Senin, 03 Desember 2018

Menjadi Pelajar yang Anti Tawuran

Tags





Anti Tawuran

Anti tawuran adalah ketidakinginan seseorang atau kelompok untuk melakukan tawuran. Sedangkan tawuran adalah konflik perselisihan antara kelompok yang kerap dilakukan oleh anak sekolahan.

Anti tawuran dapat dijadikan prinsip hidup supaya tidak merusak masa depan kita nantinya.

Di Indonesia sudah banyak aksi tawuran di mana-mana, dapat kita lihat di adegan film Dilan 1990. Pada tahun 1990 saja sudah ada tawuran, tepatnya dalam cerita itu di Bandung.

Tawuran itu sendiri biasanya disebabkan oleh hal-hal sepele dan sengaja dibesar-besarkan karena diantara mereka merasa paling hebat dan paling kuat.

Contoh, pada awalnya hanya perkelahian antar perorangan dan selanjutnya mengajak serta mengahasut teman-temannya untuk menyerbu sekolah lawan.

Tawuran banyak menyebabkan dampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain, serta lingkungan sekitar terutama sekolah.

Salah satu dampak buruknya adalah dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan panjang.

Kerusakan dapat juga terjadi pada infrastruktur dan bangunan sekitar karena tawuran itu sendiri menggunakan benda-benda berbahaya yang digunakan sebagai senjata mereka.

Anti tawuran mengajarkan kita agar hidup damai dan tentram. Anti tawuran dapat mengeratkan tali persaudaraan.

Anti tawuran juga dapat mencegah dampak-dampak buruk dari perkelahian. Seperti kecelakaan, kerusakan lingkungan dan bangunan, rasa dendam hati dan persaingan yang tidak sehat.

Namun, para pengikut tawuran menganggap anti tawuran itu lemah dan cepat mengalah. Dikarenakan orang anti tawuran tidak mau bertarung dan tidak mengikuti tren.

Para pengikut tawuran mengatakan tawuran itu menyenangkan karena menurut mereka ada nilai-nilai kesetiakawanan dan kebersamaan.

Mereka pengikut tawuran menganggap SMA tanpa tawuran itu hampa, tanpa mereka tahu hal itu sangat berbahaya bagi kehidupannya di masa yang akan datang dan bahkan saat mereka tawuran terkadang sampai menimbulkan korban jiwa.

Anti tawuran tidaklah kudet, anti tawuran juga bukanlah lemah. Tapi, anti tawuran memiliki dampak positif dan perkelahian itu semuanya negatif.

Sangat baik jika kita semua memiliki prinsip hidup yang anti tawuran/perkelahian terutama bagi anak sekolah.

Janganlah sia-siakan masa muda dengan hal yang tidak berguna bahkan dapat membahayakan nyawa. 

Persaingan yang sehat yaitu bersaing dalam hal ide, ilmu pengetahuan, dan pencapaian prestasi baik dalam ilmu akademik maupun keterampilan dan olahraga.
Baca Juga :