Kamis, 18 Oktober 2018

Teks Ceramah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW









  

Teks ceramah ini dibuat untuk anak Sekolah Dasar yang materinya lebih ringan dari pada ceramah orang dewasa. Isinya berupa tentang meneladani sifat-sifat baik Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya bisa berupa berbuat baik dengan teman, tidak mudah marah, selalu ramah dan santun serta selalu saling membantu dengan yang membutuhkan.

Berikut contohnya yang bisa anda copy-paste. Namun, saya sarankan agar memperbaikinya/merubahnya sesuai dengan tema dan kebutuhan anda.

Judulnya : Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Selalu Meneladani dan Menerapkan Akhlakul Kharimah Nabi.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ
وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahirobbil alamin, washolatu wassalamu'ala asrofil ambiya iwal mursalin wa'ala alihi wasohbihi aj ma'in. Amma ba'du.

Di At-Thariq banyak pelajar
Cepat datang di pagi hari
Saya ini baru belajar
Kalau salah tolong ajarin

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SD IT At-Thariq Muhammadiyah Dumai. Yang saya hormati, bapak-bapak dan ibu-ibu majelis guru di sini dan saya sayangi teman-teman ku belajar setiap hari.

Pada hari ini kita peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, kita semua harus meniru dan meneladani akhlakul kharimah Nabi. Nabi kita mempunyai sifat-sifat yang terpuji, peramah, penyantun, berbudi pekerti, sopan, tawaduk, berbicara murah dimengerti, selalu senyum di pipi, marah jarang sekali.

Teman-temanku yang berada di sini, kalau ada teman yang marah di pagi hari, cemberut kalau ditanyai, murah merajuk tersinggung kalau tersinggung hati. Siapa saja yang begini, bukanlah Umat Nabi dalam Kitab Suci Al-Qur'an ada berbunyi dalam Surat 33 Al-Ahzab ayat 21:

Sungguh pada diri Nabi, tiru teladan yang baik dan sejati. Hadirin semuanya, marilah kita tiru sifat-sifat Nabi yang jujur dan dipercayai dalam setiap pekerjaan kita sehari-hari. Taat dan patuh kepada orang tua, sopan dan budi pekerti pada guru-guru, jauhi berkelahi dan bermain yang tidak ada arti.

Di At-Thariq gurunya ramah
Penuh ikhlas beri pelajaran
Kalau ada aku yang salah
Tolonglah Aku dimaafkan

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Baca Juga :