Minggu, 19 Maret 2023

6 Teknik Screenshot Laptop yang Praktis dan Mudah







Photo by Alienware on Unsplash - 

Salah satu fitur yang bisa digunakan pada handphone yaitu fitur untuk melakukan capture layar yang kemudian dikenal dengan istilah screenshot.

Fitur ini cukup esensial dan banyak digunakan oleh pengguna handphone. Hampir semua pengguna gadget ponsel genggam pasti sudah mengetahui cara untuk menggunakan fitur ini.

Namun berbeda dengan laptop, banyak penggunanya belum mengetahui cara untuk screenshot layar di laptop.

Untuk melakukan screenshot, cara di beberapa jenis laptop tentu berbeda-beda. Namun hal tersebut tidaklah sulit.

Berikut beberapa cara screenshot di laptop yang dapat Anda lakukan di beberapa brand yang ada di pasaran.

Cara Screenshot di Laptop Asus

Kemajuan teknologi yang semakin cepat bergerak menuntut para perusahaan produsen laptop untuk sering meng-upgrade brand atau produk yang mereka hasilkan.

Hal tersebut juga berlaku pada perusahaan laptop dari Taiwan, yaitu Asus.

Laptop Asus pamornya semakin naik seiring berbagai inovasi yang mereka lakukan. Salah satu fitur yang ditanam dalam laptop ini yakni mengenai screenshot layar. 

Screenshot sudah menjadi kebutuhan para pengguna laptop, apalagi dengan banyaknya seminar secara online atau webinar saat ini.

Banyak pengguna laptop yang membutuhkan fitur ini untuk mengambil gambar, dokumen, atau menjadikannya alat dokumentasi saat meeting virtual.

Setidaknya ada beberapa cara screenshot di laptop Asus yang bisa Anda gunakan:

1. Menggunakan Kombinasi Windows +PrtSc

Cara pertama screenshot di laptop Asus yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. Sebenarnya, dengan menekan tombol PrtSc saja sudah bisa untuk mengambil screenshot.

Namun dengan menggunakan tombol kombinasi Windows +PrtSc, screenshot sudah terjamin tersimpan dengan baik.

Anda harus menekan tombol tersebut secara bersamaan. Tanda screenshot berhasil yakni ketika layar laptop berkedip. Ini artinya screenshot sukses dan tersimpan dengan baik.

2. Menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc

Tombol kombinasi lainnya untuk screenshot yaitu Fn + PrtSc. Untuk memakai cara ini, tekan secara bersamaan juga tombol Fn + PrtSc.

Jika sudah, Anda bisa mulai membuka aplikasi pendukung, misalnya edit gambar yang biasanya ada di laptop Asus. Sebagai contoh Paint, Photoshop, atau bahkan MS. Word.

Ketika membuka aplikasi pendukung tersebut, Anda bisa tekan paste atau Ctrl + V. Kemudian, picture hasil screenshot akan muncul di aplikasi tersebut.

Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpan gambar tersebut dengan menekan ikon save atau kombinasi Ctrl + S.

Cara Screenshot di Laptop Acer

Acer juga perusahaan laptop yang memberikan fitur screenshot yang mempermudah penggunanya.

Perusahaan asal Cina ini memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya dengan kelengkapan keyboard yang memiliki fungsi screenshot.

Anda bisa screenshot di laptop Acer dan menyimpannya dengan berbagai format mulai dari PNG, JPG, dan GIF dengan menggunakan beberapa cara screenshot di laptop Acer berikut ini.

1. Menggunakan Tombol Kombinasi Pada Keyboard

Pertama, screenshot di laptop Acer bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtSc secara bersamaan pada keyboard laptop.

Dengan langkah ini, picture hasil screenshot akan tersimpan otomatis. Kamu bisa cek hasil screenshot di folder C.

Bukalah folder user, lanjutkan dengan membuka folder username, kemudian folder pictures, dan yang terakhir membuka folder screenshots.

2. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot yang disediakan Microsoft. Dengan aplikasi ini, Anda bisa screenshot lebih nyaman dan fleksibel.

Sinipping tool berfungsi untuk menyimpan hasil screenshot tanpa perlu membuka aplikasi pendukung lainnya.

Untuk screenshot menggunakan Snipping Tool, mulailah dengan membuka aplikasi tersebut. Pilihlah bentuk dari screenshot yang sesuai dengan keinginanmu.

Setelah itu, aplikasi lain di laptop akan meredup. Pada saat ini Anda bisa memilih atau menyeret halaman yang di-screenshot.

Halaman itu secara otomatis ter-capture, lalu bila ingin mengeditnya, gunakan fitur editing yang ada di Snipping Tool.

Ketika hasil editing sudah sesuai, Anda bisa menyimpan gambar dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + S.

3. Menggunakan Snapgit

Cara terakhir ketika hendak screeshot di laptop Acer yaitu menggunakan Snapgit. Ini merupakan program yang bisa digunakan untuk capture picture pada video.

Untuk melakukan hal tersebut kamu bisa memulainya dengan mengunduh aplikasi Snapgit pada laptop Acer.

Jika sudah mengunduh, Anda masuk aplikasi tersebut dan klik ikon tangkap yang ada di sana. Pilihlah layar atau halaman yang akan di-screenshot.

Kemudian, pilihlah tombol kamera yang berfungsi untuk menyimpan hasil screenshot.

Cara Screenshot di Laptop HP

Tak kalah dengan laptop lainnya, pengguna laptop HP bisa menggunakan beberapa cara screenshot di laptop mereka. Berikut ini cara yang mudah dan cepat.

1. Menggunakan Tombol PrtSc

Screenshot bisa dilakukan dengan hanya menggunakan satu tombol saja di keyboard laptop, PrtSc. Biasanya terletak di kanan atas atau beberapa tipe mungkin berbeda letaknya. 

Langkah pertama menyiapkan terlebih dahulu layar tampilan yang hendak di-screenshot. Selanjutnya tekan tombol PrtSc untuk menangkap layar.

Kemudian, Anda bisa memulainya dengan membuka aplikasi pendukung yang memiliki fungsi untuk editing picture, salah satunya adalah Paint.

Aplikasi ini sudah ada di laptop HP tanpa perlu download terlebih dahulu.

Pada aplikasi Paint, tekan paste atau Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot. Lalu, Anda bisa langsung menyimpan gambar tersebut.

Apabila ingin menentukan sendiri format gambar yang hendak disimpan, pilih fitur “save as” kemudian pilih format gambar mana yang akan digunakan.

Bisa juga memilih folder untuk menyimpan file screenshot tersebut.

2. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + G

Berbeda dengan laptop brand lain, HP menghadirkan cara screenshot dengan menekan tombol kombinasi Windows + G secara bersamaan.

Menu dari game bar tersebut akan muncul secara otomatis dan kamu bisa memilih fitur “capture”. Pilihlah ikon kamera untuk screenshot.

Hasilnya akan muncul pada folder “galery”. Untuk melihat hasil screenshot bisa juga dengan memilih opsi “Open File Location” yang biasanya di pojok kanan bawah.

Windows + G juga bisa untuk merekam video yang ada di layar laptop.

Dengan menggunakan tombol kombinasi ini, Anda bisa membagikan picture hasil screenshot pada sosial media Twitter dan menyimpannya dalam clipboard. 

3. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + Volume Down

Cara ketiga untuk screenshot dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + Volume Down.

Jika memakai cara ini, hasil screenshot akan ada di folder screenshot yang secara otomatis dibuat oleh sistem. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan Windows Surface.

Cara Screenshot di Laptop Lenovo

Lenovo juga tidak mau kalah. Mereka memberikan fitur untuk screenshot dengan mudah. Caranya tidak berbeda jauh dengan laptop lainnya. Berikut dua cara yang bisa digunakan.

1. Screenshot dengan Tombol PrtSc

Langkah pertama yaitu menyiapkan terlebih dahulu layar yang akan di screenshot. Lalu tekan tombol PrtSc yang biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard laptop Lenovo.

Setelah itu, gunakan aplikasi Paint. Aplikasi ini bawaan yang ada di setiap laptop.

Setelahnya, paste atau tekan tombol kombinasi Ctrl +V untuk meletakkan screenshot yang sudah diambil.

Hasilnya bisa diedit menggunakan aplikasi tersebut. Setelah selesai mengedit, save picture tersebut dengan klik Ctrl + S.

Anda bisa memilih sendiri jenis atau format dari picture tersebut dan tempat menyimpannya.

2. Screenshoot dengan Aplikasi Snipping Tool

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu layar yang hendak di-screenshot. Lalu cari Snipping Tool pada menu start di laptop Lenovo.

Bukalah tombol New pada daftar menu melayang yang muncul. Lakukan screenshot dan simpan pada folder yang kamu inginkan.

Kelebihan yang dimiliki Snipping Tool adalah Anda bebas memilih mode screenshot yang diinginkan.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

Screenshot bisa digunakan untuk beberapa laptop dengan jenis Windows yang mungkin berbeda-beda.

Salah satu Windows juga bisa untuk screenshot yaitu Windows 7. Di sini, untuk screenshot ada beberapa pilihan. Berikut caranya.

1. Screenshot Seluruh Layar

Untuk screenshot seluruh layar laptop dengan cara menggunakan tombol PrntScrn atau PrtSc atau Print Screen.

Biasanya tombol ini ada di ujung kanan keyboard. Sebelum menekan tombol tersebut, terlebih dahulu pilih layar yang hendak diambil gambarnya.

Langkah berikutnya membuka aplikasi editing foto, seperti Paint. Setelah terbuka, tekan tombol paste atau Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot.

Jika sudah, Anda bisa melakukan editing atau langsung menyimpan hasil gambar screenshot tersebut.

2. Screenshot Layar Jendela Tertentu

Untuk screenshot pada jendela tertentu  bisa langsung tekan kombinasi tombol Alt + PrntScrn.

Lalu buka Paint dan paste gambar hasil screenshot tersebut. Anda bisa mengedit Paint tersebut lalu save hasil screenshot.

3. Screenshot dengan Snipping Tool

Langkah pertama sorot ke bagian start yang biasanya ada di kiri. Cari aplikasi Snipping Tool dan buka.

Kemudian menuju layar yang hendak di-screenshot. Jika sudah, Anda bisa langsung klik ikon “Save Snip” untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Selain Windows 7 ada jenis Windows lain yang juga banyak digunakan yaitu Windows 10. Untuk melakukan screenshot di Windows 10, Anda bisa mengikut cara berikut ini.
  1. Buka terlebih dahulu layar yang hendak kamu screenshot.
  2. Tekan tombol kombinasi Alt + PrtScn yang akan menyalin hasil screenhot tersebut.
  3. Jika sudah, kamu bisa membuka program lain seperti Paint, Photoshop, Microsoft Word, atau aplikasi edit foto lainnya yang ada di laptop Windows 10 kamu.
  4. Tekan Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot tersebut.
  5. Tekan tombol kombinasi Ctrl + S untuk menyimpan hasil screenshot yang sudah diambil.
Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Setelah screenshot kamu bisa melihat hasilnya dengan menggunakan aplikasi Paint.

Setelah kamu menekan tombol kombinasi untuk screenshot seperti Alt + PrnSc, Windows + PrnSc, Fn + PrnSc, atau tombol kombinasi lainnya, kamu bisa langsung buka aplikasi Paint dan tekan Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot tersebut dan melihat hasilnya.

Selain aplikasi Paint, Anda bisa melihat hasil screenshot dengan menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Word atau Photoshop.

Cara yang digunakan sama saja dengan saat kamu melihat hasil screenshot menggunakan Paint. Namun pada umumnya banyak yang menggunakan Paint, karena aplikasi ini selalu ada di setiap laptop.
Baca Juga :

Artikel Terkait