Sabtu, 04 Maret 2023

4 Tips Pemula Agar Sukses Terjun di Dunia PC Gaming







Photo by Florian Olivo on Unsplash - 

PC (Personal Computer) sebenarnya bukanlah platform game, namun seiring dengan perkembangan jaman, PC menjadi sebuah salah satu “platform” game yang diminati.

Banyak game-game hebat termasuk game PS4 yang lahir dari PC, game engine sekelas CryEngine-pun dibuat menggunakan PC.

Hadirnya MOD yang membuat game-game lebih menarik ketika dimainkan di PC tak ayal membuat para gamer memilih PC sebagai platform gaming mereka.

Akan tetapi dibalik semua itu, tidak sedikit juga gamer yang beranggapan bahwa PC Gaming itu mahal.

Hal ini dipatahkan di artikel gamebrott yang menjelaskan bahwa kamu tidak perlu menjadi kaya raya untuk terjun ke dunia PC Gaming.

Pembahasan kali ini kita akan membahas 4 tips bagi kamu para “newbie” yang ingin terjun ke dunia PC Gaming.

1. Cari Tahu Apa yang Kamu Butuhkan

Mungkin banyak dari kalian yang sudah memiliki desktop PC untuk sekedar browsing, menonton YouTube, mengirim e-mail, mengerjakan tugas, atau sebagainya.

Tapi, tahukah kamu bahwa di dalam PC terdapat berbagai komponen dalam CPU yang kamu butuhkan agar PC milikmu dapat kamu gunakan untuk bermain game?

Mulai dari Processor, RAM, VGA, dan HDD.

Cari tahu spesifikasi PC terendah apa yang kamu butuhkan untuk bermain sebuah game dan browsing spesifikasi PC terendah yang dibutuhkan untuk bermain game yang kamu sukai di internet.

Dengan begitu kamu akan tahu spesifikasi PC mu sekarang sudah cukup atau tidak.

Contoh, kamu ingin bermain GTA V dan misalnya spesifikasi terendah yang dibutuhkan GTA V adalah core i5 / AMD FX, RAM 8GB, VGA 1 GB, dan HDD 60GB, setelah kamu pelajari komponen PC-mu sendiri ternyata kamu memiliki PC sesuai spesifikasi tersebut, namun tidak dengan VGA-mu yang masih terlampau rendah.

Dari sini kamu tahu apa yang kamu butuhkan, kamu harus membeli VGA baru untuk meng-upgrade PC-mu agar bisa memainkan GTA V. Hal ini juga dapat membuatmu sedikit berhemat.

2. Riset dan Pelajari Hardware PC di Internet

Hal terpenting yang harus kamu lakukan berikutnya adalah melakukan riset hardware PC yang bagus di Internet.

Mungkin ini adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan buatmu, terlebih bagi kamu yang masih awam di dunia PC Gaming.

Kamu dapat memulainya dari processor yang terbagi atas 2 merk AMD dan Intel, bagaimana spesifikasi dari keduanya baik dari tipe dan kecepatan processor, berapa core yang dimiliki, bagaimana fungsi dari tiap komponen yang ada dalam processor, bagaimana perbedaan tiap komponen, hingga tipe socket apa yang dimiliki processor.

Kamu juga dapat melakukan hal yang serupa di komponen selanjutnya seperti RAM, VGA, HDD, Power Supply, dan lain sebagainya.

Memang sangat menjengkelkan jika kamu harus mengingat dan mempelajari ratusan jenis processor dan komponen lainnya.

Namun percayalah, ketika kamu sudah mengetahui sebagian besar dari tipe komponen-komponen tersebut, kamu akan lebih bijak dalam memilih komponen mana yang harus kamu beli untuk merakit PC baru atau meng-upgrade PC lamamu tanpa harus membuang banyak uang sia-sia.

Saya juga merasakan hal itu ketika pertama kali terjun ke dunia PC Gaming, mungkin saya masih belum bisa dikatakan sempurna untuk hal ini seperti ahli IT pada umumnya, tapi setidaknya saya tahu betul komponen PC apa saja yang saya butuhkan.

3. Sesuaikan dengan Apa yang Dibutuhkan

Poin ke-3 ini hampir sama dengan poin ke-2, kamu harus menyesuaikan komponen PC mu dengan apa yang kamu butuhkan.

Misalnya, kamu ingin merakit PC untuk bermain game sekelas Battlefield 3, dengan setting grafik high dan resolusi 1080 pixel, maka kamu harus sesuaikan spesifikasi PC mu dengan hal itu.

Akan sangat sia-sia jika kamu merakit PC mu dengan spesifikasi “monster” seperti Intel Core i7 4.0Ghz, RAM 16 GB, GTX 780 4GB GDDR 5, dan HDD 2TB namun hanya kamu gunakan untuk bermain game seperti League of Legends atau DotA 2 yang notabene hanya membutuhkan spesifikasi PC yang tidak begitu tinggi.

Berbeda lagi ceritanya jika kamu merakit PC mu untuk bermain game resolusi tinggi atau merakit PC mu tidak sekedar untuk bermain game saja.

Misalnya kamu ingin mengedit video, membuat animasi 3D, atau rendering VFX (Visual Effect) sekelas VFX di film Transformers di After Effect.

Maka spesifikasi “monster” yang saya sebutkan di atas wajib kamu miliki. Sesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan, jangan membuang sia-sia uangmu hanya untuk hal yang tidak kamu butuhkan.

4. Menabung

Fokus menabung, bukan termotivasi untuk nyamperin teller nya kalian sudah tahu apa yang saya maksud, tidak sedikit uang yang harus kamu persiapkan untuk membeli atau meng-upgrade PC.

Salah satu cara agar kamu mempunyai banyak uang adalah menabung, terlebih bagi kamu yang masih sekolah.

Mungkin beberapa dari kalian menganggap cara ini adalah cara yang sangat menjengkelkan dan kuno, tapi percayalah, kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika kamu menabung dan bisa mendapatkan jumlah uang yang cukup untuk membeli atau meng-upgrade PC mu.

Selain bisa membeli atau meng-upgrade PC, menabung juga dapat menghantarkanmu agar bisa membeli game original.

Oke, saya tidak munafik disini, memang kamu bisa memainkan game bajakan di PC secara gratis.

Tapi, apakah kamu tidak sedih jika developer game kesukaanmu bangkrut dan tidak memproduksi game kesukaanmu akibat pembajakan?

Salah satu cara agar hal itu tidak terjadi adalah dengan membeli game buatan mereka.

Membeli game original tidak harus mahal, kamu bisa membeli game PC original dengan diskon besar-besaran di steam summer sale dan beberapa diskon yang diberikan oleh Origin (EA), uPlay (Ubisoft), dan seller game original lokal terpercaya.

Beberapa event diskon yang perlu kamu catat salah satunya adalah steam summer sale, christmas sale, dan winter sale.

Dengan membeli game original, maka secara tidak langsung kamu menghargai kerja keras developer dan mendukung developer tersebut bertahan hidup agar tetap bisa membuat game-game kesukaanmu selanjutnya.

Bukankah merupakan sebuah prestasi tersendiri bagimu jika kamu bisa merakit / upgrade PC dan membeli game original-mu dengan jerih payahmu sendiri?

Oke, sampai disinilah pembahasan kita kali ini. Semua hal yang saya tulis disini adalah tips dan saran bagi kamu yang masih baru ingin terjun di dunia PC Gaming.

Saya tidak bermaksud menyalahkanmu jika kamu punya spesifikasi “monster” tapi hanya kamu gunakan untuk bermain game sekelas DotA 2, semua kembali kepada keputusanmu, karena uang yang kamu gunakan adalah uangmu sendiri.

Inti dari pembahasan kita kali ini adalah, belajar untuk menghemat pengeluaranmu seminimal mungkin dengan membeli spesifikasi PC yang kamu butuhkan untuk bermain game.

Jangan pernah lupa untuk mempelajari setiap komponen PC yang ada, agar dapat memudahkanmu untuk merakit dan meng-upgrade PC-mu secara bijak kedepannya.

Dan selalu ingat untuk merakit PC agar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan demi kebaikanmu sendiri.
Baca Juga :

Artikel Terkait