Senin, 23 Maret 2020

Adakah Sekarang Hobi Koleksi Perangko dan Batu ?

Tags




Artikel I. Zaman Dahulu di Dunia Pendidikan Ada Mengoleksi Perangko

Pengumpulan prangko, juga dikenal sebagai filateli (penghobi koleksi perangko), adalah masa lalu yang populer dan cukup mendidik.
https://freedesignfile.com/ : /Logistics-mail

Kolektor perangko menyimpan perangko dari surat-surat, terutama yang dari negara lain. Mereka juga mencari prangko lama yang seakan mewakili masa lalu.

Penggemar perangko dapat ditemukan di mana-mana. Buku catatan dan amplop glassine mereka yang penuh dengan prangko sangat menarik untuk dilihat. Banyak perangko yang mereka kumpulkan itu sangat berharga juga.

Bahan yang dibutuhkan untuk memulai koleksi prangko termasuk album prangko dan alat pemasangan khusus yang disebut engsel (penjepit).

Alat yang menurut Anda berguna adalah sepasang penjepit kecil atau penjepit untuk mengangkat perangko tua yang hati-hati dan kaca pembesar untuk menemukan detail lembarannya.

Filatelis awal dapat mulai dengan perangko pada surat yang tiba hari ini juga. Untuk menghapus prangko dari amplop, sobek amplop dari sekitar prangko dengan hati-hati agar tidak merobek prangko itu sendiri.

Sekarang rendam cap di air hangat. Potongan amplop yang tersisa akan terlepas, memungkinkan Anda mengangkat perangko dari air dengan penjepit.

Letakkan perangko di atas kertas penyerap atau tisu. Saat kering, letakkan buku yang berat di atas prangko untuk meratakannya.

Sebagai masa lalu, pengumpulan prangko membutuhkan ketelitian dan kerapian. Tempatkan perangko yang kering dan ratakan dalam album dengan menggunakan salah satu engsel, atau simpan di salah satu amplop glassine kecil yang unik untuk tempat mengumpulkan prangko.

Banyak kolektor berspesialisasi dalam mengumpulkan alat peringatan (commemorative stamp) yang tersedia saat ini sebagaimana digunakan waktu lalu dan sekarang berganti nama sebagai materai.

Desain perangko bervariasi, indah dan terlihat menarik. Alat peringatan dokumen sah ini adalah prangko khusus yang dirilis oleh kantor pos untuk waktu yang terbatas.

Mereka dapat ditempelkan pada surat untuk peringatan kepada sesorang atau surat pengingat acara khusus.

Sebagian besar negara mencetak perangko peringatan dari waktu ke waktu. Prangko Amerika menampilkan kehidupan liar, seniman, barang antik, dan banyak tema lainnya.

Bahkan, ada kontes tahunan di mana anak-anak sekolah Amerika berlomba untuk menggambar gambar terbaik bebek liar. Seni bebek yang terbaik akan ditampilkan pada perangko.

Cara yang menyenangkan bagi seorang anak muda untuk membangun koleksi perangko asing adalah dengan menemukan beberapa sahabat pena di negara asing pada masanya.

Kegiatan ini membantu orang berteman dan memperluas pandangan mereka. Ada juga perusahaan yang akan mengirim koleksi pengantar prangko asing untuk mendapatkan pelanggan pengumpul prangko di kotak surat mereka. Koleksi-koleksi ini biasanya berwarna-warni dan berisi berbagai macam perangko.

Mengoleksi perangko adalah masa lalu yang mendidik. Koleksi prangko terkadang menjadi sangat berharga bagi orang yang tepat.

Jika Anda mencari hobi baru atau nostalgia masa lalu, mengumpulkan prangko mungkin cocok untuk Anda!

Artikel II. Mengoleksi Batu Hias Adalah Hobi yang Sulit Ditolak
https://freedesignfile.com/ : /Magical-natural-rock

Mengoleksi batu adalah hobi yang menarik untuk sebagian anak-anak dan kebanyakan pada orang dewasa.

Walaupun batu itu biasa, murah, dan ditemukan di mana-mana, ragamnya sangat besar. Batuan yang terkumpul dapat ditampilkan dalam banyak cara, dari taman batu hingga pajangan yang dikumpulkan dengan rapi, membuat mengumpulkan batu adalah hobi yang serbaguna.

Saat mengumpulkan batu, Anda akan segera mengetahui bahwa batu dapat dikategorikan dalam tiga jenis sesuai asal-muasalnya.

Batuan sedimen terbentuk ketika sedimen, seperti pasir atau lanau, ditekan bersama-sama karena beratnya sendiri atau berat air, dan akhirnya menjadi padat.

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk oleh aktivitas gunung berapi. Jenis ketiga dari batuan yang cocok untuk dikoleksi adalah batuan metamorf  seperti batuan sedimen yang telah diubah melalui panas dan tekanan yang hebat.

Jenis lain dari pengumpulan batu adalah mengumpulkan mineral, permata, dan kristal. Mineral murni secara teknis tidak sama dengan batu, tetapi cocok bila disandingkan dengan hobi koleksi batu.

Mineral termasuk hal-hal seperti pirit, juga dikenal sebagai emas berkilau dan kuarsit yang terlihat hampir seperti berlian.

Bagi sebagian orang, pengumpulan batu merupakan gerakan penyelamatan batu cantik dari berbagai tempat yang mereka kunjungi dan untuk disimpan sebagai suvenir.

Jika batu-batu ini besar, mereka dapat digunakan untuk pemandangan jalan masuk ke suatu tempat atau memulai taman batu.

Jika mereka kecil, mereka bisa melapisi jendela. Labeli dengan penanda titik halus jika diinginkan. Sertakan tanggal dan lokasi batu itu ditemukan.

Jenis pengumpulan batuan souvinir tidak memerlukan banyak penyelidikan ilmiah, tetapi mengidentifikasi batuan dan mineral tidak.

Berbagai jenis batuan terkadang dapat dibedakan dengan mudah. Sebagai contoh, batuan sedimen sering terlihat seperti partikel yang direkatkan.

Batu pasir adalah contoh umum dari ini. Mereka juga terkadang memiliki lapisan datar yang terlihat.

Batuan metamorf, di sisi lain, kadang-kadang memiliki lapisan, tetapi lapisan itu telah bengkok sehingga tidak lagi terbentang rata di atas batu.

Saat mengumpulkan batu, batuan beku bisa membuat beberapa penemuan yang paling menarik.
Obsidian adalah batuan beku yang terlihat seperti pecahan kaca hitam.

Batu itu mengkilap dan keras serta digunakan untuk membuat panah di masa lalu oleh penduduk asli Amerika.

Batu apung adalah batuan beku menarik lainnya yang bentuknya keropos, membuatnya sangat ringan hingga melayang. Batu ini biasanya digunakan untuk membersihkan dan menggosok kapalan di kaki orang.

Perlu diingat ketika pengumpulan batuan bahwa berbagai wilayah di dunia memiliki jenis batuan yang berbeda.

Di Midwest Amerika, misalnya, ada banyak batu sedimen, tetapi batuan metamorf dan batuan beku kurang umum ditemukan.

Di Appalacians, di sisi lain, Anda dapat menemukan batuan metamorf seperti gneiss dan schist. Yang jelas di mana pun Anda tinggal, Anda pasti akan menemukan hobi mengumpulkan batu yang sulit ditolak!
Baca Juga :