Minggu, 07 Januari 2024

Rekomendasi 10 Aplikasi Perekam Layar PC / Laptop Terbaik







Photo by Seyed Sina Fazeli on Unsplash - 

Pada sebuah perangkat desktop tentunya sangat diharuskan untuk memiliki aplikasi perekam layar atau screen recorder pada PC dan Laptop yang sedang anda gunakan.

Pasalnya, fungsi dari aplikasi semacam ini sangat penting seperti merekam game, membuat video tutorial, presentasi, dan masih banyak lagi dapat dilakukan dengan aplikasi ini.

Selain membuat tutorial, merekam, dan merekam game.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan berupa video atau yang kerap disebut dengan video call, meeting pada aplikasi zoom, live streaming, dan keperluan lainnya.

Belakangan ini ada banyak sekali aplikasi perekam layar PC dan Laptop yang wajib anda coba.

Pasalnya, beberapa diantara aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis serta memiliki fitur-fitur yang sangat memukau dan membantu penggunanya.

Apabila anda bimbang dalam memilih aplikasi perekam layar PC atau Laptop.

Maka anda tidak perlu khawatir, kali ini akan dibagikan beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC dan Laptop terbaik yang wajib Anda pertimbangkan:


Camtasia memang sangat direkomendasikan untuk pemula lantaran aplikasi ini sangat bisa diandalkan dalam berbagai keperluan seperti meeting, presentasi, merekam game, tutorial, dan masih banyak lagi.

Dalam menunjang kebutuhan video, Camtasia telah memberikan berbagai macam template dan preset yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan.

Bahkan, pengguna juga dapat langsung melakukan editing video dengan aplikasi ini.

Adapun berbagai macam efek pengeditan yang diberikan seperti drag and drop, menambahkan efek panah, highlight, cursor, dan sebagainya.

Pada saat melakukan live streaming, meeting, dan lain-lain.

Anda juga dapat langsung menikmati fitur canggih yang telah diberikan seperti penggunaan green screen, penambahan closed caption, subtitle, menghilangkan noise pada suara, hingga dukungan integrasi dengan Microsoft PowerPoint.


Bandicam adalah salah satu aplikasi perekam layar PC dan Laptop yang sudah sangat populer di kalangan banyak orang.

Bandicam sendiri mampu merekam video dengan kualitas tinggi, serta menyimpan rekaman dengan format file khusus seperti AVI dan juga MP4 atau dalam file gambar diam.

Namun, Bandicam hanya dikhususkan untuk pengguna sistem operasi Windows saja.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang sangat menonjol seperti merekam area tertentu atau keseluruhan layar PC atau Laptop, menggambar pada video saat sedang direkam, hingga menambahkan overlay webcam ke video di mana Anda dapat merekam diri Anda apabila ingin menampilkan wajah.

Anda juga dapat mencampur suara ke dalam rekaman layar, menambahkan logo ke video, menambahkan efek mouse dan animasi lainnya pada saat rekaman layar berlangsung.

Bandicam juga bisa diunduh secara gratis namun pada saat proses rekaman selesai akan terdapat Bandicam di atas video serta maksimal untuk merekam layar hingga 10 menit saja.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, sangat disarankan untuk membeli versi Registered.


Selanjutnya adalah aplikasi OBS Studio yang dimana aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan streaming game, tech kreator, dan sebagainya.

Selain digunakan untuk live pada platform YouTube, OBS Studio juga seringkali digunakan pada platform Twitch. Aplikasi open-source ini hadir dengan berbagai macam fitur lengkap dan advanced.

Menariknya lagi, OBS Studio sudah kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac OS, dan Linux.

Bagi seorang pemula mungkin agak sulit dalam mengoperasikan aplikasi ini, sehingga dibutuhkan pemahaman lebih lanjut pada tutorial yang sudah tersedia di channel YouTube yang membahas aplikasi OBS Studio ini.


CamStudio juga merupakan aplikasi perekam layar PC dan Laptop yang bersifat open source.

Bahkan, minimum spesifikasi dari aplikasi ini sangat kecil dan memang dikhususkan untuk pengguna PC atau Laptop dengan spesifikasi yang sangat minim seperti Windows XP 32, proci Intel Pentium 4 1.8 Ghz / AMD Athlon XP 1700+, RAM 1 GB, dan DirectX 9.

Aplikasi ini juga mampu merekam semua bagian layar dan aktivitas studio di perangkat PC atau Laptop, Anda hingga membuat file video AVI yang dapat diubah menjadi video SWF.

Menariknya lagi dari aplikasi CamStudio ini adalah mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi namun dengan ukuran file yang cukup kecil.


Aplikasi perekam layar PC dan Laptop Terbaik selanjutnya adalah ShareX yang dimana aplikasi ini sudah kompatibel dengan beberapa versi Sistem Operasi Windows seperti Windows 7, 8.1, 10, dan Windows 11.

Sama halnya seperti OBS Studio dan CamStudio, aplikasi ShareX bersifat open source, tanpa iklan, dan sangat ringan apabila digunakan untuk berbagai kebutuhan.

ShareX sendiri juga dapat menangkap sebagian atau seluruh bagian layar dan dapat menangkap area layar dengan menggunakan bentuk elips, persegi panjang, atau dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda dalam menambahkan efek gambar atau watermark ke dalam rekaman, membagikan hasil rekaman kepada orang lain dengan metode drag and drop, dan masih banyak lagi.


HitPaw Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar PC dan Laptop yang ramah pengguna dan didukung oleh antarmuka yang sangat sederhana dan praktis sehingga cukup mudah dalam digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan berbagai macam fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan seperti meeting, presentasi, live streaming, webinar, merekam game, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memungkinkan Anda dalam merekam keseluruhan layar ataupun hanya pada layar tertentu yang dapat Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.

Menariknya lagi adalah, Anda dapat menyesuaikan resolusi rekaman dengan keinginan Anda.

Sama halnya seperti aplikasi lainnya, HitPaw Screen Recorder juga dapat menyunting hasil rekaman dengan menambahkan beberapa efek dan teks agar video yang telah dibuat terlihat lebih menarik serta mudah dipahami.


VideoProc akan memudahkan Anda untuk merekam layar pada PC dan Laptop tanpa adanya batasan durasi video.

Bahkan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan webinar, meeting, live streaming, merekam game, dan masih banyak lagi yang dapat anda lakukan dengan VideoProc.

Apalagi aplikasi ini tidak membutuhkan minimum spesifikasi yang terlalu tinggi, apabila anda memiliki PC atau Laptop dengan spesifikasi RAM 1 GB, GPU Intel HD Graphics 2000 or higher, 1 GHz Intel atau AMD Processor, dan sistem operasi Windows dan juga Mac OS.

Keunggulan yang diberikan oleh aplikasi VideoProc adalah kualitas perekaman video yang sangat stabil, memakan kinerja CPU yang tidak memberatkan, hingga minimal disk space 200 MB saja.


TinyTake adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MangoApps yang sudah dibekali dengan fitur-fitur yang sangat menarik untuk dicoba.

Beberapa fitur yang diberikan yakni merekam seluruh layar atau area tertentu saja, zoom in atau zoom out, fitur anotasi, dan sebagainya.

Sayangnya, aplikasi ini masih memiliki kekurangan seperti maksimal untuk merekam layar pada versi TinyTake gratis hanya sampai 5 menit saja dan untuk versi Pro hingga 120 menit.

Tentu, hal ini tidak direkomendasikan apabila ingin digunakan untuk Live Streaming yang biasanya hingga 4 jam atau bahkan lebih.


Aplikasi ini memungkinkan Anda dalam merekam layar PC dan Laptop hingga mengedit hasil rekaman dengan dukungan berbagai macam fitur menarik seperti crop, flip, trim, menambahkan filter, watermark, hingga juga melakukan screenshot PC dan Laptop dengan mudah dan cepat.

Selain itu saja, Movavi Screen Recorder Studio juga memungkinkan Anda merekam audio dengan mikrofon tambahan.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga tersedia di dua sistem operasi yakni Windows dan juga Mac OS.


Sebenarnya aplikasi Filmora dikenal sebagai aplikasi edit video PC yang mungkin sudah sangat populer di kalangan banyak orang.

Namun, aplikasi ini menghadirkan berbagai macam fitur yang sangat menarik seperti screen recording atau merekam layar pada PC dan Laptop dengan mudah serta kualitas yang cukup baik.

Tak sampai disitu saja, aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis meski hanya bersifat trial.

Ada beberapa keunggulan yang diberikan oleh aplikasi Filmora diantara lain terdapat fitur edit video, export video dengan berbagai macam format file, gratis percobaan 30 hari sebelum membeli, dan sebagainya.

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai aplikasi perekam layar PC dan Laptop terbaik yang bisa anda gunakan secara gratis meski ada beberapa aplikasi yang mengharuskan untuk membeli versi premium atau licensed tersendiri.

Namun, apabila anda sudah menemukan aplikasi yang menurut Anda mudah digunakan. Alangkah baiknya untuk membeli versi Premium atau Pro.
Baca Juga :

Artikel Terkait