Jumat, 21 Agustus 2020

9 Fakta Menarik dan Jarang Diketahui Tentang Serat

Tags









Jika Anda sedang mencari cara untuk menjalani diet oktan atau karbohidrat tinggi, Anda akan sadar bahwa serat adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan.
Photo by Calum Lewis on Unsplash

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa serat memiliki banyak manfaat, orang sering mengabaikan bahan makanan yang terdapat nutrisi ini.

Untuk membantu meningkatkan pengetahuan Anda tentang serat, berikut 9 fakta untuk membantu memahami betapa pentingnya serat:

1. Serat dapat melawan penyakit.

Diet dengan menggunakan kandungan serat yang tinggi dapat membantu mencegah kanker usus besar dan penyakit jantung. 

Serat juga dapat membantu tubuh menghilangkan kolesterol di saluran pencernaan. Ternyata, selama ribuan tahun pun, serat  sudah sering digunakan untuk menghentikan sembelit.

2. Serat dapat membatasi orang untuk makan berlebihan.

Semua makanan yang berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah dan dicerna, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Makanan yang populer tidak memiliki cukup serat.

Jika Anda lebih menyukai makanan yang populer, maka Anda hanya akan mendapat sedikit kandungan serat, sehingga sangat penting untuk beralih ke makanan yang dapat meningkatkan asupan serat.

4. Biji-bijian adalah makanan yang mengandung serat paling banyak.

Serat makanan sebenarnya adalah material tanaman yang tidak dapat kita cerna dengan sempurna. Salah satu sumber terbaik yang dapat kita konsumsi adalah biji-bijian.

5. Anak-anak juga sangat membutuhkan serat.

Anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun harus sering mengonsumsi asupan serat.

Anak-anak sangat mudah menerima serat yang terkandung di dalam buah-buahan, sayuran, dan bahkan sereal sarapan yang ia makan setiap hari.

6. Lebih banyak mengonsumsi serat, berarti tubuh membutuhkan lebih banyak air.

Untuk menjaga serat tetap mengalir melalui saluran pencernaan, Anda perlu mengonsumsi banyak air.

Dengan pola makan yang banyak mengandung serat, Anda membutuhkan delapan gelas atau lebih banyak air setiap hari.

7. Serat tidak bisa hilang walau dimasak terlalu lama. 

Saat Anda memasak atau mengupas buah dan sayuran, jangan khawatir jika seratnya akan hilang. Karena serat yang ditemukan dalam buah dan sayuran tidak hanya terdapat di kulitnya saja.

8. Anda tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung serat secara berlebihan.

Jika Anda mengonsumsi lebih dari 50 gram serat dalam sehari, Anda bisa terkena diare dan kembung, yang dapat mengganggu penyerapan mineral penting lainnya oleh tubuh.

Contohnya pada buah nangka yang mengandung serat dan protein.

9. Mendapatkan jumlah serat yang tepat dalam makanan, ternyata tidak sulit.

Meskipun Anda sempat berpikir mendapatkan makanan yang memiliki kandungan serat sangat sulit, ternyata memperoleh jumlah serat yang dibutuhkan setiap hari sangatlah mudah.

Yang harus Anda lakukan adalah makan makanan yang sehat, maka Anda akan menjadi orang yang memiliki gaya hidup yang kaya akan serat.

Sebagai salah satu bahan utama untuk makan makanan yang sehat, serat adalah sesuatu yang pasti Anda tidak ingin lewatkan.

Serat dapat melayani berbagai tujuan hidup Anda untuk lebih sehat seperti yang telah dibahas di atas. 

Jika Anda tidak mendapatkan cukup serat saat melakukan diet, Anda harus melakukannya sekarang juga daripada menunggu sampai terlambat.

Beberapa sumber makanan yang berserat adalah jagung, alpukat, kacang-kacangan (jenis kacang-kacangan, seperti kacang putih, kacang hitam, dan kacang merah), brokoli, tomat, dan beras merah.
Baca Juga :