Selasa, 25 Oktober 2022

9 Jenis Komputer, Pengertian dan Sejarah dari Dulu Hingga Saat Ini







Photo by Riku Lu on Unsplash - 

Komputer merupakan salah satu teknologi yang bermanfaat dan banyak membantu berbagai macam pekerjaan manusia.

Mulai dari pekerjaan-pekerjaan ringan seperti membuat dokumen, memasukkan data, hingga pekerjaan yang lebih rumit seperti simulasi dan analisis data.

Tidak heran jika kini teknologi komputasi digunakan oleh berbagai macam sektor industri.

Hingga kini, terdapat beberapa jenis komputer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari komputer desktop, laptop, netbook dan tablet, komputer server hingga supercomputer.

Berbagai jenis komputer ini memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda. Ini tidak lain disesuaikan dengan tujuan dan kegunaan yang ingin dicapai.

Jika Anda termasuk technology enthusiast, informasi berbagai jenis komputer berikut menarik untuk disimak.

Kini semakin banyak berbagai jenis komputer yang dikembangkan dengan kecanggihan teknologi yang mumpuni.

Ini juga menjadi bukti bahwa manusia terus mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan peradaban yang semakin maju.

Dengan pemanfaatan teknologi-teknologi ini tentu saja dapat membantu meringankan pekerjaan atau kegiatan manusia.

Semakin canggih teknologi yang digunakan maka semakin dapat menghemat waktu dan energi di berbagai bidang kegiatan.

Dilansir dari How Stuff Works, berikut kami merangkum beberapa jenis komputer dan karakteristiknya yang perlu Anda ketahui.

Komputer Pribadi

Jenis komputer yang pertama adalah komputer pribadi atau sering disebut dengan Personal Computer (PC).

Komputer pribadi (PC) mendefinisikan komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang.

PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena merupakan perangkat komputer lengkap tetapi dibangun dalam skala yang lebih kecil.

Pada tahun 1981, pembuat teknologi ikonik IBM meluncurkan PC pertamanya, yang mengandalkan sistem operasi legendaris Microsoft - MS-DOS (Microsoft Disk Operating System).

Kemudian Apple menciptakan Lisa, salah satu PC pertama dengan GUI atau tampilan layar yang lebih canggih.

Seiring perkembangan teknologi, komponen penting seperti CPU (unit pemrosesan pusat) dan RAM (memori akses acak) berkembang dengan sangat cepat, membuat komputer lebih cepat dan lebih efisien.

Pada tahun 1986, Compaq merilis CPU 32-bit pada 386 mesinnya. Namun Intel mencetak sejarah komputer yang lebih maju pada tahun 1993 dengan prosesor Pentiumnya.

Komputer Desktop

Jenis komputer berikutnya adalah komputer desktop. Komputer desktop menawarkan lebih banyak daya, penyimpanan, dan kemampuan, dengan biaya yang lebih murah daripada komputer portabel.

Jenis komputer ini laris di tahun 1990-an ketika laptop masih dijual dengan hara yang sangat tinggi. Sedangkan kini, komputer desktop memiliki harga yang jauh lebih murah daripada 20 tahun yang lalu.

Ini tidak lain disebabkan karena laptop dan smartphone sudah mulai dikembangkan dan mendominasi di dunia teknologi. Sehingga kini, komputer desktop sudah sepi peminat.

Laptop

Selanjutnya adalah jenis komputer yang populer hingga saat ini, yaitu laptop. Laptop adalah komputer portabel yang mengintegrasikan layar, keyboard, perangkat penunjuk atau trackball, prosesor, memori, dan hard drive, semuanya dalam paket yang dioperasikan dengan baterai.

Sebelumnya, laptop komersial pertama masih mempunyai bentuk yang jauh dari kata ramping. Kemudian produsen dengan cepat memperbaiki tampilan dan nuansa laptop.

Hingga kini, banyak berbagai merek laptop dengan desain yang lebih tipis dan modern serta menawarkan teknologi yang mumpuni.

Netbook dan Tablet

Netbook dan tablet juga termasuk jenis komputer yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat saat ini.

Netbook adalah komputer ultra-portabel yang dirancang lebih kecil dari laptop tradisional. Karena bentuknya yang lebih kecil, netbook dijual dengan harga yang lebih mudah.

Namun biasanya komponen internal netbook memang kurang kuat jika dibandingkan dengan laptop.

Netbook pertama kali muncul pada tahun 2007, terutama sebagai sarana untuk mengakses internet dan aplikasi berbasis web, mulai dari email, streaming musik dan film, hingga penjelajahan web.

Netbook memiliki layar kecil sekitar 16 – 18 cm dengan kapasitas penyimpanan kecil, atau maksimal 64 GB.

Bentuknya yang minimalis, membuat perangkat teknologi ini sering kali tidak menyediakan ruang USB atau HDMI seperti yang terdapat pada laptop.

Komputer Genggam

Jenis komputer yang sangat populer dan banyak diminati masyarakat juga termasuk komputer genggam.

Bahkan saat ini, sebagian besar orang telah menggunakan komputer genggam sehari-hari, tidak lain berupa smartphone.

Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh.

Perangkat smartphone juga memiliki berat yang sangat ringan, nyaman dipakai, dengan kemampuan baterai yang cukup baik untuk digunakan sehari-hari.

Kini smartphone bisa digunakan untuk berbagai macam pekerjaan seperti mengirim pesan, email, melakukan panggilan telepon, game, kamera, video, hingga mengakses internet dan berbagai aplikasi lainnya.

Bahkan kini beberapa produsen smartphone telah meluncurkan produk-produk terbaru dengan kemampuan kamera, sistem audio, dan fitur lain yang lebih canggih.

Workstation

Jenis komputer yang perlu diketahui berikutnya adalah workstation.

Workstation merupakan komputer desktop yang memiliki prosesor lebih kuat, dengan memori tambahan yang lebih besar, adaptor grafis kelas atas, dan kemampuan yang ditingkatkan untuk melakukan kelompok tugas khusus, seperti grafis 3D atau pengembangan game.

Dilihat dari bentuknya, workstation mirip seperti komputer desktop biasa, tetapi kemampuan memiliki kemampuan desktop yang lebih cepat.

Jenis komputer ini banyak digunakan di bidang bisnis seperti perusahaan teknik atau perusahaan multimedia.

Dengan berbagai macam keunggulan, tidak heran jika komputer ini memiliki harga yang mahal.

Komputer Server

Komputer server juga termasuk salah satu jenis komputer dengan karakteristik unik lainnya. Teknologi pada komputer ini telah dioptimalkan untuk memberikan layanan ke komputer lain melalui jaringan. 

Komputer server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive yang lebih besar.

Tidak seperti PC desktop atau laptop, komputer server tidak digunakan untuk melakukan tugas ringan seperti mengetik.

Melainkan untuk menyediakan daya komputer melalui jaringan area lokal atau melalui internet.

Perusahaan kecil dan besar mengandalkan komputer server untuk memberikan informasi, memproses pesanan, melacak data pengiriman, mengolah formula ilmiah, dan banyak lagi.

Seperti PC biasa, server memiliki komponen komputer yang khas. Seperti motherboard, RAM, kartu video, catu daya, dan koneksi jaringan yang cukup untuk kebutuhan apa pun.

Biasanya pekerja TI menggunakan satu monitor untuk mengonfigurasi dan mengontrol beberapa server, menggabungkan daya komputasi kecepatan yang semakin besar.

Mainframe

Jenis komputer yang tak kalah menarik berikutnya adalah mainframe. Mainframe adalah komputer besar yang dapat memenuhi seluruh ruangan atau bahkan seluruh lantai.

Biasanya komputer ini digunakan di perusahaan besar untuk menggambarkan mesin besar yang memproses jutaan transaksi setiap hari.

Mainframe pertama kali muncul di era pasca-Perang Dunia II, saat Departemen Pertahanan AS meningkatkan energinya untuk memerangi Perang Dingin.

Bahkan ketika komputer server semakin populer, mainframe masih banyak digunakan untuk mengolah beberapa database terbesar dan paling kompleks di dunia.

Komputer ini membantu mengamankan transaksi sensitif yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari pembayaran seluler hingga informasi perusahaan rahasia.

Jenis komputer yang terakhir dengan kecanggihan mumpuni adalah Superkomputer.

Superkomputer adalah sistem komputer tunggal, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai satu sistem.

Superkomputer berbeda dari mainframe. Kedua jenis komputer ini memang menggunakan daya komputasi yang luar biasa untuk perhitungan industri dan ilmiah paling intens di Bumi.

Namun superkomputer dibuat dengan kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi, sehingga perusahaan dapat dengan cepat melakukan perhitungan yang mungkin membutuhkan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan untuk diselesaikan oleh sistem lain.
Baca Juga :


"Nonton One Piece dari Episode 0, Follow IG Boemelind_Blog"

Artikel Terkait