Senin, 25 Mei 2020

Tips Jitu dan Panduan Penganggaran Dana Darurat dan Tujuan Finansial Masa Depan

Tags




Artikel I. Tips Jitu Penganggaran untuk Dana Darurat?

Dana darurat dianggap sebagai kebutuhan sejauh menyangkut keamanan finansial, karena dapat menyediakan sumber daya finansial yang dapat digunakan.
Photo by Estée Janssens on Unsplash

Dan tempat bergantung seseorang ketika darurat muncul sehingga ketika seseorang sakit dan saat memiliki beban membayar medis yang besar, tagihan, atau perbaikan rumah atau mobil besar yang tak terduga.

Ketika seseorang tidak memiliki dana darurat, masih dapat berkewajiban untuk memperoleh hutang pada kartu kredit Anda yang mungkin membutuhkan beberapa tahun untuk membayar dengan bunga yang nantinya akan jauh lebih mahal.

Namun dengan menyisihkan dana $ 30 hingga $ 50 atau Rp 450.000 sampai Rp 700.000 setiap bulan di rekening tabungan darurat individu, seseorang dapat pengamanan dari keadaan darurat apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Dalam melakukan ini, disarankan agar seseorang menganggap dana darurat sebagai tagihan tambahan, yang harus dibayar tepat waktu setiap bulan.

Ya, seseorang harus dapat menganggarkan dan mengalokasikan uang ekstra untuk dana darurat, karena ini sangat signifikan ketika seseorang mengacu pada masa depan keuangan nya.

Di sini, tujuannya adalah untuk menciptakan penghematan dari menganggarkan penghasilan Anda. Tabungan darurat idealnya harus sama dengan setidaknya 3 bulan pengeluaran hidup Anda dan keluarga.

Yang penting adalah Anda harus secara teratur menyisihkan sejumlah uang dan hanya menggunakannya untuk keadaan darurat nyata.

Tidak seperti investasi, keberhasilan dana tabungan jangka panjang seseorang tidak benar-benar bergantung pada jumlah pengembalian atau bunga.

Tetapi pada penempatan sejumlah uang yang tetap secara terus-menerus dan mantap sehingga memiliki akses pengambilan langsung ke sana setiap saat.

Terlepas dari status keuangan seseorang, langkah awal dalam proses membangun dana darurat adalah dengan mengetahui di mana uang Anda saat ini sedang dikonsumsi atau dibelanjakan.

Ketika seseorang mengenali dan menentukan di mana pendapatannya dihabiskan, maka akan mudah bagi seseorang untuk memilih dan membuat keputusan di mana harus memangkas pengeluaran. Dengan kata lain, penganalisaan anggaran.

Penganggaran adalah memindahkan atau menyisihkan uang untuk penggunaan yang diantisipasi dan tidak terduga di masa depan.

Di sinilah seseorang menetapkan tujuan untuk menghemat. Jadi tetapkan dana darurat sebagai tujuan Anda.

Memeriksa, menabung, rekening pasar uang dan sertifikat deposito, adalah tempat yang bagus untuk menyimpan uang tunai seseorang yang mungkin diperlukan dengan pemberitahuan cepat.

Jumlah yang dihemat dari penganggaran dapat digunakan untuk tujuan tabungan, dana darurat atau keduanya.

Seseorang dapat memanfaatkan uang yang disimpan dari penganggaran biaya keuangan dengan menabung setengahnya ke rekening tabungan Anda dan setengahnya untuk keadaan darurat.

Dengan cara ini, Anda mencapai tujuan Anda dalam penghematan dan pada saat yang sama memasukkan dana untuk penggunaan darurat. Itu semua adalah pilihanmu.

Artikel II. Panduan untuk Program Penganggaran Lebih Baik

Metode penganggaran pada dasarnya adalah rencana keuangan yang menguraikan tujuan keuangan Anda.

Menjalankan penganggaran, Anda dapat membangun dan mengatur dana dengan baik, menetapkan dan mencapai tujuan keuangan Anda dan membuat keputusan lebih lanjut tentang bagaimana Anda ingin keuangan Anda berfungsi dengan baik untuk Anda.

Gagasan utama dalam penganggaran adalah agar Anda menyisihkan sejumlah uang untuk biaya yang diharapkan maupun yang tidak terduga.

Sederhananya, penganggaran berarti estimasi pengeluaran rumah bulanan berdasarkan pada pengeluaran dan tagihan sebelumnya.

Langkah awal yang harus diambil dalam penganggaran adalah untuk mengetahui berapa lama kompensasi Anda akan bertahan.

Definisikan pengeluaran tetap seperti pembayaran mobil, sewa rumah, asuransi, dll. Demikian pula, tindak lanjut pengeluaran Anda secara menyeluruh selama sebulan sehingga Anda dapat menemukan dan memahami ke mana dana Anda pergi.

Melalui penentuan pola pengeluaran yang tepat, Anda dapat segera mengidentifikasi solusi untuk penganggaran yang efektif.

Misalnya, ketika Anda memiliki penghasilan bulanan stabil $ 4.000 atau Rp 56.000.000 dalam kurs Rp 14.000 per USD, Anda harus mengurangi semua tagihan bulanan Anda yang diidentifikasi dari penghasilan itu.

Tagihan lainnya dapat dinilai dan kemudian dikurangkan dari jumlah penghasilan Anda.

Keseimbangan yang tersisa setelah biaya tetap sekarang dapat menjadi anggaran Anda di rumah tangga.

Daripada mengalokasikan uang untuk bermacam-macam seperti gas, pakaian, hiburan dan bahan makanan, perencanaan keuangan akan memungkinkan Anda untuk menggunakan proporsi atau persentase dari semua kebutuhan itu.

Solusi strategis agar penganggaran berhasil adalah ketidakfleksibelan dan fleksibilitas yaitu ada biaya tetap sehingga pembayaran harus menjadi faktor yang tidak fleksibel.

Penganggaran akan bekerja dengan baik ketika kelalaian yang sangat langka dibuat sampai batas yang lebih besar.

Idenya di sini adalah untuk merumuskan tujuan dan rencana, kemudian mematuhinya sebanyak mungkin.

Berikut tips tentang cara membuat anggaran:

1. Memiliki manajemen uang yang baik.

Sikap Anda sangat penting. Mencapai kesepakatan, kompromi dan mengetahui pentingnya mengurangi pengeluaran yang itu semua melibatkan banyak pengorbanan.

2. Rencanakan situasi Anda. Buat daftar dengan penghasilan Anda di satu sisi dan biaya di luar dugaan Anda pada sisi lainnya.

3. Ketahui perbedaan antara kemewahan dan kebutuhan. Tuliskan apa yang Anda yakini sebagai kemewahan yang dengan itu dan coret keluarkan dari daftar.

4. Berlatih berhemat tetapi bermartabat. Anda bisa bersenang-senang dengan sedikit atau tanpa belanja sama sekali.

Daripada pergi berbelanja ke mall, bermainlah dengan anak-anak walau hanya di pantai atau di taman.

Penganggaran adalah alat yang efektif dan mendasar yang tersedia untuk semua orang. Pertimbangkan kebiasaan hidup itu dan dapatkan manfaat langsung darinya.
Baca Juga :