Sabtu, 18 Februari 2023

Haruskah Anda Menebang Pohon Tua ?







Photo by JOHN TOWNER on Unsplash - 

Terkadang pohon juga sampai pada titik dimana perlu untuk mengucapkan selamat tinggal kepadanya.

Ini bisa menjadi pilihan yang berat, tetapi kadang-kadang pohon itu terlalu dekat dengan rumah, terlalu sakit, telah mendapat serangan hama yang tidak dapat disembuhkan, atau tumbuh terlalu tinggi dan mendekati aliran listrik.

Jika ada hal-hal ini terjadi yang terbaik adalah melakukan hal yang benar yaitu menyingkirkan pohon itu.

Meskipun Anda mungkin telah menghabiskan waktu bertahun-tahun menanam dan merawat pohon di tempat itu, lebih tidak terhormat bagi pohon itu jika membiarkannya menderita dalam kondisi buruk.

Setelah membuat pilihan untuk menebang pohon, Anda perlu merencanakan penebangannya.

Sepanjang tahun, Saya tidak dapat menghitung berapa banyak jendela yang Saya lihat rusak atau mobil yang hancur karena perencanaan yang buruk dalam proses penebangan pohon.

Putuskan ke arah mana Anda ingin menjatuhkan pohon dan ukurlah secara akurat untuk memastikannya jatuh menjauhi dari benda lain yang dapat menyebabkan kerusakan.

Setelah Anda merencanakan arah jatuhnya, Anda harus memanjat pohon dan mengikat dua tali panjang di bagian atasnya.

Jangkar mereka di sisi yang berlawanan dengan yang Anda inginkan, atau mintalah bantuan orang lain untuk sama-sama menariknya jika pohon itu besar.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan arah pohon yang diturunkan, kalau-kalau pohon itu mulai condong ke arah apa pun yang bisa dihancurkannya.

Sekarang setelah Anda mengambil semua tindakan pencegahan yang diperhitungkan, Anda siap untuk mulai memotong.

Jika Anda berencana menggunakan gergaji atau kapak yang dioperasikan secara manual, silakan pulang saja dan pertimbangkan betapa gilanya cara itu.

Menebang pohon dengan tangan akan menyibukkan Anda selamanya dan bahkan tidak akan seakurat menggunakan gergaji mesin.

Jika Anda tidak memiliki gergaji mesin, Anda seharusnya tidak mempertimbangkan untuk melakukannya tanpa alat gergaji.

Tanyakan dengan tetangga sekitar dan lihat apakah ada gergaji mesin orang yang bisa Anda pinjam atau meminta bantuan jika tidak pandai menggunakannya.

Jika itu tidak berhasil, sewa jasa seorang petani kebun atau petugas kebersihan/pertanaman di daerah Anda.

Sebelum mulai menebang pohon, Anda harus mengenakan pelindung mata dan wajah yang tepat seandainya serpihan kayu terbang ke arah mata Anda.

Saya punya teman yang membutakan mata kanannya saat menebang pohon, jadi Saya harap semua pembaca tidak membuat kesalahan yang sama seperti dia.

Setiap kali Anda mengoperasikan alat listrik, selalu pastikan untuk memakai perlindungan yang tepat untuk setiap bagian tubuh yang terbuka.

Saat membuat potongan, Anda diharuskan tidak hanya memotong garis lurus ke pohon. Cara terbaik adalah memotong bentuk V di samping pohon.

Ini karena jika Anda memotong garis lurus, pohon akan berakhir tumbang ke satu sisi manapun atau yang lain.

Jika Anda memotong bentuk V, pohon itu akan dapat jatuh ke arah yang Anda inginkan. Kadang-kadang mungkin melesat beberapa meter karena kesalahan manusia selama proses pemotongan.

Tetapi jika memiliki beberapa teman yang kuat menarik tali yang Anda ikat, Anda dapat mengaitkannya kembali dengan jalur yang diinginkan.

Seluruh proses penebangan seharusnya tidak lebih dari 1 jam jika sudah pandai.

Pengangkatan batang besar setelahnya juga bisa sedikit lebih menyulitkan, paling mungkin yang bisa dilakukan potong sepanjang 1,5 meter lalu gulingkan beramai-ramai atau potong kecil-kecil.

Pencabutan tunggul kayu juga lebih sulit, tetapi Anda dapat menyewakan chipper tunggul yang benar-benar akan menghancurkan bagian tunggul yang terlihat.

Atau Anda mau menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggali tunggul itu. Menggali tunggul jauh lebih bersih menyeluruh, tetapi membutuhkan waktu yang lama.

Jika Anda memiliki anak, ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Anak-anak sering menemukan cara  untuk bersenang-senang, termasuk senang pergi keluar dan menggali sepanjang hari dengan teman-teman mereka.

Ini adalah metode yang Saya gunakan dan Saya memiliki seluruh tunggakan kayu dalam waktu seminggu untuk dijadikan kayu bakar memasak.

Perlu diingat bahwa tunggul Saya berdiameter sekitar 1 kaki atau 30 cm dan menggali mungkin tidak akan bekerja untuk tunggul yang jauh lebih besar dari itu maka caranya bisa sedikit-sedikit dibakar.
Baca Juga :

Artikel Terkait