Jumat, 08 Januari 2021

Kenali Batasan Layanan Asuransi Kesehatan, Sebelum Ditimpa Tagihan Besar

Tags






Photo by Bret Kavanaugh on Unsplash - 

Asuransi kesehatan sering kali membutuhkan setumpuk dokumen yang memiliki banyak catatan-catatan kecil. 

Sayangnya, hanya sedikit orang yang membaca petunjuk asuransi kesehatan mereka secara menyeluruh atau tidak sepenuhnya memahami apa yang ditanggung atau tidak ditanggung dalam asuransi mereka.

Berikut adalah beberapa batasan umum dalam pertanggungan asuransi kesehatan yang harus Anda ketahui.

Beberapa batasan asuransi kesehatan ada yang paling mengejutkan ditemukan di catatan kecil dalam polis asuransi.

Misalnya, banyak orang menemukan bahwa asuransi kesehatan mereka tidak mencakup prosedur cek kesehatan rutin atau cek kesehatan saat diperlukan.

Biasanya karena mereka tidak menerima kode otorisasi khusus sebelum mendaftar prosedur atau rumah sakit tidak mengisi dokumen Anda dengan benar.

Klaim medis Anda dapat ditolak hanya karena rumah sakit menggunakan kode yang salah untuk perawatan Anda.

Meskipun klaim yang ditolak oleh perusahaan asuransi dapat disengketakan, proses ini tidak hanya membosankan, tetapi juga memakan waktu dan melelahkan, terutama bagi seseorang yang sudah sakit.

Ada juga sedikit keberhasilan dalam memenangkan klaim yang disengketakan, yang membuat opsi ini sedikit ditempuh oleh pasien.

Batasan asuransi kesehatan mengejutkan lainnya terjadi lebih sering terjadi daripada yang disadari pasien atau keluarga. 

Bayangkan situasi ini, Anda didiagnosis dengan kondisi medis dan perlu segera dioperasi. Anda mencari dan menganalisa siapa ahli bedah dan rumah sakit yang sesuai dengan Anda.

Anda memahami cakupan rencana perawatan rumah sakit Anda. Anda menjalani operasi dan kemudian Anda menemukan tagihan medis yang sangat besar di kertas tagihan Anda.

Rupanya asuransi kesehatan Anda tidak menanggung jasa ahli anestesi atau spesialis lain yang mungkin telah tercakup dalam asuransi Anda.

Oleh karena itu, Anda harus membayar biaya spesialis ini untuk layanan pengobatan mereka, meskipun Anda mendapat merasa bahwa asuransi akan menutupi biaya yang terkait dengan operasi tersebut.

Tagihan semacam itu bisa mencapai puluhan juta rupiah, dan hanya sedikit yang dapat Anda lakukan untuk membantah tagihan tersebut.

Satu-satunya cara untuk menghindari biaya ini adalah dengan memastikan bahwa Anda bertanya sebelum melakukan pengobatan atau operasi dan memastikan bahwa itu tercakup dalam asuransi kesehatan Anda.

Batasan lain juga diberikan pada sejumlah perawatan, misalnya Anda mungkin memerlukan terapi fisik atau kunjungan ke psikiater.

Banyak asuransi kesehatan akan membatasi jumlah kunjungan atau pengobatan yang ditanggung untuk perawatan medis semacam itu.

Tanpa disadari, Anda mungkin melampaui kunjungan maksimum yang diizinkan oleh asuransi kesehatan Anda dan akhirnya mendapatkan tagihan yang besar.

Banyak orang berpikir bahwa membeli asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya pengobatan, tetapi ini hanya benar asuransi-asuransi tertentu.

Saat mendapatkan asuransi, Anda harus membaca paket asuransi kesehatan Anda dengan saksama, dan ketika Anda akan menjalani prosedur medis yang mahal, pastikan untuk berkonsultasi dengan agen asuransi kesehatan Anda terlebih dahulu.
Baca Juga :

Artikel Terkait