Jumat, 31 Juli 2020

Cara Keluarga di Amerika Berlindung di Ruang Keamanan Khusus

Tags





Kita tahu, sering ada adegan film yang menayangkan tentang ruangan khusus yang dimiliki hampir setiap warga Amerika untuk tempat mereka berlindung ketika terjadi keadaan darurat.
Photo by Bernard Hermant on Unsplash

Jika di sana banyak keluarga membuatnya, namun di Indonesia khususnya di sekitar lingkungan rumah saya sangat jarang atau bahkan tidak pernah melihat ruangan yang demikian.

Mungkin karena pembuatan ruangan yang mahal, penempatan yang strategis serta perlunya perlengkapan-perlengkapan khusus yang harus ada di dalamnya.

Ruang keamanan, yang juga dikenal sebagai ruang kepanikan, adalah lokasi aman di dalam rumah atau bangunan kantor, hotel dan sebagainya.

Bangunan ini dirancang untuk memberikan keamanan bagi keluarga selama terjadi serangan teroris, bencana alam, pencurian, atau jenis ancaman lainnya.

Kamar yang aman adalah investasi yang ideal untuk setiap pemilik rumah, meskipun kamar yang lebih kuat dengan tingkat keamanan yang tinggi biasanya ditemukan di rumah orang kaya.

Ada sebagian dari mereka yang memiliki banyak uang benar-benar tidak memiliki catatan penganggaran yang baik.

Karena itu mereka dapat dengan mudah menghabiskan puluhan juta uang untuk menjadikan kamar yang aman sebagai tempat terbaik untuk pergi jika terjadi keadaan darurat.

Bagi sebagian besar dari kita, ruang yang aman adalah lokasi yang dapat dengan mudah dijangkau oleh anggota keluarga untuk bersembunyi, atau meminta bantuan dalam situasi darurat.

Anda tidak perlu benar-benar panik dan meletakkan dinding serta pintu baja di ruangan tersebut, meskipun Anda memang membutuhkan pintu yang dibentengi dan dengan dinding yang dibentengi pula.

Anda dapat memiliki pintu yang terbuat dari kayu atau bahan lain, meskipun kuncinya adalah bahan yang sangat sulit untuk didobrak.

Apa pun jenis pintu yang Anda pilih, kusen pintu harus terbuat dari baja, agar kunci pintu tidak mudah dibobol.

Hampir penting bahwa ruang keamanan Anda tidak memiliki jendela atau lubang besar apa pun. 

Menambahkan jendela dapat memberikan celah untuk pencuri, yang jelas-jelas itu tidak Anda inginkan. 

Anda juga harus memastikan bahwa Anda menyimpan telepon di dalam ruangan, bersama dengan air, peralatan P3K, makanan, dan segala jenis senjata pertahanan yang bisa Anda dapatkan.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk menyimpan persediaan medis di ruang aman, jika saja Anda membutuhkannya.

Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, tidak mungkin untuk memprediksi berapa lama Anda akan dikunci di kamar aman Anda ketika keadaan darurat terjadi.

Karena itu, Anda harus selalu memikirkan ventilasi, pencahayaan, dan bahkan kebersihan ruangan. 

Terkunci di kamar selama beberapa hari atau bahkan mungkin berminggu-minggu dapat memengaruhi kebersihan Anda.

Itulah sebabnya Anda harus menyimpan peralatan pembersih yang tepat di ruang keamanan Anda setiap saat.

Alasan mengapa kebanyakan orang berinvestasi di ruang yang aman adalah karena pencuri, mereka menghadirkan ancaman yang nyata.

Tidak peduli di mana Anda tinggal, atau seberapa baik lingkungan itu, pencurian dapat terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Ketika perampokan terjadi, hal terakhir yang ingin Anda coba lakukan adalah melawan para pencuri, atau berusaha untuk bernegosiasi dengan mereka tentang apa yang mereka ingin ambil.

Ketika Anda memiliki kamar yang aman, Anda dapat membawa keluarga Anda ke sana di saat keadaan darurat.

Anda harus selalu memastikan bahwa semua orang di keluarga Anda tahu di mana ruang aman itu berada dan bagaimana cara mengaksesnya.

Jika Anda memiliki anak, Anda harus mengajari mereka tentang ruangan keamanan dan betapa pentingnya hal itu.

Ruangan itu seharusnya tidak pernah digunakan untuk tujuan rekreasi atau untuk anak-anak Anda bermain. 

Sebaliknya, itu hanya boleh digunakan jika terjadi keadaan darurat atau tempat untuk Anda dan keluarga Anda bersembunyi.

Jika Anda telah memiliki beberapa ruangan yang aman atau hanya tertarik membuatnya satu, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda menyimpan persediaan yang tepat untuk berjaga-jaga.

Ketika Anda akhirnya menggunakan ruang keamanan, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda menyimpan kunci untuk membuka ruangannya dan pastikan tidak ada orang lain yang bisa masuk. 

Ketika Anda berada di ruangan itu, Anda dapat menghubungi pihak berwenang setempat, kemudian menunggu di dalamnya sampai mereka tiba ke rumah Anda dan masalah selesai.

Jangan pernah, dalam situasi apa pun Anda keluar dari kamar aman Anda sebelum polisi tiba.

Jika pencurian terjadi dan Anda nekat untuk keluar dengan tidak ada perbekalan senjata atau keahlian lainnya maka Anda hanya akan memperburuk situasi.
Baca Juga :