Minggu, 13 November 2022

Pengertian dan Peran Penting Teknologi Informasi dalam Bisnis







Photo by Microsoft Edge on Unsplash - 

Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut perkembangan pada banyak bidang, salah satunya adalah teknologi informasi.

Teknologi informasi adalah salah satu bidang yang sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi.

Tanpa adanya teknologi informasi yang mumpuni, kemungkinan perkembangan yang terjadi tidak akan sejauh seperti saat ini.

Teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan ataupun manajemen sistem informasi dengan basis komputer, khususnya pada aplikasi hardware dan software.

Dilansir dari wikipedia, teknologi informasi adalah suatu istilah yang sudah sangat umum pada bidang teknologi agar bisa membantu manusia dalam mengubah, membuat, menyimpan, mengkomunikasikan, dan juga menyebarkan sejumlah informasi penting.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berberfungsi dalam memproses, mengolah, menyusun, mendapatkan, menyimpan dan mengubah seluruh data dengan berbagai macam upaya agar bisa memperoleh informasi yang berguna dan berkualitas.

Selain itu, fungsi lain dari teknologi ini adalah guna mencari jalan keluar setiap masalah, meningkatkan kreativitas, efektivitas, dan juga efisiensi dalam aktivitas manusia.

Sederhananya, teknologi informasi adalah beragam fasilitas yang di dalamnya terdiri dari hardware dan juga software untuk bisa mendukung dan juga meningkatkan kualitas informasi untuk masyarakat secara cepat dan juga berkualitas.

Agar bisa memahami lebih lanjut tentang teknologi informasi, baik itu berupa pengertian, manfaat dan juga fungsi dari teknologi informasi, maka bacalah artikel ini hingga selesai.

Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian teknologi informasi secara umum adalah suatu studi tentang perencanaan, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen sistem informasi dengan basis komputer, terutama pada perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Berdasarkan ITTA, teknologi informasi adalah suatu perancangan, studi, implementasi, dukungan, pengembangan ataupun manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware ataupun software komputer.

Teknologi ini menggunakan komputer elektronik dan juga perangkat lunak komputer agar bisa mengubah, memproses, menyimpan, melindungi, mentransmisikan, dan juga mendapatkan informasi secara aman.

Teknologi ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai alat komunikasi lewat elektronik saja, tapi juga merupakan perangkat penting yang sudah seharusnya dimiliki dalam suatu bisnis agar bisa melakukan koordinasi dengan baik dan juga melakukan pengarsipan berbagai dokumen penting lainnya.

Teknologi tersebut diaplikasikan agar bisa mengelola informasi secara realtime, yang menjadi salah satu bagian penting karena meningkatnya tingkat kompleksitas dari tuga manajemen, pengaruh ekonomi globalisasi, dan penting response time yang lebih cepat, serta tekanan akibat adanya persaingan bisnis.

Fungsi Teknologi Informasi

Teknologi tersebut tentunya memiliki fungsi yang sangat penting.

Minimal ada enam fungsi utama dari teknologi informasi, yakni menangkap, menyimpan, mengolah, transmisi, melakukan pencarian kembali, dan menghasilkan. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari keenam fungsi tersebut.

1. Menangkap (Capture)

Dalam hal ini, menangkap diartikan sebagai melakukan penginputan. Contohnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lain-lain.

Fitur ini kemungkinan sudah tidak asing lagi untuk kita yang menggunakannya untuk menyimpan beberapa informasi khusus.

2. Pengolah (Processing)

Fungsi ini berkaitan dengan menggabungkan catatan aktivitas secara detail. Seperti menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya fungsi ini, maka Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengolah file ataupun data Anda.

3. Mengolah atau Memproses Data

Pengolahan atau pemrosesan suatu data bisa berbentuk konversi, analisis, sintesis, perhitungan dalam segala bentuk data dan juga informasi.

Dengan adanya fungsi ini, maka pengguna akan lebih dimudahkan.

4. Menghasilkan (Generating)

Artinya, teknologi ini memiliki peran penting sebagai suatu alat guna mengorganisasikan suatu informasi ke dalam suatu bentuk yang lebih terarah dan juga lebih mudah untuk dipahami, contoh sederhananya adalah seperti suatu tabel ataupun grafik.

5. Penyimpan (Storage)

Fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah untuk merekam ataupun menyimpan data dan juga informasi dalam suatu media yang mudah untuk digunakan untuk keperluan lainnya.

Contohnya seperti disimpan ke dalam harddisk, disket, tape, CD, dan media lainnya.

6. Mencari Kembali (Retrieval)

Dalam hal ini, teknologi ini berfungsi untuk menelusuri, memperoleh kembali informasi ataupun menyalin data dan juga informasi yang sebelumnya sudah tersimpan.

Contohnya seperti mencari data pemasok yang sudah lunas, dll.

Data yang sudah berhasil disimpan terkadang sulit untuk ditemukan karena sudah terlalu penuh, tapi dengan adanya fungsi ini, maka akan mempermudah pengguna dan juga menghemat waktu.

7. Transmisi (Transmission)

Teknologi berfungsi untuk mengirim data dan juga informasi dari suatu lokasi lain dengan menggunakan jaringan komputer.

Contohnya seperti mengirim data penjualan dari pengguna X ke pengguna Y. Sehingga, mereka tidak perlu lagi menyalin satu per satu lagi, mereka hanya perlu membagikan file tersebut saja.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan utama dari teknologi ini adalah agar bisa menyelesaikan masalah, meningkatkan kreativitas, efektivitas, dan juga efisiensi dalam hal melakukan pekerjaan.

Jadi, teknologi tersebut dibuat dengan berdasarkan hal tersebut. Dengan kehadiran teknologi informasi, maka pekerjaan manusia akan menjadi lebih efisien dan lebih mudah.

Manfaat Teknologi Informasi

Teknologi ini memiliki manfaat yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari. Manfaat tersebut bisa digunakan sebagai alat penunjang kehidupan yang lebih baik.

Karena, teknologi ini mampu membantu kegiatan menjadi lebih efektif dan juga lebih efisien.

Manfaat tersebut bisa digolongkan berdasarkan dengan tingkat kebutuhannya, yaitu:

1. Untuk Dunia Pendidikan

Dengan kehadirannya di dalam dunia pendidikan, khususnya komputer, maka akan membuat setiap siswa menjadi lebih efektif dalam belajar.

Komputer menjadi salah satu sarana yang mampu mempermudah meningkatkan kreativitas siswa dan juga sumber informasi yang ada di dalamnya.

2. Untuk Dunia Industri dan Manufaktur

Teknologi ini juga mampu membantu membuat suatu rancangan desain suatu produk yang akan dirilis oleh suatu perusahaan dan juga bisa mengontrol mesin produksi dengan tingkat ketepatan yang baik.

Terlebih lagi, industri manufaktur akan sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan produksi dalam jumlah yang sangat besar.

3. Untuk Dunia Bisnis dan Perbankan

Dengan adanya teknologi tersebut, maka akan membantu pengguna dalam melakukan transaksi, menyimpan file secara aman dan sistem perbankan pun akan menjadi lebih maju.

Selain itu, aksesnya juga lebih mudah dikontrol hanya dengan menggunakan teknologi.

4. Untuk Dunia Militer

Kemajuan teknologi ini bisa digunakan sebagai alat navigasi kapal selam dan mengendalikan pesawat tanpa kemudi atau dengan kemudi.

Kehadiran teknologi militer juga mampu membuat suatu akses saat berada dalam situasi darurat.

5. Untuk Dunia Teknik dan Pengetahuan

Teknologi ini bisa digunakan untuk mempelajari struktur tanah, cuaca dan juga angin. Selain itu teknologi tersebut juga bisa membantu perhitungan.

Saat ini, akses pada ilmu pengetahuan bisa kita akses di banyak tempat secara mudah dengan menggunakan jaringan internet.

Pun sama halnya dalam bidang teknik dan juga berbagai proyek tertentu.

6. Untuk Dunia Kedokteran

Teknologi informasi bisa digunakan untuk melakukan diagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar seluruh organ tubuh manusia dengan menggunakan komputer.

Bahkan, saat ini teknologi informasi adalah suatu bagian yang sulit untuk dipisahkan dalam dunia kedokteran, contohnya seperti melakukan scanning, radiologi, dan juga USG.

7. Untuk Pemerintahan

Teknologi ini bisa diterapkan untuk mengolah data dan juga informasi yang ditujukan oleh seluruh masyarakat.

Sehingga, pemerintah dan masyarakat bisa saling meningkatkan hubungannya, dan apa yang terjadi pada suatu daerah bisa diketahui dengan cepat.

8. Untuk Dunia Hiburan dan Permainan

Teknologi pada komputer bisa dimanfaatkan untuk pembuatan animasi, desain grafis, periklanan, serta audiovisual agar tampak lebih menarik dan lebih baik.

Saat ini bahkan sudah banyak programmer yang menciptakan lapangan pekerjaan.

9. Untuk Bidang Kriminal

Dengan adanya teknologi, maka aparat akan lebih mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan, sehingga akan lebih mudah dalam mendeteksi pelanggaran demi pelanggaran.

Bahkan untuk kejahatan cybercrime pun bisa dengan mudah dilacak dengan menggunakan teknologi.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang teknologi informasi. komponen yang terdapat dalam teknologi ini mencakup software, hardware, brainware, pengetahuan, informasi dan juga data.

Seluruh komponen ini menjadi satu kesatuan yang berguna untuk membuat teknologi sistem informasi.

Meskipun teknologi ini memiliki banyak dampak positif, namun ia juga tidak lepas dari dampak negatif.

Beberapa dampak negatif dari teknologi tersebut adalah kecanduan dan juga ketergantungan.

Untuk itu, kita harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi informasi, salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda sudah mampu menggunakan teknologi informasi dengan bijak, kenapa?

karena Accurate Online akan membantu memudahkan Anda dalam menjalankan kegiatan bisnis.

Software ini lebih dari sekedar software akuntansi biasa.

Accurate Online adalah software bisnis yang tidak hanya menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dengan mudah, namun juga mampu menyediakan fitur yang mampu meningkatkan efisiensi perusahaan Anda.

Beberapa fitur tersebut adalah fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, buku besar, aset tetap, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, biaya investasi yang harus Anda keluarkan untuk menikmati seluruh fitur tersebut juga cukup rendah, yakni hanya sekitar 200 ribuan perbulan saja.

Penasaran? Anda bisa mencoba seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Bagikan info ini ke temanmu!
Baca Juga :


"Nonton One Piece dari Episode 0, Follow IG Boemelind_Blog"

Artikel Terkait