Sabtu, 28 November 2020

Cara Membuat Anak Terikat Mengamati Alam Semesta Indah





Photo by Phil Botha on Unsplash - 

Sebagai orang tua di Amerika Serikat, mereka sering khawatir tentang hal apa yang membuat anak mereka selalu bersemangat.

Kami berharap dapat membimbing mereka untuk terbiasa dengan hal-hal yang sehat seperti kecintaan belajar, kekeluargaan dan kegiatan sosial yang sehat.

Tapi kami juga khawatir mereka akan terikat dengan orang yang salah seperti penjahat internet atau perkumpulan yang salah di sekolah.

Bukankah lebih bagus jika kita dapat memanfaatkan energi dan keinginan yang luar biasa kita untuk mengusahakan anak-anak bisa dekat dengan alam semesta melalui kecintaan pada astronomi?

Seperti yang kita tahu anak-anak terkadang senang kepada sesuatu yang Anda senangi juga.

Jadi, ada banyak cara untuk Anda bisa menciptakan kesenangan astronomi pada mereka dengan memulainya pada eksplorasi hobi astronomi yang luas dan menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa ide mewujudkan imajinasi Anda agar anak-anak menyukai bidang astronomi:

1. Buat acara pengamatan pada malam hari di halaman belakang rumah Anda.

Jika Anda tahu langit malam akan sangat mengasyikkan dengan makan malam barbekyu keluarga besar, rencanakan juga untuk mengadakan pengamatan dengan berbentang tikar dan beberapa selimut di luar sana.

Kemudian saat semua orang bermain Smartphone, Anda bersama anak-anak cukup dengan membentang tikar, taruh selimut, berbaring telentang dan mulailah menatap ke langit dengan teropong.

Seperti lelucon lama tentang menatap ke tempat yang jauh untuk menarik minat orang, anak-anak Anda akan melihat apa yang Anda lakukan dan ingin juga mengetahui apa yang sedang terjadi.

Saat Anda membiarkan mereka melihat ke atas, keingintahuan mereka akan membara seperti api dan mereka mulai terpikat.

2. Kunjungi dan jelajahi beberapa desa atau kota lain, karena terkadang sulit untuk melihat susunan indah bintang yang luas dari kota tempat kita tinggal.

Jadi, jika Anda mengumumkan bahwa akan menunjukkan kejutan kepada mereka suatu malam dan meminta mereka untuk masuk ke dalam mobil, keingintahuan mereka akan menjadi liar saat di perjalanan keluar kota.

Ketika Anda menemukan tempat taman, lapangan, atau sisi danau yang tenang, yang harus Anda lakukan hanyalah menunjuk dan berkata "lihat lah itu" dan kemegahan langit malam akan menyelesaikan sisanya.

3. Memberikan hadiah Natal yang spesial.

Anda dapat membelikan anak Anda teleskop pemula yang terjangkau dan tahan lama bersama dengan beberapa peta bintang biasa yang ditulis khusus untuk anak-anak.

Bayangkan ketika mereka membuka kado menarik ini dan ingin tahu bagaimana cara menggunakannya. 

Dengan Anda menyiapkan teleskop baru di musim salju untuk menunjukkan kepada mereka hal-hal hebat yang akan mereka lihat di kosmos dengan hadiah yang diinginkan Sinterklas maka itu adalah karunia astronomi.

4. Perlihatkan kehebatan dan kekuatan hujan meteor pada mereka. Jadi, Anda dapat terus memantau peristiwa yang telah diprediksi oleh pengamat langit di daerah Anda.

Ketika hujan meteor besar berikutnya akan meledak di daerah Anda, berdoalah agar cuaca malam itu terlihat cerah supaya anak-anak Anda bisa bersemangat tentang apa yang akan mereka lihat.

Saat lampu mulai padam dan Anda bisa menciptakan narasi yang menyenangkan dan menarik untuk pertunjukan dramatis ini, anak-anak akan menjadi pecandu seumur hidup untuk pengalaman luar biasa yang bisa didapat sebagai siswa astronomi.

5. Rencanakan acara kejutan dengan sesuatu yang bisa Anda penuhi.

Misalnya, saat berlibur, Anda dapat merencanakan rute perjalanan lintas provinsi untuk membawa keluarga Anda mengunjungi tempat yang memiliki fasilitas teleskop bernilai milyaran rupiah di negara Anda.

Dengan mencari tahu informasi tempat itu sebelumnya, pastikan mereka mengadakan acara yang bertepatan dengan kunjungan Anda.

Bayangkan saja jika mereka dapat melihat teleskop yang lebih besar dari tempat itu dan mungkin melihat sesuatu pemandangan kosmik yang menakjubkan, maka itu akan menjadi liburan yang hebat.

Astronomi adalah kegiatan yang bagus untuk diperkenalkan dalam perjalanan liburan keluarga.

Saat keluarga duduk di sekitar api setelah malam yang menyenangkan berkemah, yang harus Anda lakukan hanyalah melihat ke atas dan berkata "Wow, lihat itu!".

Ketika kepala-kepala kecil itu melihat ke atas, mereka akan melihat kembali ke bawah, dan anak-anak mungkin telah merubah kecintaannya menjadi anak-anak yang jatuh cinta dengan bintang-bintang.

Astronomi adalah hasrat yang sehat untuk anak-anak Anda dan yang dapat mereka amati dan pelajari sepanjang hidup mereka.

Dan mungkin tidak ada hadiah yang lebih baik yang bisa Anda berikan kepada mereka selain cinta bintang, sains, dan alam yang semuanya terhubung kepada alam semesta melalui ilmu astronomi.
Baca Juga :