Sabtu, 18 Juli 2020

Pentingnya Rutinitas Perawatan Kulit dan Inilah Teknik Terbaiknya

Tags





Artikel I. Perawatan Kulit Adalah Rutinitas, Bukan Musiman

Kita semua tahu pentingnya perawatan kulit diri sendiri. Pendapat tentang cara melakukan perawatan kulit berbeda antara setiap orang.
Photo by Taylor on Unsplash

Beberapa orang percaya bahwa pergi ke salon kecantikan setiap hari adalah contoh perawatan kulit yang sempurna.

Tetapi, bagi yang lain percaya bahwa perawatan kulit hanyalah masalah mengoleskan krim atau lotion pada kulit Anda setiap saat diperlukan.

Lalu ada juga orang yang berpikir bahwa perawatan kulit adalah kegiatan yang perlu dilakukan hanya sebulan sekali atau setahun sekali.

Bagi sebagian lainnya, sibuk pula dengan perawatan kulit yang dilakukan hampir sepanjang waktu dan itu kelihatan terlalu berlebihan.

Namun faktanya, perawatan kulit pribadi tidak begitu rumit dan juga tidak semahal seperti yang orang fikirkan mengingat betapa bermanfaatnya kegiatan itu.

Perawatan kulit seharusnya berada pada rutinitas atau prosedur terbaik agar memenuhi kebutuhan akan kulit sehat Anda.

Bahkan sebelum memulainya sebagai rutinitas, Anda perlu menentukan jenis kulit Anda apakah berminyak, kering, sensitif atau lainnya.

Anda juga perlu memilih produk perawatan kulit yang cocok, maka Anda mungkin harus bereksperimen dengan beberapa produk perawatan kulit pribadi terlebih dahulu.

Berikut ini adalah rutinitas yang harus dikerjakan oleh kebanyakan orang dengan ketentuan kulit normal.

Hal utama dalam rutinitas perawatan kulit adalah pentingnya cleansing. Memperhatikan 3 bahan utama pembersih yaitu minyak, air, dan surfaktan atau zat pembasah.

Minyak dan surfaktan mengekstrak kotoran dan minyak dari kulit, sedangkan air untuk membilasnya setelah itu, sehingga membuat kulit Anda menjadi bersih.

Anda mungkin harus mencoba beberapa pembersih sebelum menemukan yang paling cocok untuk kulit Anda.

Namun, disarankan Anda harus selalu menggunakan pembersih yang bebas kandungan sabun.

Selain itu, Anda harus menggunakan air hangat sedang untuk membersihkannya dengan maksud jangan menggunakan air terlalu panas dan dingin, karena keduanya menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.

Berhati-hatilah agar Anda tidak membersihkan atau menggosokkan kulit Anda secara berlebihan dan pada akhirnya dapat merusak kulit Anda.

Hal kedua yang harus diketahui pada rutinitas perawatan kulit adalah proses pengelupasan kulit. Kulit mengikuti proses pemeliharaan alami di mana kulit mengangkat sel-sel mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru.

Pengelupasan merupakan proses yang terjadi pada waktu yang telah ditentukan oleh tubuh.

Namun, sel kulit mati itu tidak mampu meresap produk perawatan kulit dengan baik walaupun tetap mengenainya, sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kulit baru.

Jadi, kita perlu membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati itu sendiri untuk meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit itu bekerja.

Pada umumnya, pengelupasan kulit terjadi setelah kita melakukan pembersihan dan pembilasan dengan air.

Seperti halnya prosedur perawatan kulit, penting bagi Anda untuk memahami seberapa banyak pengelupasan kulit yang wajar untuk Anda.

Lakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) 4-5 kali per minggu untuk kulit berminyak atau normal dan 1-2 kali per minggu untuk kulit kering atau sensitif.

Lakukan eksfoliasi beberapa kali lebih banyak pada cuaca sangat panas dan sangat lembab atau dingin.

Hal berikutnya pada rutinitas perawatan kulit adalah menggunakan produk pelembab. Ini juga salah satu hal terpenting dalam perawatan kulit.

Bahkan orang dengan kulit berminyak pun membutuhkan sebuah pelembab. Pelembab tidak hanya mempertahankan kelembaban di sel-sel kulit Anda, tetapi juga menyerap kelembaban dari air kapan pun dibutuhkan.

Namun, penggunaan pelembab yang terlalu banyak dapat menyumbat kulit untuk bernafas dan akhirnya merusak kulit Anda.

Jumlah pelembab yang dibutuhkan oleh kulit Anda untuk penggunaan selanjutnya kira-kira dalam waktu 1 minggu setelah Anda menggunakan pelembab.

Selain itu, mengoleskan pelembab sangat baik dilakukan pada saat kulit Anda masih lembab alami. Hal terakhir pada rutinitas perawatan kulit pribadi adalah penggunaan tabir surya.

Banyak pelembab seperti krim siang hari atau pelembab lainnya tersedia dengan perlindungan UV (Ultra Violet), sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat ganda darinya.

Pelembab seperti itu biasanya direkomendasikan untuk penggunaan yang tidak bergantung cuara, walau saat cuaca cerah atau berawan.

Sekali lagi, bereksperimen dengan berbagai produk perawatan kulit dan juga dengan jumlah yang perlu Anda terapkan adalah bagian penting dalam proses ini sampai Anda menemukan hasil terbaik.

Dan juga apa yang memberikan Anda hasil terbaik dalam hal ini adalah resep dan teknik perawatan kulit pribadi itu sendiri karena setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda-beda.

Namun, jika Anda memiliki semacam dilema atau kelainan kulit yang lain, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit, sebelum Anda benar-benar mulai menggunakan produk perawatan kulit yang dijual dipasaran.

Mungkin, seperti yang disampaikan di awal artikel tadi penting juga untuk mencuci kulit wajah di tempat atau salon yang disarankan namun tidak sesering mungkin karena akan ada biaya lebih di sana.
Baca Juga :