Selasa, 16 Mei 2017

Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service

Tags








Assalamualaikum Wr Wb
Cara Saya Merawat Laptop Tanpa Selalu Install Ulang Berkali-Kali ke Tempat Servis
Laptop dan komputer merupakan perangkat teknologi yang sudah hampir dimiliki oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang sudah atau berada dibangku kuliah dan bekerja.

Bahkan anak sekolahan pun sudah dituntut untuk mengerjakan tugas dengan komputer. Perangkat elektronik ini sangat penting.

Karena jika seorang mahasiswa dan pekerja tidak mempunyai laptop atau komputer maka akan sangat sulit mengerjakan tugas-tugas dirumah.
Bagi saya salah satu alumni mahasiswa IT di STMIK Amik Riau, merawat laptop sangatlah penting .

Karena jika laptop kita rusak maka tugas-tugas saya bisa jadi tidak siap dan hiburan saya akan berkurang. Mengapa saya sebut hiburan ?

Ya karena dengan laptop ini saya bisa bermain game, mendengarkan musik, bersosial media, download dan nonton film terbaru.

Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan positif yang bisa kita lakukan dengan alat ini.

Disini saya akan membagikan pengalaman saya dalam merawat Laptop Toshiba Satelite C40 yang dari awal membeli sewaktu semester 3 (2013) sampai sekarang (2017).

Alhamdulillah saya hanya 1 kali singgah ke tempat penjualan sekaligus service alias waktu pertama kali membeli.

Dan saya berharap laptop yang saya pakai ini akan terus sehat-sehat saja tanpa adanya virus, kerusakan parah pada software dan hardware.

Berikut cara saya menjaga laptop agar tetap awet tanpa harus selalu install ulang dan pulang pergi ke tempat service :

1. Jaga laptop anda baik-baik jangan sampai terjatuh (laptop saya pernah sekali terjatuh. Untungnya hanya terbentur sedikit ke aspal karena terhalang badan saya waktu jatuh dari motor), jangan terhimpit keras, pemakaian kasar, dam pemakaian terlalu lama.

Pengalaman saya menyalakan laptop sewaktu dibangku kuliah paling lama yaitu 24 jam saat scan and clean virus dengan Antivirus MSE.

Tapi penggunaan laptop paling lama saat nonton film, buat tugas, dan musik adalah 12 jam. Yang tidak boleh terlalu lama ialah bermain game.

Saya sarankan gunakan laptop untuk game paling lama 6 jam non stop saja, lebih dari itu dikhawatirkan komponennya akan cepat rusak terutama harddisk.

Karena game membuat harddisk bekerja keras, berbeda dengan mendengarkan musik dan nonton film movie.

Dan tentunya jangan sampai hilang, karena itu bukan kerusakan lagi tapi musibah besar.

2. Aplikasi-aplikasi yang saya gunakan untuk perawatan:

a. Anti virus: Microsoft Security Essentials, silahkan baca dan download disini BAGAS31.

Anti virus bergambar benteng dan bendera biru ini adalah anti virus terpercaya saya sejak 2014.
Anti virus Microsoft Security Essentials
Saya tidak pernah memakai anti virus lainnya lagi, karena menurut saya anti virus ini bagus sekali.

Selain install dan updatenya gratis, kemampuan menghapus virusnya juga terbaik dibanding antivirus gratis lainnya.

Pengalaman dampak virus terparah saat itu adalah saya dapat dari laptop kawan kampus. Dia dapati dari warnet, flashdisk dari warnet dicolokkan ke laptop saya untuk copypaste tugas.

Akibatnya virus pun ikut masuk, setiap flashdisk yang dicolok ke laptop saya filenya akan dirusak dan hilang oleh virus tersebut.

Berganti menjadi file shortcut yang tidak dikenal. Saya gunakan avg, smadav, avira, dan lainnya yang gratis tetapi tidak mempan juga.

Malah shortcut merambat ke file di Data D. Saya khawatir virus itu akan merusak file penting. Saat itu saya tidak ingin cepat-cepat install ulang karena saya tahu install ulang akan merepotkan.

Harus menginstall kembali software untuk kuliah yang dapat memakan waktu yang lama dan tidak baik bagi ketahanan laptop/pc.

Lalu teman saya Erwin Syahputra menyarankan menggunakan Antivirus MSE ini dan melakukan scan and clean full karena scan quick saja tidak cukup.

Tidak tanggung-tanggung scan full ini memakan waktu 24 jam full dan tidak boleh melakukan aktifitas lain dengan laptop yang sedang melakukan scan.

Hasil dari scan terdapat puluhan virus termasuk trojan dilaptop dan indikator warnanya merah yang artinya sangat buruk.

Hijau berarti bersih, kuning sedikit berbahaya, dan merah terlalu banyak virus. Tidak tunggu lama saya langsung menghapusnya dan itupun harus menunggu sekitar 10-20 menit.

Setelah itu laptop sudah sehat kembali, tidak terdapat virus sedikitpun, bersih sebersih-bersihnya. Berbeda dengan Windows 7, Windows 8 sudah dilengkapi dengan Anti Virus ini, tinggal update saja agar lebih ampuh lagi.

b. Saya menyandingkan MSE dengan CCleaner, ADWCleaner, Registry Trash Keys Finder Full, dan Revo Uninstaller.

Keempat aplikasi inilah yang telah menjaga laptop saya sampai sekarang. Sebenarnya ini tergantung pengalaman kita masing-masing.

Awalnya saya hanya mengenal CCleaner dan MSE, lalu seiring terjadinya permasalahan-permasalahan maka aplikasi pengamannya jadi bertambah.

Aplikasi pertama yaitu CCleaner, aplikasi ini sudah baik dalam pembersihan file sampah, registry, menghapus file duplikat dan banyak lagi kegunaannya.

Info selanjutnya akan saya bagikan di website ini.
Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service
Aplikasi kedua yaitu AdwCleaner, saya memasang adwclener ini saat terjangkit malware program iklan yang biasa disebut juga Adware.

Malware sendiri harus di basmi dengan antivirus khusus malware, saya menggunakan MSE quick scan tidak mempan.

Jadi saya menggunakan aplikasi ini.
Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service
Selanjutnya yatiu saya gunakan registry trash keys finder full, gunanya untuk menghapus file registry yang terlewatkan oleh CCleaner.

Aplikasi ini gunanya hanya untuk meringankan kinerja laptop.
Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service
Terakhir yaitu untuk pencopotan aplikasi saya gunakan Revo Uninstaller.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah setelah melakukan uninstall aplikasi.

File registry dan file tidak berguna lainnya yang berkaitan dengan aplikasi yang dilepas akan ikut terhapus tidak tersisa.

Tentunya sangat membantu dalam meringankan kinerja laptop kita.
Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service
Mengenai kerusakan lainnya yaitu adanya tema skinpack yang membuat tampilan windows explorer menjadi menarik tetapi tidak bisa diuninstall atau lengket/degil/bingal.

Jadi saya menggunakan cara yang saya lupa bagaimana yang jelas aplikasi yang saya butuhkan yaitu seperti gambar : 
cara menghilangkan skinpack diwindows
Jika anda tidak sengaja menginstallnya dan sulit untuk mencopotnya maka coba search di google dengan kata kunci "cara menghilangkan skinpack diwindows 7/8/10".

Maav jika saya tidak membagikan bagaiman cara mengatasinya karena lupa, sudah lama sekali.

3. Jangan terlalu sering install ulang laptop/pc.

Total install ulang laptop saya sampai saat ini hanya 3x, saat berpindah ke windows 8, pindah lagi ke windows 7, dan saat akhir semester 5 dengan alasan pembersihan.

Dan setelah itu saya sadar kebanyakan install ulang akan membuat laptop lelet dan rusak.
Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service
Jika laptop terjangkit virus, skinpack, malware atau lainnya usahakan jangan buru-buru install ulang mengingat adanya resiko pada ketahanan harddisk.

Rajin-rajinlah searching google bagaimana mengatasi virus atau permasalahan tersebut. Upayakan sebisa mungkin kita membaca, menganalisa, dan memperbaiki laptop kita sendiri.

Apabila sudah buntu juga cobalah bertanya kepada teman yang ahli dibidangnya.

Setidaknya kita terhindar dari mengeluarkan uang puluhan sampai ratusan ribu, paling juga gorengan plus extra joss sebagai ucapan terima kasih. Seperti saya membantu teman saya si Abu Mansyur Madtridi. Haha

Teman itu tidak pelit akan ilmunya jika kita pandai-pandai mendekati, tidak pelit juga, dan tidak mencari masalah dengan mereka.

4. Hati-hatilah dalam menjelajahi internet, jangan asal instal aplikasi.

Apalagi aplikasi itu tidak kita kenali. Bisa saja itu jelmaan virus atau malware yang bisa merusak laptop kita.
Cara Merawat Laptop Tanpa Harus Selalu Ke Tempat Service
Jangan mudah terpancing ajakan teman yang usil di media sosial untuk menginstall aplikasi atau mengklik link yang diberikannya.

Jika dia tidak menjelaskan tentang link tersebut, bisa saja itu link tidak aman atau link jebakan yang memunculkan gambar tidak enak dilihat di layar monitor dan bersuara keras.

Kasus terbaru saat ini adalah Tersebarnya Malware Ransomware Wannacry yang dapat mengenkripsi file.

Akibatnya file tidak bisa dibuka dan harus membayar ke tuannya untuk mendapatkan kode pembuka enkripsi.

Jangan abaikan peringatan di layar browser anda, baca baik-baik dan searching apa maksudnya.  Biasanya jika ada peringatan itu, situs yang kita kunjungi berarti tidak aman.

Untuk mendownload file lagu, video, film dan sebagainya upayakan untuk mencari tahu situs yang paling populer dan terpercaya.

Kalau saya untuk film lebih suka di YiffyTorrent.com, video di YouTube.com menggunakan Savefrom.net, lagu di Stafaband.net, dan aplikasi di Bagas31.com, Kuyhaa-android19.com, dan lain-lain.

Disitus tadi insyallah terpercaya dan tidak berbelit-belit jika kita jeli melihat link sebenarnya untuk mendownload.

Lagi-lagi teman adalah tempat terbaik kita bertanya agar tidak salah download.

5. Tips kelima saya lupa.

Sudah buntu otak dan tidak dapat memberikan tips lagi untuk hari ini. Kita lanjutkan esok hari ketika saya ingat kembali pengalaman-pengalaman saya.

Kritik dan saran mengenai tulisan sangat saya hargai. Dalam menuntut ilmu jangan lah kita pelit-pelit dan terlalu perhitungan. 

Sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum Wr Wb
Baca Juga :