Senin, 25 Mei 2020

Program Penganggaran yang Berhasil dan Rahasia Cerdasnya

Tags




Artikel I. Tetap Menjadi Berguna: Program Penganggaran yang Berhasil

Menganggarkan pengeluaran bulanan Anda untuk mendapatkan pengembalian terbesar dari penghasilan Anda dan mungkin bahkan menyisihkannya sebagian untuk ditabung!
Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Tidak harus sangat sulit. Berbagai program dan metode penganggaran tersedia untuk dipelajari dan digunakan.

Program pengelolaan uang memberi Anda paket biasa yang memungkinkan Anda untuk mengetahui arus kas masuk dan keluar, mengkategorikan pengeluaran Anda, dan kadang-kadang menyajikan kepada Anda analisis perilaku pengeluaran Anda.

Melalui program-program ini Anda juga dapat memasukkan berbagai pembayaran yang harus Anda lakukan setiap bulan dan kemudian melacak jika Anda telah membayar iuran tepat waktu.

Selain itu, beberapa program juga menawarkan Anda draft formulir pajak yang akan membantu Anda memastikan Anda tidak kehilangan iuran atau pengurangan dalam hal pembayaran itu.

Alat penganggaran lain yang dapat Anda gunakan adalah kupon. Berbagai toko dan majalah berisi kupon yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan diskon pada berbagai produk.

Jika ada kebutuhan untuk membeli produk tertentu yang memiliki kupon untuk Anda, Anda akhirnya akan menghemat sebagian dari apa yang mungkin harus Anda belanjakan untuk pembelian reguler.

Memiliki daftar belanja apakah di selembar kertas, pada ponsel Anda, atau pada asisten digital pribadi Anda (PDA) akan membantu Anda tetap fokus pada apa yang harus Anda beli, dan pada dasarnya, melacak pembelian yang Anda lakukan.

Contoh klasik adalah pada saat melakukan belanja rutin Anda. Sebelum melakukan perjalanan, rencanakan seluruh menu minggu ini dan identifikasi barang dan bahan makanan apa yang perlu Anda beli yang tidak tersedia di dapur Anda.

Kemudian, buatlah daftar barang-barang rumah tangga lain yang Anda kehabisan atau akhirnya akan habis sebelum Anda dapat melakukan perjalanan berikutnya ke toko bahan makanan.

Berbekal daftar ini, Anda dapat pergi ke toko dan tahu persis ke mana harus pergi dan apa yang akan Anda beli.

Tanpa daftar ini, Anda akan berjalan santai di sepanjang gang, dan kemungkinan akan mengambil berbagai makanan yang mungkin tidak akan Anda butuhkan dalam waktu dekat atau sudah ada di rumah.

Sistem pengarsipan mungkin salah satu alat penganggaran terbaik yang dapat Anda miliki di rumah Anda.

Dengan folder dan file yang sederhana serta berlabel, Anda dapat mengumpulkan tagihan, kwitansi, dan dokumen bank apa pun yang diberikan kepada Anda saat Anda menabung atau membayar tagihan.

Dengan mengumpulkan tagihan Anda, kwitansi kartu kredit Anda, dan sejenisnya, Anda dapat melacak berapa banyak Anda berutang dan kapan pembayaran Anda jatuh tempo.

Alat penganggaran yang efektif adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai konsumen.

Buat alat penganggaran Anda sendiri atau temukan program untuk melakukannya serta pastikan itu sesuai dengan gaya hidup Anda.

Artikel II. Sedikit Melangkah Lebih Jauh: Rahasia Cerdas Penganggaran

Tidak ada yang kita inginkan selain untuk dapat mengelola uang kita secara efisien. Lagi pula, uang yang ingin kita kelola adalah uang yang seringkali sulit didapat.

Di sinilah penganggaran perlu dilakukan. Anggaran yang dikelola dengan benar akan membantu Anda melihat ke mana uang Anda pergi, mendapatkan lebih banyak utilitas dari setiap uang, dan membantu Anda menghemat ekstra untuk penggunaan di masa mendatang.

Rahasia pintar pertama untuk suatu anggaran adalah dengan menetapkan tujuan. Apa yang ingin Anda capai?

Apakah Anda ingin menyesuaikan penghasilan Anda dengan benar ke dalam pembayaran tagihan?

Apakah Anda ingin menyisihkan jumlah untuk pembelian besar atau investasi besar?

Dengan memiliki tujuan, Anda akan dapat membentuk anggaran Anda untuk melayani kepentingan Anda dengan sebaik-baiknya.

Kedua, Anda ingin mencatat ke mana uang Anda biasanya pergi. Ini termasuk tagihan, pembelian besar tapi reguler seperti biaya bahan makanan, biaya perawatan, dan sejenisnya, dan pembelian lain-lain setiap hari.

Hanya ketika Anda menuliskan di mana Anda tahu uang Anda biasanya pergi Anda dapat mengidentifikasi keperluan mana yang dapat Anda lakukan tanpa banyak biaya.

Setelah Anda mengidentifikasi pengeluaran rutin ini, pertimbangkan apa yang dapat Anda kurangi. Berapa banyak yang Anda habiskan untuk mengonsumsi kafein harian di pagi hari?

Berapa banyak yang Anda keluarkan untuk pengiriman surat kabar ke pintu depan Anda?

Apakah sebesar $ 2 atau $ 5 dari pembelian kecil ini secara kumulatif berarti lebih dari $ 3600 setahun!

Alih-alih membeli majalah mahal Anda atau membaca koran di media cetak, sisihkan jumlah yang biasanya Anda bayarkan untuk pembelian rutin kecil ini dalam celengan kecil.

Anda akan terkejut melihat seberapa banyak Anda menabung dari kebiasaan pengeluaran lama Anda.

Hutang adalah lingkaran setan bagi pelakunya. Hal ini berbicara tentang pembayaran berkelanjutan, belum lagi suku bunga yang besar.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membayar rutin semua hutang Anda untuk menghindari pembayaran biaya keterlambatan yang tidak perlu.

Apa pun kelebihan uang tunai yang Anda miliki, Anda dapat memilih untuk menambah pembayaran yang Anda lakukan dalam utang terbesar Anda.

Dengan cara ini, Anda berkonsentrasi untuk menyelesaikan utang terbesar terlebih dahulu yang dikenakan bunga paling tinggi.

Melakukan hal ini secara progresif, Anda akan kagum pada seberapa banyak Anda akan terbebas dari hutang besar Anda.

Langkah terakhir dan paling penting adalah menuliskan jumlah uang yang Anda peroleh dan jumlah uang yang Anda belanjakan.

Anda dapat menggunakan program manajemen kas komputer atau membuat lembar basis data Anda sendiri.

Buat sistem yang bekerja untuk Anda dan akan membantu Anda melacak kemajuan penganggaran bulanan Anda.
Baca Juga :