Jumat, 07 Agustus 2020

Panduan Orang Tua Mendapatkan Bantuan Keuangan Perguruan Tinggi Anak







Photo by Damon Hall on Unsplash - 

Banyak yang percaya bahwa menjadi orang tua adalah momen paling membahagiakan dalam hidup seorang manusia.

Mungkin Anda masih ingat keseruan yang Anda rasakan saat istri Anda melahirkan anak pertama.

Ada kalanya Anda tidak bisa tidur karena ingin menjaga anak Anda bahkan di tengah malam. Anda pasti ingin memastikan bahwa dia akan tidur nyenyak sepanjang malam.

Benar bahwa kebahagiaan datang bersama kehadiran anak-anak dalam keluarga. Namun, kebahagiaan tersebut bisa diraih jika Anda cukup bertanggung jawab dengan anak-anak Anda.

Anda perlu memenuhi semua kebutuhan mereka, mulai dari masa bayi hingga mereka menempuh pendidikan.

Meskipun akan sangat menguras tenaga dan pikiran Anda, Anda memiliki tanggung jawab kepada anak-anak, terutama dalam memberi mereka pendidikan yang mereka butuhkan.

Jika Anda memiliki anak yang sekarang akan kuliah, Anda harus memikirkan kebutuhan finansial mereka.

Mungkin Anda masih ingat tahun-tahun kuliah Anda sendiri dan menyadari kebutuhan finansial menjadi seorang mahasiswa biasa.

Namun, perbedaannya adalah Anda sekarang adalah orang tua dan sekarang akan menjadi orang yang memikirkan pembayaran lain.

Pembayaran yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi anak-anak Anda, seperti pendaftaran perguruan tinggi, pengeluaran ujian penilaian skolastik, wisuda, alat tulis dan lainnya.

Tambahan kebutuhan jika ada uang sewa penginapan dan makanan anak-anak Anda jika kampus atau universitas jauh dari tempat tinggal.

Memikirkan semua pengeluaran terkait perguruan tinggi ini bisa membuat kewalahan dan mengganggu pikiran, terutama jika gaji Anda tidak cukup untuk mendukung pengeluaran tersebut dan kebutuhan keuangan keluarga Anda kurang baik pada saat yang sama.

Tetapi jika Anda tahu bagaimana mendapatkan bantuan keuangan perguruan tinggi untuk anak-anak Anda, maka semuanya akan berjalan lancar.

Bagaimana Anda akan memulai pencarian bantuan keuangan perguruan tinggi untuk anak-anak Anda?

Berikut beberapa kiat yang bisa Anda mulai:

1. Ketika anak-anak Anda masih di Sekolah Menengah Atas, Anda harus mulai mencari universitas potensial yang menawarkan beasiswa perguruan tinggi untuk mahasiswa baru yang layak serta program bantuan keuangan yang didanai oleh berbagai organisasi.

Anda dapat memulai pencarian Anda di Internet untuk mencari kemungkinan opsi bantuan keuangan perguruan tinggi untuk anak-anak Anda.

2. Setelah Anda menemukan calon universitas, kunjungi kantor utama mereka dan tanyakan tentang beasiswa perguruan tinggi atau penawaran bantuan keuangan.

3. Selalu tanyakan tanggal cut-off / penutupan pengajuan dan penyerahan formulir aplikasi bantuan keuangan perguruan tinggi.

4. Beri tahu anak Anda tentang pentingnya beasiswa bagi pendidikan perguruan tinggi mereka.

Buat mereka sadar bahwa mereka memiliki banyak pilihan untuk dipertimbangkan selama mereka memiliki catatan perilaku baik di sekolah menengah.

Dengan cara ini, Anda akan dapat memotivasi mereka untuk belajar lebih giat dan mendapatkan nilai bagus, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan bantuan keuangan yang diinginkan.

5. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengajukan aplikasi pada program bantuan keuangan yang didanai oleh pemerintah Federal/Pusat/Daerah.

Perguruan tinggi dan universitas milik negara menawarkan bantuan keuangan semacam ini kepada siswa yang memenuhi syarat dan berhak yang ingin melanjutkan studi perguruan tinggi meskipun mengalami kesulitan keuangan.

Contohnya di Negara Amerika Serikat mahasiswa dapat mengirimkan FAFSA (Free Application Form Student Aid) secara pribadi.

6. Pastikan Anda telah melengkapi semua persyaratan FAFSA, seperti laporan rekening bank saat ini, catatan pendapatan bulanan, informasi hipotek saat ini, dan lainnya.

Anda juga harus memahami hak atau keuntungan khusus sebelum menerima bantuan keuangan untuk anak-anak Anda. Anda juga dapat memeriksa apakah bantuan keuangan dapat diperbarui atau tidak.

Dengan berbagai program bantuan keuangan seperti beasiswa perguruan tinggi dan hibah federal, Anda yakin akan masa depan cerah bagi anak-anak dan terlepas dari kesulitan keuangan yang sedang Anda alami.
Baca Juga :

Artikel Terkait