Jumat, 24 Juli 2020

Ini Dia Resep Rahasia Perawatan Kulit Wajah yang Kering

Tags





Kondisi kulit kering adalah sesuatu yang tidak bisa kita abaikan. Kulit kering menyebabkan pecahnya lapisan kulit bagian atas dan memberikan penampilan yang benar-benar buruk.
Photo by Anastasia Vityukova on Unsplash

Penyebab utama kulit kering meliputi yaitu iklim kering/panas, perubahan hormon, terlalu banyak pengelupasan kulit dan kelainan saat perawatan kulit lainnya.

Selain itu, kekeringan bisa menjadi sifat alami kulit seseorang. Apa pun penyebabnya, perawatan kulit kering sangat penting dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Perawatan kulit kering dimulai dengan penggunaan pelembab, obat paling efektif untuk kulit kering.

Umumnya pelembab diklasifikasikan dalam 2 kategori berdasarkan cara kerjanya dalam perawatan kulit kering.

Kategori pertama adalah pelembab yang memberikan perawatan kulit kering hanya dengan menjaga atau mengunci kelembaban yang ada di dalam kulit, misalnya Vaseline.

Pelembab ini relatif murah dan tersedia di berbagai apotek atau toko kosmetik bahkan di toko barang harian.

Kategori kedua meliputi pelembab yang berfungsi dengan menarik kelembaban dari lingkungan dan memasoknya ke kulit.

Ini adalah cara yang sangat efektif untuk perawatan kulit kering ketika cuaca dalam kondisi lembab. Pelembab yang menyediakan perawatan kulit kering dengan cara ini juga disebut humektan.

Untuk perawatan kulit kering yang tepat, Anda harus menggunakan pelembab yang tidak terlalu banyak mengandung minyak.

Humektan itu sendiri termasuk dalam kategori ini. Bahan-bahan humektan terdiri atas propilen glikol, urea, gliserin, asam hialuronat, dll

Perawatan kulit kering itu bukan hanya menggunakan pelembab dengan asal-asal tetapi juga harus menggunakannya dengan benar.

Prosedur perawatan kulit kering yang terbaik adalah selalu membersihkan kulit sebelum mengaplikasikan pelembab.

Anda dapat membuat perawatan kulit kering Anda lebih efektif dengan menerapkan pelembab saat kulit masih lembab atau setelah kulit dibersihkan.

Pastikan juga Anda menggunakan produk bebas sabun terutama di wajah, leher, dan lengan.

Pengelupasan kulit alami sebenarnya membantu dalam perawatan kulit kering yaitu dengan mengangkat sel-sel kulit mati.

Namun, jangan jika Anda membantu pengelupasan dengan pembersihan, usahakan jangan terlalu keras menggosoknya.

Prosedur atau produk perawatan kulit kering Anda juga harus memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.

Hindari terkena paparan sinar matahari yang terlalu banyak dan langsung atau hanya dengan menggunakan payung, topi, dan helm yang tidak terlindungi dengan baik.

Baiknya gunakan juga lotion tabir surya sebelum bepergian. Banyak pelembab memberikan perlindungan terhadap sinar matahari, bersama dengan manfaatnya untuk perawatan kulit kering.

Anda juga memiliki produk alami untuk perawatan kulit kering yaitu produk yang memberikan perawatan tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.

Produk perawatan kulit kering ini memasok peningkatan lipid ke kulit, sehingga memungkinkan retensi/ketahanan kelembaban di dalam kulit.

Hal lain yang penting untuk perawatan kulit kering adalah suhu air yang Anda gunakan untuk mandi atau untuk mencuci wajah.

Gunakan air hangat sedang saja, karena air yang terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan kulit kekeringan juga.

Perawatan kulit kering juga tentang bersikap lembut dengan kulit Anda. Anda harus menghindari deterjen keras dan pembersih mengandung alkohol.

Penting juga untuk diingat setelah mencuci muka, jangan menggosok handuk ke wajah Anda, cukup tepuk lembut untuk mengeringkan air.

Secara keseluruhan, perawatan kulit kering sangat sederhana dilakukan bagi siapa saja yang menganggapnya itu penting.
Baca Juga :