Senin, 01 Februari 2021

Tips Program Diet Sehat Anak Agar Aktif, Pintar, Kuat dan Percaya Diri

Tags








Photo by Robert Collins on Unsplash - 

Sekarang sulit bagi kita apabila memiliki anak dengan kelebihan berat badan yang tak terkontrol karena saat berkegiatan dan belajar mereka akan cepat merasa kelelahan yang akhirnya malas.

Anak-anak seperti ini juga tidak dapat bebas berlari, melompat dan bermain dengan anak-anak lain karena tubuh mereka yang tidak memungkinkan mereka untuk melakukannya.

Bagi anak-anak ini, diet hampir menjadi kebutuhan meskipun upaya terbaik yang kami lakukan adalah untuk melindungi mereka dari masalah harga diri yang sering menyertai kondisi obesitas ini.

Jika Anda memiliki anak yang beratnya jauh di luar kisaran berat badan normal untuk usianya, Anda adalah orang yang harus berusaha dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan mereka mengurangi berat badan agar dapat menjalani kehidupan yang mungkin mendekati normal. 

Bila perlu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter anak Anda tentang tindakan terbaik untuk menurunkan berat badannya tetapi tetap mengutamakan kesehatan anak Anda.

Sejujurnya, jika Anda tidak berusaha membantu anak Anda untuk menurunkan berat badannya, maka itu akan berisiko pada kesehatan anak Anda.

Kami tidak membiarkan anak-anak kami bermain di jalan dan kami juga tidak membiarkan mereka lari-larian bermain benda tajam, lalu mengapa kami membiarkan mereka bermalas-malasan seharian tanpa melakukan apa-apa ?

Jika Anda memiliki anak yang kelebihan berat badan, tips berikut akan membantu Anda dan mereka dalam program diet sehatnya.

Pertama-tama, jangan jadikan makanan sebagai bentuk hukuman dengan tidak memberikannya jajan atau membelikan secara berlebihan sebagai hadiah atas pencapaiannya.

Karena, makanan adalah bagian dari kebutuhan untuk pertumbuhan anak-anak Anda yang tidak bisa dijadikan ukuran atas situasi tertentu.

Sebaliknya, perkenalkan mereka pada alternatif jajanan yang sehat.

Usahakan tidak mengumpulkan jajanan terlalu banyak di rumah dan jangan biarkan mereka sering membeli makan siang di sekolah.

Kemasi makan siang mereka untuk dibawa ke sekolah, sehingga Anda tahu apa yang mereka makan selama di sekolah.
Photo by kazuend on Unsplash

Jika Anda tidak membelikan mereka junk food atau makanan cepat saji, maka mereka tidak akan memilikinya di rumah.

Dan Anda dapat memastikan bahwa mereka tidak mungkin mendapatkan junk food ketika Anda pergi sebentar meninggalkan rumah.

Sebagai gantinya, tambahkanlah camilan sehat ke dalam menu makanan keluarga Anda daripada selalu menyediakan junk food.

Buah segar, potongan sayur, olahan sayur, kacang-kacangan, susu dan yogurt beku adalah camilan sehat yang baik untuk anak Anda dan keluarga. 

Jika ragu, baca dan pahamilah tentang piramida makanan dan perhatikan kalori yang dibutuhkan anak Anda dalam pelaksanaannya.

Anda pasti ingin anak-anak Anda makan makanan yang seimbang sambil menghilangkan kebiasaan makan junk food dan permen untuk hasil yang terbaik.

Kendalikan juga untuk minum jus yang manis dan makan pop corn agar tidak terlalu banyak dan keseringan. 

Ini mungkin butuh usaha yang berat bagi Anda, tetapi hadiah terbesar yang dapat diberikan kepada anak Anda adalah dengan terjaganya kesehatan mereka.

Salah satunya dengan teratur minum air mineral.

Air berfungsi untuk membuat perut mereka terasa kenyang dan menjaga mereka tetap terhidrasi untuk aktivitas tambahan yang harus Anda masukkan ke dalam rutinitas mereka.

Mintalah mereka untuk rutin bergerak seperti menari, berolahraga, berjalan atau sekadar keluar dan berlari mengelilingi halaman.

Hal terburuk yang kebanyakan orang tua lakukan adalah membiarkan anak-anak mereka menjadi zombie di depan televisi, komputer, atau terlalu kecanduan video game.

Jika sudah kelebihan berat badan penting untuk mengarahkan mereka beraktifitas di pekarangan rumah dan buat mereka aktif, karena ini dapat membantu program diet mereka.

Pertama-tama, mereka tidak akan makan cemilan berlebihan jika mereka sedang bermain di luar dan bersenang-senang dengan teman-temannya.

Kedua, mereka membakar kalori saat bermain yang merupakan bonus besar dalam proses diet untuk anak-anak ini.

Saat anak Anda mulai menurunkan berat badannya, Anda harus mulai memperhatikan perbedaan yang sangat besar tidak hanya dalam cara dia membawa dirinya sendiri tetapi juga dalam interaksinya dengan orang lain.

Anak Anda akan mengalami pemulihan dan kepercayaan diri yang baru saat berat badan mereka turun dan ejekan di sekolah berangsur berhenti.

Jika Anda sama sekali tidak tahu bagaimana membantu anak Anda mengurangi berat badannya, ada pelayanan atau konsultasi kesehatan yang dirancang khusus untuk menangani masalah berat badan dan membangun kepercayaan diri anak-anak usia 7-19 tahun.

Dengan menemui dokter anak, mungkin Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan dan keraguan yang Anda rasakan.

Jangan lupa, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah Anda harus jadi pemimpin dengan memberi mereka contoh yang baik.

Jika Anda tidak makan junk food, jika Anda aktif olahraga, dan jika Anda tidak makan berlebihan secara emosional, maka anak Anda akan mempelajari perilaku tersebut dari Anda sebagai orang yang paling dekat dengannya.
Baca Juga :