Kamis, 22 Agustus 2019

10 Acara Hiburan Unik Agustusan di Berbagai Daerah

Tags








ACARA HIBURAN UNIK AGUSTUSAN DI BERBAGAI DAERAH

Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada bulan Agustus selalu dirayakan dengan meriah setiap tahunnya.

Setiap pelosok Indonesia terlihat semarak dengan hiasan bendera dan umbul-umbul yang berwarna-warni.

Setiap warga bersemangat mengikuti perayaan kemerdekaan yang diadakan di lingkungan tempat tinggal mereka.

Perayaan ini diisi dengan berbagai acara unik. Dan setiap daerah memiliki hiburan unik agustusan yang berbeda-beda.

10 Acara Hiburan Unik Agustusan di Berbagai Daerah:

1. Lari Obor
Foto : https://kupang.tribunnews.com
Di kota Semarang, ada sebuah acara tujuh belasan unik yang diadakan. Kegiatan ini dinamai lari obor.

Acara yang dilaksanakan pada malam hari ini sangat menarik untuk disaksikan dan diikuti. Selain itu, perlombaan ini juga sarat makna.

Obor yang dibawa pada lomba lari ini melambangkan semangat para pahlawan yang berkobar-kobar saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan lari obor telah dilakukan selama 32 tahun terakhir dan selalu rutin dilaksanakan setiap tahun.

2. Sepak bola sarung
Foto : https://www.medcom.id
Pertandingan sepak bola hampir selalu berhasil menarik perhatian orang untuk menontonnya, apalagi jika para pemain bola mengenakan sarung saat bermain.

Di Makassar, pertandingan sepak bola sarung sering dijadikan sebagai salah satu rangkaian acara dalam perayaan HUT kemerdekaan RI.

Acara hiburan ini sangat menarik dan mengundang tawa para penonton. Jadi tak heran jika perayaan ini dijadikan acara hiburan tujuhbelas agusutusan.

3. Pacu kuda
Foto : https://www.liputan6.com
Di Aceh, perayaan agustusan dirayakan dengan mengadakan berbagai acara. Salah satunya adalah pacu kuda atau “pacu kude” menurut istilah masyarakat setempat.

Acara pacu kuda di tanah Gayo sebenarnya sudah dilakukan sejak sebelum Belanda datang menjajah wilayah ini.

Kini, di zaman sekarang, kegiatan tersebut diadakan untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI. Perlombaan pacuan kuda ini hanya diperuntukkan bagi peserta yang berumur antara 12 tahun hingga 20 tahun. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko kecelakaan yang mungkin muncul.

4. Pertandingan sepak bola api
https://www.dailymail.co.uk
Jika di Makassar ada perlombaan sepak bola sarung, maka di Cirebon ada pertandingan sepak bola api.

Pada perayaan agustusan, santri-santri sebuah pesantren di kota ini berlomba memainkan bola api. Permainan yang diadakan pada malam hari ini sangat menarik untuk dilihat.

Salah satu daya tariknya adalah kekebalan para pemain terhadap api. Meski memainkan bola api, kaki mereka tidak terbakar.

Katanya, para santri tersebut harus berpuasa selama tiga minggu dan melafalkan doa tertentu sebelum mengikuti permainan ini.

Dalam permainan ini, bola yang digunakan bukanlah bola sepak biasa. Bola ini adalah buah kelapa yang telah dikupas sabutnya.

Setelah itu, kelapa ini direndam di dalam minyak tanah dalam waktu lama. Saat pertandingan, bola kelapa ini dibakar dan siap dimainkan.

5. Karapan Kambing
Foto : http://voinews.id
Selama ini anda pasti sudah sering mendengar tentang karapan sapi, dan bahkan mungkin pernah menontonnya.

Namun, pernahkah anda mendengar tentang karapan kambing. Pertandingan yang tak biasa ini dilakukan oleh para peternak kambing di Lumajang untuk memeriahkan HUT kemerdekaan.

Acara ini tak kalah seru dan tak kalah menarik dari lomba karapan sapi. Untuk memenangkan perlombaan ini, para peternak harus lihai dalam membuat kambing mereka berlari lebih cepat dari kambing lawan.

6. Lomba dayung
Foto : https://www.borneonews.co.id
Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, perayaan tujuh belas agustusan dilakukan dengan cara yang menarik.

Warga setempat memanfaatkan keadaan alam di sekitar mereka untuk melakukan perayaan ini.  Karena kota ini memiliki sebuah sungai besar, Sungai Martapura.

Maka tak heran jika acara hiburan HUT RI dilakukan di sungai ini. Lomba dayung tersebut rutin dilakukan untuk memeriahkan kemerdekaan RI.

Dalam lomba ini, satu perahu didayung oleh sepuluh orang. Untuk memenangkan lomba ini, mereka harus kompak dalam mendayung.

Selain itu, mereka juga harus mendayung dengan sekuat tenaga. Panjang lintasan lomba dayung ini adalah 500 m.

Mereka yang memenangkan lomba ini akan menerima hadiah yang diserahkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan secara langsung.

7. Lomba gebuk bantal di sungai
Foto : www.hariansilampari.co.id
Warga Jakarta Timur memeriahkan kemerdekaan RI dengan mengadakan acara gebuk bantal. Lomba ini sangat menarik dan tak biasa karena dilakukan di sebuah sungai.

Sebilah kayu diletakkan membujur di atas sungai. Dua orang yang bertanding dalam permainan ini menduduki kayu tersebut saling berhadapan dan saling memukul dengan menggunakan bantal.

Pihak yang pertama kali jatuh adalah pihak yang kalah.

8. Lomba perahu jong
Foto : https://lensa.batampos.co.id
Di Kepulauan Riau, warga mengisi perayaan agustusan dengan mengadakan lomba perahu jong. Dalam perlombaan ini, warga akan berlomba membuat miniatur perahu layar yang disebut perahu jong.

Miniatur tersebut dilukis dengan warna-warna menarik. Setelah itu, perahu dilombakan. Perahu tersebut akan melaju dengan bantuan angin.

9. Sepak bola durian
Foto : https://awsimages.detik.net.id
Jika di Cirebon ada sepak bola api, di Kebumen ada perlombaan sepak bola durian saat perayaan kemerdekaan RI.

Seperti namanya, permainan ini menggunakan buah durian sebagai bolanya. Olah raga yang bisa dibilang ekstrem ini sangat menarik untuk dilihat.

Meski yang ditendang kesana kemari adalah buah durian yang keras dan berduri, namun para pesertanya sepertinya tidak kesakitan.

Para peserta tersebut biasanya adalah anggota Densus serta anggota kelompok spiritual. Sebelum acara ini dilakukan, seorang ustadz memimpin doa bersama agar acara berjalan lancar dan agar para peserta memperoleh keselamatan.

10. Pengibaran bendera merah putih di samudra
Foto : http://detak.co
Biasanya upacara 17 Agustus diadakan di lapangan. Namun, di Pantai Baron, Gunung Kidul, Yogyakarta, upacara ini dilakukan di tengah samudra.

Unik sekali bukan? Pengibaran bendera merah putih di samudra ini dilakukan oleh anggota SAR Satlinmas Gunung Kidul.

Untuk melakukannya, mereka melakukan banyak persiapan terlebih dahulu di pantai ini. Sehingga, upacara unik ini dapat berlangsung dengan lancar.

Siapa saja boleh mengikuti upacara ini. Namun, mereka diharapkan untuk melakukan konfirmasi kedatangan sebelum tanggal 16 Agustus.

Para peserta juga harus membawa pelampung sendiri dari rumah. Pengibaran bendera merah putih di samudra ini sudah dilakukan sejak tujuh tahun terakhir.

Acara unik ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus, pukul 10.00 pagi setiap tahun. Upacara kemerdekaan ini biasanya berlangsung khidmat dan diikuti oleh ratusan orang.

Dari keunikan acara-acara hiburan perayaan HUT RI di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rakyat Indonesia adalah orang-orang yang kreatif serta memiliki antusiasme yang tinggi terhadap kemerdekaan negaranya.

Semoga acara-acara tersebut dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan kemeriahan perayaan kemerdekaan RI di lingkungan tempat tinggal anda.
Baca Juga :