Rabu, 08 April 2020

Perencanaan Anggaran: Alat Manajemen Keuangan Utama dan Mengapa Harus Direncanakan ?

Tags




Artikel I. Perencanaan Anggaran: Alat Manajemen Keuangan Utama

Seorang tukang kayu menggunakan seperangkat denah rumah untuk membangun sebuah rumah. Tidak mungkin jika dia ingin ke kamar mandi tetapi tidak membuat denahnya.
https://freedesignfile.com/upload/2018/04/Man-holding-money

Ilmuwan Rocket tidak akan pernah memulai konstruksi roket pendorong baru tanpa spesifikasi desain yang terperinci.

Namun sebagian besar dari kita sering mengambil langkah secara membabi buta ke suatu tindakan tanpa mempunyai gagasan tentang keuangan dan tanpa rencana sama sekali.

Tentu tidak terlihat pintar bukan?

Rencana uang atau disebut juga dengan rencana anggaran adalah sangat penting untuk membawa kita ke tujuan keuangan yang kita inginkan.

Tanpa rencana kita akan hanyut tanpa arah dan berakhir terdampar di karang finansial yang jauh dan dalam.

Jika Anda memiliki pasangan atau orang penting lainnya, Anda harus membuat anggaran ini bersama.

Duduk dan cari tahu apa tujuan keuangan bersama keluarga Anda pertimbangkan untuk jangka panjang dan jangka pendek.

Kemudian rencanakan rute Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Setiap perjalanan dimulai dengan satu langkah dan langkah pertama untuk mencapai tujuan Anda adalah membuat anggaran realistis yang bisa Anda jalani bersama.

Anggaran seharusnya tidak pernah menjadi diet yang menyebabkan kelaparan finansial. Itu tidak akan berhasil untuk jangka panjang.

Buat alokasi yang wajar untuk makanan, pakaian, tempat tinggal, utilitas dan asuransi lalu sisihkan jumlah yang wajar untuk hiburan dan barang mewah sesekali. Mengisi tabungan harus selalu didahulukan sebelum pengeluaran apa pun.

Bahkan sejumlah kecil simpanan akan membantu Anda mencapai tujuan finansial jangka panjang dan pendek Anda.

Anda dapat menemukan banyak formulir/tabel anggaran di internet. Cukup gunakan mesin pencari yang Anda pilih dan ketik "formulir atau tabel anggaran gratis".

Anda akan mendapatkan banyak informasi dan contoh tabel anggaran yang bermanfaat. Cetak satu dan kerjakan bersama pasangan Anda atau orang penting lainnya.

Anda berdua harus senang dengan hasil akhir dan merasa seperti itu adalah sesuatu yang dapat Anda pertahankan.

Artikel II. Mengapa Saya Harus Membuat Rencana Anggaran?

Anda mengatakan Anda tahu kemana uang Anda pergi dan Anda tidak perlu semuanya ditulis untuk mengikutinya?

Saya berikan Anda tantangan ini. Pantau setiap ribu rupiah yang Anda habiskan selama satu bulan dan maksud saya setiap ribu contohnya 1000 - 9000 rupiah.

Anda akan dikejutkan oleh apa yang ditambahkan dengan biaya dua, tiga hingga lima bulan.

Ambil total yang Anda habiskan hanya pada satu item yang tidak perlu untuk bulan itu, kalikan dengan 12 bulan dalam setahun dan kalikan hasilnya sebanyak 5 kali untuk menghitung 5 tahun.

Hitungan itu adalah untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran yang Anda lakukan dan jika bisa Anda selamatkan hanya dalam lima tahun.

Pengalaman itu dari teman saya yang merupakan adalah alasan utama mengapa kita semua membutuhkan perencanaan anggaran.

Jika kita dapat mengendalikan pengeluaran kecil yang benar-benar tidak penting bagi keseluruhan skema kehidupan kita, kita dapat menikmati kesuksesan finansial.

Hal-hal kecil sering kali tidak benar-benar diperhitungkan. Memotong apa yang Anda habiskan untuk makan siang dari Rp 70.000 sehari menjadi Rp 50.000 sehari pada setiap hari kerja dalam lima hari kerja.

Maka Anda dapat menghemat Rp 20.000 dalam seminggu, Rp 80.000 sebulan, Rp 960.000 setahun Rp 4.800.000 dalam lima tahun dan ditambah bunga.

Lihatlah apa yang saya maksudkan, itu benar-benar hal-hal kecil dan Anda masih makan siang setiap hari.

Itupun hanya hitungan untuk satu orang yang dapat menghemat uang dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan penghematan pada satu hal yang sangat Anda butuhkan.

Ada banyak tempat untuk memotong pengeluaran jika Anda pandai mencarinya.

Tetapkan beberapa tujuan jangka panjang dan jangka pendek tertentu. Tidak ada jawaban yang salah di sini karena ini adalah proses pembelajaran.

Jika hal itu penting bagi Anda, maka letakkan itu dalam kelompok yang terpenting.

Jika Anda ingin dapat membayar uang muka rumah, memulai dana kuliah untuk anak-anak Anda, membeli mobil sport, berlibur ke Bali atau apa pun itu maka itu adalah tujuan Anda dan alasan untuk menguasai situasi keuangan Anda sekarang.
Baca Juga :