Kamis, 22 Agustus 2019

9 Kemeriahan Acara Hiburan Mancanegara Saat Hari Kemerdekaannya





Acara Hiburan Mancanegara saat Hari Kemerdekaannya

Hari kemerdekaan suatu negara merupakan momen yang sangat spesial. Hari besar ini menandai keberhasilan perjuangan para pahlawan.

Sehingga, tak heran jika momen tersebut selalu dirayakan dengan berbagai rangkaian acara yang menarik dan meriah.

Di Indonesia, perayaan HUT kemerdekaan diisi dengan berbagai acara menarik seperti panjat pinang, lari obor, dan banyak lagi. Lalu, seperti apa acara peringatan kemerdekaan mancanegara?

Berbagai Acara Hiburan Mancanegara di Hari Kemerdekaan

1. Lomba layang-layang
Foto : https://mediaindia.eu
Lomba menerbangkan layang-layang adalah salah satu acara yang selalu ada dalam perayaan HUT kemerdekaan India yang jatuh pada tanggal 15 Agustus.

Dalam lomba ini, warga India akan menerbangkan layang-layang yang berbentuk seperti bendera negara mereka.

Layang-layang berwarna safron, putih, dan hijau dengan lambang India di tengahnya ini menghiasi seluruh langit India.

Penerbangan layang-layang ini melambangkan kebebasan negara India dari jajahan Inggris. Selain menerbangkan layang-layang, perayaan kemerdekaan di India juga diisi dengan berbagai acara lain.

Salah satunya adalah upacara pengibaran bendera seperti yang ada di Indonesia. Selain itu, ada juga pawai serta pemasangan bendera dan umbul-umbul.

2. Lomba perang bantal
Foto : https://upload.wikimedia.org
Lomba perang bantal ternyata tidak hanya dilakukan di Jakarta, Indonesia. Lomba ini juga dilakukan oleh sebagian masyarakat Myanmar.

Sama seperti di Indonesia, lomba perang bantal ini juga diadakan di tengah sungai. Sebatang kayu atau bambu diletakkan melintang di tengah sungai dan menjadi tempat duduk para peserta lomba. Peserta yang jatuh ke sungai tidak akan mendapat hadiah.

Selain perang bantal, masyarakat Myanmar juga melakukan acara hiburan lain pada peringatan hari kemerdekaan mereka.

HUT Myanmar yang jatuh pada tanggal 4 Januari tersebut dihiasi dengan berbagai acara menarik. Salah satunya adalah pawai atau parade.

3. Lomba rugby
Foto : https://www.skysports.com
Lomba rugby adalah lomba yang selalu ada dalam perayaan kemerdekaan Papua Nugini. Lomba tersebut merupakan satu-satunya lomba yang diadakan pada momen spesial tersebut.

Permainan ini dipilih karena merupakan olahraga favorit seluruh masyarakat negara ini.

Negara yang merdeka dari Australia pada tanggal 16 Agustus ini lebih memilih merayakan kemerdekaan dengan melakukan kegiatan berbau seni dan budaya.

Para warga akan mengenakan pakaian tradisional serta menampilkan tarian yang merepresentasikan setiap suku yang ada di negara ini.

Maka, tak heran jika hanya ada satu perlombaan yang diadakan untuk memperingati kemerdekaan.

4. Lomba tari
Foto : https://jonilar.net
Warga Ghana adalah salah satu warga negara yang sangat antusias dalam menyambut hari kemerdekaan negaranya.

Hari kemerdekaan Ghana yang diperingati pada tanggal 6 Maret,  selelu dipenuhi dengan berbagai acara meriah.

Salah satunya adalah lomba tari. Lomba tari one on one ini sangat menarik untuk dilihat. Para peserta yang menari dengan mengagumkan akan saling beradu bakat dan kemampuan.

Selain lomba tari, HUT kemerdekaan negara ini juga diisi lomba layar. Perlombaan ini juga tak kalah menarik untuk dilihat.

Acara hiburan lain yang diadakan adalah pertunjukan tari dan musik di pantai, parade, serta pesta kembang api.

5. Lomba Perahu
Foto : https://www.abc.net.au
Perayaan hari kemerdekaan Australia yang jatuh pada tanggal 26 Januari, biasanya diisi dengan pesta kembang api serta acara rakyat.

Acara rakyat tersebut biasanya dilakukan oleh warga dari berbagai etnis keturunan mengingat tingginya pluralitas di negeri ini.

Selain acara-acara tersebut, perayaan kemerdekaan ini juga diisi dengan lomba perahu.

Lomba perahu adalah perlombaan yang cukup unik untuk ditonton. Dalam perlombaan ini para peserta mendayung perahu dalam berbagai bentuk dan model.

Perahu-perahu tersebut juga memiliki hiasan yang berbeda-beda. Olah raga air ini biasanya dilakukan tepat pada tanggal 26 Januari.

Perlombaan tersebut biasanya juga disertai oleh pawai kostum yang penuh warna.

6. Parade penuh warna nasionalisme
Foto : https://www.independent.co.uk
Di Meksiko, acara hiburan utama dalam perayaan hari kemerdekaan adalah parade. Dalam parade ini, warga meksiko mengenakan pakaian tradisional serta pakaian warna-warna bendera Meksiko.

Acara tersebut sangat meriah karena dilengkapi dengan musik, bendera, dan rok panjang lebar yang dikibar-kibarkan oleh wanita-wanita cantik.

Parade ini sangat menarik sehingga ada ribuan penonton yang menyaksikannya, beberapa dari mereka adalah turis.

Acara yang meriah ini diadakan di Zocalo yang merupakan alun-alun berukuran besar. Selain parade, peringatan kemerdekaan Meksiko yang jatuh pada tanggal 16 September ini juga dihiasi dengan pesta kembang api.

7. Atraksi pesawat dan pesta kembang api
Foto : https://www.secondcity.com
Perayaan kemerdekaan Prancis selalu dibuka dengan atraksi pesawat yang mengagumkan. Beberapa pesawat militer terbang dengan mengepulkan asap berwarna biru, putih, dan merah.

Asap berwarna tersebut melambangkan warna bendera negara ini. Pesawat-pesawat ini akan terbang di langit melintasi Champs-Élysées.

Selain atraksi pesawat, hari kemerdekaan Prancis yang jatuh pada tanggal 14 Juni juga dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Pesta ini bertempat di Menara Eiffel. Penonton acara ini biasanya membludak. Sehingga, banyak orang yang tidak memperoleh tempat.

Untuk mengobati kekecewaan warga yang tidak dapat menonton pesta kembang api secara langsung, stasiun-stasiun TV Prancis biasanya menayangkan acara ini secara live.

8. Gratis masuk museum dan naik kendaraan umum
Foto : https://eazel.net
Di Korea Selatan, perayaan hari kemerdekaan jatuh pada tanggal 15 Agustus. Hari besar ini diperingati dengan berbagai acara.

Beberapa diantaranya adalah upacara bendera, parade, dan bermacam-macam festival. Salah satu hal yang sangat menarik dari peringatan kemerdekaan Korea adalah digratiskannya tiket masuk museum dan tiket naik transportasi umum bagi warga negara Korea.

9. Tiga hari perayaan kemerdekaan
Foto : https://upload.wikimedia.org
Perayaan kemerdekaan Ukraina dilangsungkan selama tiga hari. Hari perayaan yang pertama diadakan pada tanggal 23 Agustus.

Pada hari ini, diadakan acara penghormatan bendera. Saat itu, negara ini terlihat semarak dengan adanya bendera biru dan kuning.

Pada tanggal 24 Agustus, warga negara Ukraina akan kompak mengenakan pakaian tradisional negara ini. Dan pada tanggal 25 Agustus, para warga akan mengikuti kebaktian hari kemerdekaan di St. Sophia Cathedral.

Ternyata, acara hiburan peringatan hari kemerdekaan di negara lain tak kalah menarik dan tak kalah unik dengan acara peringatan kemerdekaan yang diadakan di Indonesia.

Dan ternyata, ada beberapa negara yang hari kemerdekaannya berdekatan dengan hari kemerdekaan kita.

Jika anda tertarik untuk melihatnya, anda dapat pergi berlibur ke salah satu negara tersebut pada saat peringatan kemerdekaan berlangsung.
Baca Juga :