Senin, 08 Mei 2017

Cara Print Timbal Balik Cepat dan Mudah

Tags




Berikut ini saya akan membagikan cara mencetak dokumen timbal balik dengan cepat dan mudah. Dokumen disimpan berupa file word dan pdf.

Tujuannya agar menghemat kertas dan ringan ketika dibawa. Penting untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, skripsi yang akan direvisi atau dicoret-coret oleh dosen kalau kita tidak menghemat kertas akan banyak pengeluaran.
Printer yang pernah saya gunakan dengan cara ini yaitu:

- Canon 2770
Cara Print Timbal Balik Cepat dan Mudah Canon 2770
- Canon MP230 (Copy and Scan)
Cara Print Timbal Balik Cepat dan Mudah Pixma MP230
- HP Deskjet 1515
Cara Print Timbal Balik Cepat dan Mudah HP Deskjet 1515
Cara atau tekniknya seperti berikut:
  1. Buka dokumen word atau pdf seperti biasa, jalankan perintah print (CTRL+P)
  2. Hidupkan printer dan masukkan kertas
  3. Lalu dikolom pages/halaman kita ketikkan halaman ganjil dahulu atau genap dahulu terserah, kalau saya biasa ketikkan ganjil dahulu baru halaman genap.
Untuk cetak dokumen dengan jumlah halaman genap, 10 halaman:
  • Kalau saya lebih aman masukkan kertas 5 lembar ke printer, supaya aman tidak terlebih/terkurang
  • Pertama cetak halaman ganjil 1,3,5,7,9 (sesuaikan dengan pengetikan di komputer anda, ada yang pakai koma ada juga titik koma) dan ok print (biasanya print akan mencetak dahulu dari halaman akhir ke awal)
  • Lalu setelah selesai semua, ambil dan balikkan kertas hasil print tadi (halaman berisi posisinya dibelakang) sekaligus putar rotasikan kertas (nomor halaman berada diposisi atas)
  • Selanjutnya kita mencetak halaman genap, cetakkan nomor halaman 2,4,6,8,10. Maka printer akan mencetak dari nomor 10 ke 2
  • Seharusnya tidak ada kendala, tapi jika ada coba anda perhatikan lagi pembalikan kertas dan penulisan nomor halaman. Perlu ketelitian jika jumlah cetakan banyak misal 20 halaman. Jika sampai 100 halaman maka cetaklah per 20 halaman saja supaya kita tidak pusing dan membuang-buang kertas jika gagal.
Untuk cetak dokumen dengan jumlah halaman ganjil, 9 halaman:
  • Masukkan kertas 5 lembar dan printkan halaman 1,3,5,7,9
  • Ingat !!!, ambil satu kertas yang halaman 9, pisahkan. Baru masukkan lagi ke printer dengan membalik dan putar rotasikan kertas
  • Selanjutnya kita mencetak halaman genap, ketik dan printkan halaman 2,4,6,8.
  • Selesai, jika ada kendala hubungi saya di kontak. Terima kasih
Sekian dari tutorial saya, untuk jumlah halaman selain yang diatas bisa menyesuaikan.

Caranya juga sama tetapi jika mencetak banyak halaman dibutuhkan ketelitian agar tidak memboros kertas.

Tapi yang jelas, jika halaman dengan jumlah ganjil, maka jangan lupa pisahkan kertas yang halaman terakhir, baru yang lain dimasukkan lagi ke printer.

Catatan-catatan dari saya:

Cetaklah halaman sedikit-sedikit dahulu, biar awet catridge dan printer juga tidak bisa sekaligus mencetak banyak.

Periksalah tinta printer secara rutin baik dengan printer berinfus atau pakai suntik, jika tinta habis segera stopkan proses cetak atau ambil kertas pada printer yang belum tercetak.

Pengalaman saya hindari juga terlalu lama menggunakan pengaturan printer cepat atau fast print, karena dapat cepat merusak catridge.

Gunakan normal saja. Pengalaman, jika anda ingin membeli printer, bingung pilih merek HP Deskjet atau Canon. Saya lebih memilih Canon karena walaupun catridge bisa dibilang mahal 200-250 ribuan.

Tetapi awet dan bisa isi ulang baik suntik maupun dengan selang.
Baca Juga :