Senin, 03 Agustus 2020

Apa Itu Hibah Beasiswa atau Bantuan Keuangan Pendidikan Tinggi ?







Photo by Element5 Digital on Unsplash - 

Apakah Anda tahu berapa biaya untuk pendidikan Anda atau anak Anda di suatu perguruan tinggi ? Apakah Anda sudah membuat skema terbaik terkait pembiayaan pendidikan anak ?

Maksudnya di sini adalah mari bersama-sama kita hadapi kenyataan bahwa pendidikan tinggi itu mahal!

Banyak orang tua melakukan pekerjaan sampingan ketika anak-anak mereka sedang mempersiapkan dan berharap untuk memasuki universitas negeri atau swasta.

Ada banyak hal yang meliputi biaya pendidikan di perguruan tinggi dan biaya semester hanyalah sebagian dari gambaran besar untuk masuk ke perguruan tinggi.

Pengeluaran sehari-hari lainnya termasuk makanan, transportasi, perumahan, uang jajan, dan biaya lain-lain yang bila ditambahkan dapat menciptakan porsi besar dalam membiayai pendidikan di perguruan tinggi.

Banyak keluarga di zaman sekarang ini bahkan jika mereka termasuk masyarakat kelas atas, berpikir untuk mengajukan permohonan bantuan keuangan.

Hibah dan beasiswa di perguruan tinggi adalah jenis bantuan keuangan yang paling baik. Terdapat juga beasiswa dari pihak swasta atau dari daerah asal mahasiswanya.

Program hibah dan beasiswa tidak mengharuskan siswa atau keluarga untuk membayar kembali.

Bantuan ini terdiri dari dua jenis:

(1) Berdasarkan kebutuhan, yang diberikan karena ketidakmampuan keuangan siswa dan keluarga secara keseluruhan, dan

(2) Berdasarkan prestasi, bakat siswa seperti dalam olahraga adalah pertimbangan utamanya. Kemampuan akademik siswa juga berada di bawah hibah perguruan tinggi prestasi dan beasiswa.

Seringkali, hibah perguruan tinggi dan beasiswa menggabungkan prestasi dan kriteria kebutuhan untuk memudahkan dan agar tepat sasaran seluruh proses bantuan keuangan.

Banyak siswa dan keluarga mereka sedang mencari bantuan keuangan jenis ini.

Namun, hibah dan beasiswa perguruan tinggi akan terbatas, dibandingkan dengan meningkatnya jumlah siswa dari tahun ke tahun.

Di Amerika Serikat siswa yang memenuhi persyaratan dapat memanfaatkan pihak swasta dan sejumlah program beasiswa daerah atau negaranya.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Hibah Pell Federal atau Nasional.

Ini adalah program yang didanai secara nasional yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada pelajar sarjana yang memenuhi syarat untuk mengejar pendidikan pasca sekolah menengah atas.

Hibah dan beasiswa semacam ini diberikan kepada mereka yang belum menyelesaikan gelar sarjana muda.

Nilai hibah dapat bervariasi dari tahun ke tahun dan akan sangat tergantung pada kebutuhan keuangan siswa, biaya yang akan dikeluarkan saat menghadiri universitas atau perguruan tinggi yang dipilih, dan ketersediaan dana dari pemerintah nasional.

Jenis hibah ini akan membuka peluang bagi siswa untuk memanfaatkan bantuan keuangan yang berhasil dari pemerintah nasional.

Hibah Peluang Pendidikan Tambahan Federal (FSEOG). Ini adalah program untuk mahasiswa sarjana berkelanjutan dengan kebutuhan pendanaan yang luar biasa.

Namun, tidak semua siswa dapat memanfaatkan jenis hibah ini. Karena ini akan tergantung pada kelayakan siswa dan ketersediaan keuangan sekolah yang bersangkutan.

Bentuk lain dari bantuan keuangan yang dapat diperoleh siswa dan keluarga adalah melalui pinjaman. Jenis bantuan keuangan ini harus dibayar kembali pada tempo yang telah ditetapkan.

Kebutuhan keuangan keluarga harus dipertimbangkan secara seksama untuk menghindari pembayaran suku bunga yang tinggi.

Anda juga harus memahami semua ketentuan lembaga pemberi pinjaman seperti jadwal pembayaran dan suku bunga, sebelum peminjaman atau pada saat membuat komitmen.

Studi kerja adalah bentuk bantuan keuangan yang meminta siswa untuk melakukan pekerjaan demi membantu biaya pendidikan perguruan tinggi mereka.

Studi kerja biasanya dilakukan di kampus dan merupakan bentuk bantuan keuangan paling umum di semua universitas dan perguruan tinggi swasta.

Biasanya, para siswa akan memberikan layanan ke sekolah tinggi selama 10 hingga 15 jam per minggunya.

Pengurusan beasiswa, hibah, dan program bantuan keuangan lainnya untuk memperoleh pendidikan tinggi sangat beragam, kadang membingungkan, dan bahkan bisa menjengkelkan.

Namun yang terpenting untuk diketahui yaitu bantuan pendidikan perguruan tinggi adalah jenis investasi yang tidak bisa kita lalaikan.

Karena, pendidikan penting untuk masa depan dan bantuan keuangan adalah sesuatu yang sangat membantu mahasiswa dan orang tua.
Baca Juga :

Artikel Terkait