Selasa, 19 Oktober 2021

Kiat Mencari Kerja Bagi Pelamar Profesional Bidang Penjualan

Tags




Photo by Unsplash - 

Kiat Mencari Kerja Bagi Pelamar Profesional Bidang Penjualan

Setiap industri tentu memiliki berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang karyawan.

Dalam mencari pekerjaan sebagai profesional penjualan, bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi lingkungan yang semakin kompetitif?

Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti saat mencari pekerjaan khususnya sebelum melakukan wawancara:

1) Penelitian: Untuk mempersiapkan wawancara Anda, sebelumnya Anda harus mempelajari fakta-fakta penting tentang perusahaan tersebut.

* Internet adalah salah satu cara terbaik mencari informasi, karena sebagian besar perusahaan mempunyai situs web mereka sendiri.

Pelajari konten situs web perusahaan tersebut, seperti mengetahui latar belakang, tujuan, dan informasi tentang jabatan eksekutif puncaknya.

* Dengan menggunakan mesin pencari Internet, Anda juga dapat memperoleh berita dan informasi tambahan tentang kemajuan perusahaan, proyek dan masalah masa lalu, serta tempat organisasi lain perusahaan tersebut berada.

* Tinjau grafik pasar saham perusahaan, karena sebagian besar saham itu diperdagangkan secara publik. 

Jadi, Anda dapat memeriksa harga saham yang terbaru dan mempelajari kesulitan pasarnya selama beberapa tahun terakhir.

Mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan akan sangat membantu Anda dalam wawancara.

* Pelajari informasi sebanyak mungkin tentang pesaingnya.

Ketika Anda membaca artikel tentang ruang pasar, Anda akan mengetahui siapa yang memimpin pasar dan juga mengetahui pesaing-pesaing perusahaan.

Memiliki pengetahuan ini bisa membantu Anda selama wawancara, karena Anda mampu menjelaskan bagaimana perusahaan lebih baik daripada pesaingnya saat ini.

2) Sikap: Memiliki sikap yang baik selama proses wawancara dan minat Anda pada pekerjaan itu akan memastikan posisi tersebut menjadi milik Anda.

* Mayoritas dari profesional penjualan yang sukses memiliki energi positif dan unik yang dapat dirasakan oleh lingkungannya.

Kehadiran mereka diharapkan dan menarik perhatian semua orang. Maka, jadilah energik dalam kemauan bekerja dan bersemangat saat wawancara.

* Menjadi antusias. Apabila Anda telah melakukan riset tentang perusahaan dan pesaingnya, pewawancara akan menghargai antusiasme dan minat Anda pada posisi tersebut.

3) Persiapan: Posisi yang Anda inginkan bisa menjadi milik Anda selama Anda muncul dalam keadaan siap.

* Buat presentasi dengan meneliti produk dan layanan perusahaan. Bersiaplah untuk berbicara secara langsung dan cerdas tentang bidang perusahaan yang dilamar.

* Berikan statistik dan fakta terkait industri dalam presentasi Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak hanya antusias dengan pekerjaan, tetapi juga mengetahui betul kondisi industri tersebut.

* Fakta tentang profesi penjualan semuanya tentang angka.

Jika ditanya tentang pencapaian Anda, cukup berikan mereka laporan produksi, daftar pekerjaan sebelumnya, atau formulir yang bertuliskan penghasilan tahunan Anda.

Dengan berhasil melakukan langkah-langkah dasar di atas tadi, pekerjaan bidang penjualan yang Anda inginkan bisa menjadi milik Anda hanya dengan berjabat tangan.

Baca Juga :