Sabtu, 04 September 2021

Jangan Lakukan Cara Ekstrim, Bijak Diet Menurunkan Berat Badan







Photo by Blake Wisz on Unsplash - 

Alasan yang paling umum dimiliki orang-orang saat menjalankan program diet adalah untuk menurunkan berat badan. 

Sementara itu, sebagian besar dari kita ingin menjalankan program diet untuk kesehatan tubuh dan sebagiannya lagi melakukannya demi penampilan yang sempurna.

Namun, keduanya adalah alasan yang bisa diterima dan masuk akal untuk membuat perubahan gaya hidup saat melakukan program diet.

Alasan ini terbukti menjadi motivator yang jauh lebih besar daripada banyak alasan lain yang umum dikemukakan orang-orang.

Saat diet untuk menurunkan berat badan, salah satu keluhan yang paling umum didengar adalah mereka terus-menerus merasa lapar.

Maka untuk membantu memerangi ini, Anda perlu memasukkan beberapa strategi berikut ke dalam program diet Anda.

Pertama-tama, usahakan untuk terbiasa mengonsumsi makanan berserat tinggi. Biji-bijian utuh, apel, pir, dan kacang lima adalah sumber serat yang bagus sama seperti produk sereal lainnya.

Makanan ini memang mudah dijumpai, namun jika terlalu sering mengonsumsi banyak serat hanya karena ingin merasa kenyang itu akan menimbulkan beberapa efek samping pada kesehatan.

Tetapi perlu diingat bahwa kacang-kacangan adalah sumber serat yang baik. Maka, cobalah untuk mengonsumsi produk makanan serat seperti Bean-o.

Anda disarankan untuk membagi asupan serat Anda setiap hari daripada mengonsumsi makanan serat harian Anda sekaligus.

Cara lain untuk merasa lebih kenyang saat menjalankan program diet adalah dengan banyak minum air putih.

Air menyediakan layanan penting bagi tubuh kita dan sangat diperlukan untuk mengantarkan semua nutrisi ke tubuh yang butuhkan.

Air juga membantu mengatur metabolisme tubuh Anda yang itu sangat penting untuk proses diet dan penurunan berat badan.

Selain itu, air akan membantu kulit Anda mempertahankan elastisitasnya sehingga kulit dapat lebih mudah kembali ke tempatnya setelah penurunan berat badan.

Belajarlah untuk mengontrol porsi makan Anda. Kita sekarang terbiasa hidup dengan porsi makan yang terlalu banyak dan sering, sehingga kita tidak lagi tahu seperti apa porsi yang sesuai.

Hidangan makanan di restoran seringkali lebih dari cukup untuk porsi lengkap dan itu belum termasuk salad, sup, makanan pembuka, atau makanan penutup yang dipesan.

Belajar mengambil porsi yang benar dapat menyelamatkan Anda dari kelebihan asupan kalori Anda untuk hari itu.

Ini juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan porsi lebih makanan berkalori rendah seperti selada dan sayuran lain daripada mengambil porsi besar yaitu pati kaya kalori atau makanan yang digoreng.

Jangan terlalu mengikuti nafsu makan, karena ada batasan tertentu untuk dapat dicerna oleh tubuh dan pikiran kita.

Ketika sedang diet, artinya Anda sedang membuat perubahan pada asupan kalori tubuh Anda dan jangan lakukan secara berlebihan.

Jika perubahan itu terlalu drastis, dikhawatirkan akan menimbulkan beberapa risiko kesehatan pada tubuh Anda.

Mulailah mengurangi kalori sedikit demi sedikit dan rutin memantau perubahan itu saat menjalankan program diet.

Jika Anda merencanakan program diet secara berlebihan dan tidak teratur, kemungkinan besar akan membuat diet Anda gagal.

Lakukan program diet Anda selangkah demi selangkah untuk hasil yang terbaik dan pastikan juga memasukkan aktivitas fisik tambahan ke dalam agendanya.

Aktivitas seperti berkebun, bila dilakukan secara rutin dapat membakar kalori. Begitu juga dengan membersihkan rumah, bermain atau berolahraga bersama si kecil.

Anda bisa sesekali berjalan kaki ke taman atau ke toko lalu menggunakan angkutan umum daripada harus menggunakan mobil.

Lalu Anda bisa tarik atau dorong kereta belanja saat Anda berada di sana, karena aktifitas tambahan akan menjadi cara yang cukup ampuh untuk membakar beberapa kalori berlebih.

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus dilakukan dengan pengorbanan yang besar pada tubuh Anda.

Agar berhasil melakukannya Anda harus bisa menjalankan beberapa perubahan dalam gaya hidup, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan di atas 3 kilogram.

Implikasi kesehatan dari penurunan berat badan akan sepadan dengan usaha yang dijalankan.

Hal ini tidak boleh dianggap enteng jika Anda memang bersemangat untuk membentuk tubuh baru Anda yang bersembunyi di dalam tubuh lama Anda.

Baca Juga :

Artikel Terkait