Sabtu, 27 Februari 2021

Cara Menggunakan Teleskop Hubble, Melihat Bintang Secara Langsung









Photo by ruoyu li on Unsplash - 

Merupakan impian setiap astronom amatir untuk dapat menjadi bos dari salah satu perusahaan teleskop yang bernilai jutaan dolar dan bahkan jika itu hanya selama satu jam atau untuk beberapa bidikan.

Tentu, jika saja bisa dilakukan maka mereka akan bersenang-senang dengan teropong tersebut.

Dan saat mereka meningkatkan peralatan pribadinya, mereka menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dalam menentukan apa yang ingin mereka lihat di langit.

Tetapi, sejauh ini kita hanya dapat melakukan pengamatan sampai batas anggaran yang dimiliki dalam membangun peralatan teleskopik yang sempurna.

Mungkin level selanjutnya adalah bekerja sama dengan orang lain di perkumpulan para pecinta astronomi.

Dengan mengumpulkan sumber daya yang baik, kita dapat membuat lebih banyak kemajuan dalam memperoleh peralatan yang jauh lebih canggih dan mampu memaksimalkan operasi teleskop ini.

Semua ini bagus untuk ilmu pengetahuan dan sangat menyenangkan jika kita terus mengutak-atik, bermain dengan peralatan teleskop dan selalu menemukan benda-benda "aneh" di luar sana.

Ketika kita duduk dan berkhayal tentang teleskop ukuran gedung institusi, kemampuan hebat apa yang dimilikinya itulah yang dapat menarik minat kita.

Mungkin Anda pernah berkesempatan lewat dan melihat dari jauh teleskop raksasa di Kitt Peak, Arizona, Mauna Kea, Hawaii, Palomar Mountain, California atau Mt. Locke, Texas.

Tempat itu adalah beberapa di antaranya dan saat Anda berjalan-jalan melewatinya, Anda mungkin berpikir betapa hebatnya jika saja bisa memakai teleskop itu selama satu jam.

Kabarnya observatorium besar ini tidak akan mengizinkan Anda masuk dan memutar sendiri perangkat teleskop itu.

Namun baiknya, banyak dari mereka pemilik teleskop akan melakukan pengamatan khusus untuk Anda sesuai permintaan dan memungkinkan Anda untuk melihat hasil pengamatan singkat mereka melalui internet.

Ini adalah pilihan yang terbaik bagi astronom amatir dan tentunya Anda harus persiapkan dengan cermat beberapa syarat ini:

1. Mulailah menyusun daftar teleskop besar di dunia, termasuk lokasi dan cara menghubungi mereka.

Google akan membantu Anda menemukan daftar observatorium ini dan salah satu caranya akan mengarahkan Anda ke situs direktori tertentu seperti http://astro.nineplanets.org/bigeyes.html

2. Anda bisa mulai dengan mengirimkan permintaan Anda ke observatorium tertentu melalui cara yang disarankan.

Sekarang di sinilah Anda harus menyiapkan pekerjaan rumah Anda.

Jika Anda memiliki peristiwa angkasa tertentu yang ingin Anda amati, akan ada teleskop tertentu di seluruh dunia yang akan berada pada posisi terbaik untuk mendapatkan bidikan itu untuk Anda.

Jadi pelajari dan temukan teleskop yang tepat dan kapan momen yang tepat untuk pengamatan itu akan terjadi.

Namun akan lebih cepat jika Anda abaikan dulu pilihan-pilihan tadi, karena Anda harus mengirimkan permintaan dalam banyak pilihan waktu untuk mendapatkan persetujuan.

Gunanya agar mereka segera kembali menghubungi Anda dan berinteraksi untuk menentukan apa yang Anda ingin lihat melalui teleskop mereka.

3. Ada 2 cara untuk mengarahkan operator teleskop itu.

Pertama Anda dapat memberi mereka koordinat khusus untuk difokuskan dan rincian waktu tertentu untuk melakukan pengamatan.

Cara kedua adalah memberi mereka gambar bintang, planet, atau sistem bintang tertentu untuk diamati dan biarkan mereka mengetahui koordinatnya.

Itu mungkin lebih mudah karena Anda tahu apa yang ingin Anda lihat.

4. Sekarang Anda duduk dan menunggu email observasi selesai diproses.

Anda tidak akan bisa menyaksikan mereka melakukan observasi secara langsung.

Walaupun itu menyenangkan, tetapi fasilitas itu masih belum memungkinkan. Ini adalah sebuah teleskop, bukan kamera video atau foto yang terhubung jaringan Internet.

Setelah selesai, mereka akan memposting gambar dari pengamatan Anda di website tertentu dan mengirimkan hasilnya kepada Anda melalui email untuk Anda dipelajari.

Fasilitas ini cukup keren, masih gratis dan dapat disesuaikan dengan permintaan Anda.

Saatnya Anda memamerkan kepada teman-teman Anda dengan mencetak gambar berwarna tersebut.

Lalu, katakanlah bahwa itu dari bidikan Anda sendiri melalui kerjasama khusus dengan Kitt Peak untuk melakukan pengamatan tersebut.

Pastikan mereka bahwa Anda tidak berbohong.
Baca Juga :