Kamis, 25 Juli 2019

20 Penemuan Teknologi Terbaru Tahun 2018 dan 2019






Berbicara mengenai teknologi, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah terobosan teknologi. Tahun-tahun selanjutnya telah diprediksi bahwa teknologi akan sangat diandalkan di berbagai sektor, apalagi kampanye Internet of Things yang juga akan gencar dilakukan.

Dengan berbagai terobosan teknologi yang ada, memungkinkan manusia dapat melakukan pekerjaan dengan lebih efisien.

1. Mesin 3D Metal Printing
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Terobosan terbaru saat ini adalah munculnya mesin printer yang bisa membuat objek metal dengan cepat serta murah.

Terobosan tersebut penting karena dapat digunakan untuk membuat benda logam dengan ukuran besar serta kompleks sesuai dengan permintaan pelanggan, yang dapat merubah jalannya bisnis manufaktur.

2. Artificial Embryos atau Embrio Buatan
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Embrio buatan merupakan terobosan terbaru yang dilakukan para peneliti dalam membuat struktur yang mirip dengan emdrio dengan sel induk (stem cells) tanpa menggunakan sel sperma atau sel telur.

Dengan hal tersebut maka para peneliti berhasil menciptakan jalan baru dalam menciptakan adanya kehidupan.

Adanya embrio buatan dapat mempermudah para peneliti dalam mempelajari awal kehidupan manusia, akan tetapi dapat memicu perdebatan.

3. Kota yang Dapat Merasakan atau Sensing City
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Terciptanya kota yang dapat merasakan memiliki tujuan untuk menjadi tempat awal untuk dapat mengintegrasi desain perkotaan menggunakan teknologi digital yang mutakhir.

Dengan kota pintar ini dapat membuat wilayah perkotaan layak huni, lebih terjangkau, serta ramah lingkungan.

4. AI atau Artficial Intelligence
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Terobosan yang di lakukan Cloud Based menciptakan teknologi yang lebih mudah digunakan serta lebih murah.

Penggunaan AI dirasa penting karena saat ini didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan, akan tetapi sebagai layanan yang berbasis cloud, dapat tersedia secara luas untuk banyak hal dalam memberikan dorongan ekonomi.

5. Dueling Neural Networks
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Merupakan teknologi yang bisa berdebat dalam menciptakan gambar maupun suara orisinal yang begitu realistis, di mana hal ini belum pernah dilakukan oleh mesin-mesin sebelumnya.

Dueling Neural Networks penting karena merupakan sebuah mesin yang mirip dengan imajinasi, akan tetapi dapat menjadi alat yang sangat kuat dalam pemalsuan digital.

6. Babel Fish Earbuds
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Sebuah terobosan terbaru bahwa hampir secara nyata, penerjemah saat ini dapat bekerja dalam sejumlah bahasa yang mudah digunakan.

Pentingnya hal ini karena semakin terbukanya dunia global, bahasa masih tetap menjadi penghalang komunikasi.

7. Zero Carbon Natural Gas atau Gas Alami tanpa Emisi Karbon
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Sebuah pembangkit listrik yang murah dan efisien tentu mampu menangkap karbon yang terlepas dari pembakaran gas alam, serta menghindari emisi gas rumah kaca.

Gas alami tanpa emisi karbon dianggap penting karena sekitar 32% dari listrik Amerika Serikat di produksi menggunakan gas alam, yang mana terhitung sekitar 30% dari emisi karbon sektor energi.

8. Privasi Online yang Sempurna atau Perfect Online Privacy
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Para ilmuwan dalam bidang komputer menyempurnakan sebuah alat krioptografi untuk membuktikan suatu hal tanpa mengungkapkan informasi yang mendasari bukti tersebut.

Apabila anda perlu menyelesaikan sesuatu secara online, anda tidak lagi khawatir terhadap pencurian identitas.

9. Genetic Fortune Telling
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Saat ini ilmuwan bisa menggunakan genom anda untuk memprediksi kemungkinan anda terkena penyakit.

Prediksi berbasis DNA ini dapat menjadi sebuah kemajuan kesehatan publik yang besar, akan tetapi dapat meningkatkan risiko diskriminasi genetik.

10. Materials Quantum Leap
Foto Illustrasi : yourvippartner
Memahami molekul dengan rinci, besar kemungkinan para ahli kimia dapat merancang obat yang jauh lebih efektif dengan bahan yang lebih mudah untuk menghasilkan serta mendistribusikan energi.

11. Aplikasi Pintar serta Analisis
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Aplikasi pintar dan analisis sebenarnya masih berkaitan dengan kecerdasan buatan, pada berbagai perangkat seperti smartphone ataupun wearable device, diprediksi dapat disematkan aplikasi pintar dengan menggunakan chipset artificial intelligence yang berpotensi dapat mengubah kultur kantor serta pekerjaan sehari-hari.

12. Perangkat Pintar
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Mirip dengan aplikasi pintar, teknologi ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan serta mesin pembelajaran dalam mengoperasikannya.

13. Paduan Komputasi Cloud Edge
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Telah diprediksi bahwa sekitar tahun 2020 akan terdapat sekitar 26 miliar perangkat teknologi yang dapat terhubung melalui jaringan internet.

Akan tetapi, di lain sisi komputasi awan tidak lagi dapat mengatasi beban pusat data, khususnya keamanan, serta manajemen data.

Sehingga dibutuhkan pengembangan baru yaitu edge computing. Teknologi tersebut adalah gabungan dari cloud and sistem pengiriman atau edge, yang mana perpaduan tersebut memberikan model pengiriman data yang lebih efisien serta menjadikannya lebih aman.

14. Admin Virtual
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Admin virtual dibangun guna memecahkan masalah pada layanan center 24 jam apabila ponsel anda bermasalah.

Dengan demikian dapat memangkas biaya sehingga akan lebih efisien, untuk ke depannya bukan suatu hal yang tidak mungkin bahwa admin virtual ini bukan hanya sekadar teks akan tetapi dapat diajak berbicara.

15. Pengambil Keputusan Bisnis
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Dengan kemajuan kecerdasan buatan yang ditambah sistem jaringan yang luas, banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih akurat.

16. Blockchain
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Apabila biasanya blockchain digunakan untuk mencatat transaksi pada jaringan bitcoin, untuk ke depannya telah diprediksi dapat mencakup database, analisis, keamanan, identitas, serta manajemen moneter.

Akan tetapi teknologi ini belum dipakai di banyak negara karena legalitasnya yang masih dipertanyakan.

17. Keamanan Berbasis Kecerdasan Buatan
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Berkembangnya teknologi kecerdasan buatan tetap harus diimbangi dengan sistem keamanan yang juga cerdas.

Dengan tingkat keamanan dari kecerdasan buatan dapat memantau serta menganalisis keamanan dalam waktu yang hanya sepersekian detik sebelum terjadinya serangan.

18. Digital Twins
Foto : https://www.newequipment.com
Sebuah kecerdasan buatan juga dapat lahir kembar, hal tersebut untuk mempermudah operasional digital yang memuat miliaran lalu lintas dalam setiap detiknya.

19. Gabungan Virtual Reality dan Augmented Reality
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
Augmented reality yang paling umum yaitu game Pokemon Go serta live streaming snapchat. Sedangkan virtual reality yaitu perangkat oculus rift besutan facebook serta hololens dari microsoft. Akan tetapi kedua teknologi tersebut diprediksi dapat bergabung menjadi teknologi baru.

20. 5G
Foto Illustrasi : commons.wikimedia
5G menjanjikan adanya kecepatan yang lebih tinggi, kecepatan yang besar serta latensi yang rendah, yang mana ini berarti sebagai sistem saraf pusat di zaman sekarang ini.

Untuk meningkatkan cakupan 5G yang mana terdapat tampilan sistem broadband nirkabel tetap guna membawa infrastruktur pada daerah-daerah terpencil yang tidak dapat di jangkau dengan kebel fiber optic.
Baca Juga :