Jumat, 05 Maret 2021

Cara Bule Sabar Belanja, Menabung dan Berinvestasi Demi Masa Depan Finansial

Tags




Photo by Aaron Andrew Ang on Unsplash - 

Sebelumnya penulis sampaikan bahwa sebagian artikel di blog ini adalah artikel berbahasa Inggris dan telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia yang berisi tentang ilmu pengetahuan, pengalaman, cerita,  kejadian dan lain-lain.

Sebagai contoh adalah artikel kesabaran berbelanja, menabung dan berinvestasi ini.

Bahwa kesabaran adalah suatu kebaikan yang cukup sulit dijalankan. Hanya ada beberapa orang yang sanggup menjalankan moral dengan keunggulan seperti itu.

Akan tetapi apabila Anda berhasil melewati kesabaran, Anda dapat menghemat uang dan memperoleh keuntungan lainnya pada saat yang sama.

Untuk memahami maksudnya, silahkan baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menghemat uang dengan hanya melatih kesabaran:

1. Pertama yaitu cobalah bersabar untuk berjalan daripada mengemudi jika jarak yang ditempuh cukup mudah. Ini dapat menghemat bensin, uang parkir dan tekanan emosional saat mengemudi.

Selain itu juga berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan finansial Anda dengan menghemat uang bensin.

2. Kedua yaitu bersabarlah dalam berbelanja dan bandingkan kualitas dan harga barang sebelum Anda membelinya.

Cobalah bijak memilih pakaian pribadi hingga keanggotaan klub kesehatan, layanan pipa ledeng hingga rencana asuransi.

Lainnya yaitu bijak dalam memilih aksesori mobil hingga rumah baru, bandingkan penawaran dari 3 hingga 5 pemasok atau penyedia layanan sebelum akhirnya memutuskan satu pilihan.

Beri tahu mereka bahwa Anda membutuhkan waktu untuk mencari produk di toko lain dan mereka mungkin akan menawarkan harga hemat terbaiknya.

3. Sungguh, konsumen yang sabar adalah pemenangnya! Seperti menggunakan kupon sebanyak mungkin.

Jadi, bersabarlah dalam memotong dan memeriksa kupon sebelum melakukan pembelian apa pun. 

Contoh kupon yang saya kumpulkan sekarang adalah pembelian air mineral galon isi ulang. Dengan menukarkan 5 kupon saja bisa gratis isi ulang 1 kali.

Dan apabila sampai mengumpulkan 50 kupon maka gratis 1 galon baru yang sudah diisi. Penjual memberikan kupon dengan hitungan 1 galon 1 kupon setiap kali pengisian ulang.

Kemas bersama dengan tas belanjaan Anda atau di dalam mobil sehingga Anda dapat menggunakan voucher diskon belanja di setiap kesempatan.

Dengan begitu, Anda dapat menghemat hingga $ 20 atau Rp 280.000 sampai $ 50 atau Rp 700.000 hanya dengan menggunakan kupon.

4. Sebisa mungkin lacak pengeluaran Anda.

Bersabarlah untuk menyimpan kuitansi Anda dan mencatat semua pengeluaran Anda, tidak peduli seberapa kecil atau seringnya pengeluaran tersebut.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui ke mana setiap rupiah itu pergi, terutama untuk barang-barang yang mahal.

Selain itu, Anda akan tahu bahwasanya Anda telah menghabiskan terlalu banyak uang untuk pakaian. 

Padahal sebenarnya Anda masih perlu melunasi saldo kartu kredit Anda, atau membayar beberapa cicilan.

Intinya Anda akan lebih bisa menjaga kesehatan keuangan Anda, dengan secara sabar melacak keuangan Anda.

5. Tahan godaan dengan cara tidur atau merenungkan untuk memastikan keinginan itu perlu atau tidak!

Kesabaran ini jika Anda akan membeli barang senilai $ 100 atau Rp 1.400.000 apalagi lebih mahal dari itu.

Sebisa mungkin tunda pembelian sampai Anda memikirkannya dengan matang, misalnya merenung sampai tertidur selama 1-2 malam.

Jika setelah waktu tersebut Anda memutuskan bahwa Anda benar-benar membutuhkan dan mampu membelinya, silahkan saja.

Namun demikian, ada saatnya Anda akan terkejut menyadari betapa banyak yang dapat Anda hemat hanya dengan tidur dan memikirkan banyak hal.

6. Pelajari dan gunakan uang untuk investasi jangka panjang.

Selalu pahami bahwa ketika Anda melakukan investasi jangka panjang, Anda tidak membutuhkan uang tersebut untuk saat ini dan uang itu tidak sebagai bagian dari keperluan harian Anda.

Jika Anda telah mahir berinvestasi, uang yang dikumpulkan sebanyak itu akan menguntungkan di masa depan.

Terakhir, buktikan Anda mampu mulai hari ini menerapkan sikap sabar untuk menahan pembelian, menabung dan lakukan investasi untuk keperluan tahun-tahun mendatang!
Baca Juga :