini diberikan karena daging dalam resep ini dimasak dengan cara digoreng.

Untuk membuat hidangan ini, dibutuhkan daging sapi has dalam, irisan cabai, irisan tomat, air asam jawa, dan minyak. Untuk bumbunya, anda hanya membutuhkan bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan jahe.

Pertama-tama, daging direbus menggunakan sebuah wajan. Setelah itu, daging diiris dadu. Kemudian, daging dimasukkan kembali ke dalam wajan.

Setelah itu, bumbu, cabai, dan tomat dimasukkan. Campuran daging dan bumbu tersebut dimasak dengan cara diungkep hingga kuahnya berkurang. Setelah itu, minyak goreng dimasukkan dan dimasak sebentar.

Manakah hidangan daging qurban di atas yang akan anda coba? Untuk memastikan keberhasilan anda dalam memasaknya, sebaiknya pilih hidangan yang bumbu-bumbunya semua dapat diperoleh di sekitar tempat tinggal anda.

Selamat mencoba!!!
Baca Juga :