Rabu, 05 Februari 2020

Tips untuk Makan Sehat Sehari-Hari dan Tetap Sehat Saat Liburan Tiba

Tags








Di tengah musimnya penyakit saat ini salah satunya adalah Virus Corona, kita wajib untuk selalu menjaga kesehatan.

Baik itu dari segi kebersihan, kebiasaan sehari-hari, atau dari segi makanan. Makanan yang kita konsumsi haruslah bersih, sehat dan terhindar dari segala bakteri jahat.

Berikut ini merupakan 2 (dua) artikel tentang tips makan sehat sehari-hari dan makan sehat saat Anda liburan.

Artikel I: Tips untuk Makan Sehat Sehari-Hari

Makan sehat adalah cara menyeimbangkan makanan yang Anda makan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.
https://freedesignfile.com/

Dengan makan sehat, Anda akan memiliki energi sepanjang hari, mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, tetap kuat untuk kegiatan yang Anda nikmati, dan menjaga berat badan yang ideal.

Di bawah ini, Anda akan menemukan tips yang dirancang untuk membantu Anda mencapai makan sehat sehari-hari:

1. Jangan melewatkan jadwal makan apapun alasannya (kecuali bagi yang berpuasa)

Makan 3 kali sehari makanan (4 sehat 5 sempurna) ditambah dengan camilan di antaranya adalah cara ideal untuk mempertahankan energi dan berat badan yang sehat.

Ketika Anda melewatkan waktu makan dan merasa lapar, Anda cenderung memilih makanan yang tidak baik untuk Anda.

Terkecuali bagi Anda (Muslim) yang sedang berpuasa disarankan untuk makan makanan sehat saat sahur dan berbuka untuk mempertahankan energi sepanjang hari.

Jika Anda sedang beraktifitas di luar rumah, bawa makanan yang anda masak sendiri atau mencari tahu di mana tempat Anda bisa membeli makanan sehat.

2. Pelajari tentang berbagai cara menyiapkan makanan

Alih-alih menggoreng bahan masakan, cobalah sesekali memanggang, gunakan microwave, membuat kue, dan bahkan merebus.

Anda juga harus mencoba bumbu dan rempah-rempah segar atau bahkan kering untuk menambah rasa makanan Anda. Sebelum Anda makan jenis daging apa pun, pastikan untuk mengurangi lemak dan kulitnya.

3. Hindari banyak gula

Minuman yang mengandung gula adalah sumber utama energi kosong. Artinya, minuman itu mengandung banyak energi yang mungkin tidak dibutuhkan tubuh Anda, dan tidak mengandung vitamin atau mineral.

Jika Anda berencana untuk minum minuman manis, jangan berlebihan dan batasi diri Anda hingga hanya 1 kali sehari.

4. Hindari memikirkan diet ketat

Tidak ada makanan baik atau pun makanan buruk. Semua makanan bisa menjadi bagian dari diet sehat, jika dimakan dalam jumlah sewajarnya. Seperti "Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang"

Anda tidak perlu membeli barang yang murah karbohidrat, bebas lemak, atau bahkan makanan diet ketat, karena makanan ini biasanya memiliki banyak bahan tambahan lainnya untuk menggantikan karbohidrat atau lemak.

Artikel II: Tips untuk Makan Sehat Saat Liburan

Ketika liburan tiba, banyak orang lupa semua tentang diet mereka dan makan makanan sehat. Kenaikan berat badan antara 7 - 10 pon adalah hal yang biasa saat perayaan Halloween dan Natal.

Agar liburan lebih mudah, tips ini akan membantu Anda bagaimana makan sehat sepanjang musim dan tidak menambah berat badan.

Sebagian besar makanan tradisional bisa dibuat rendah lemak. Di Turki sangat menghindari daging tanpa kulit, dan saus dapat dibuat tanpa lemak.

Kentang yang disajikan tanpa mentega bisa sangat sehat. Kue labu yang dicintai ini bergizi, meskipun bisa dibuat menjadi makanan penutup yang berlemak dengan menambahkan krim kocok.

Meskipun liburan sedang berlangsung, jangan lupakan latihan pola makan ini. Menjaga berat badan selama musim liburan adalah cara membakar kalori ekstra.

Anda harus membiasakan jalan kaki setelah makan, parkir lebih jauh dari toko ketika Anda berbelanja, dan berjalan-jalan di sekitar mal sebelum Anda mulai berbelanja.

Selama pesta liburan dan makan malam keluarga, silakan mencicipi makanan meskipun Anda tidak harus berbelanja secara royal.

Tentukan apa yang Anda rencanakan untuk makan di muka, kemudian patuhi rencana Anda. Makan banyak sayuran, buah, saus rendah lemak, dan irisan daging tanpa lemak.

Sebelum Anda pergi ke pesta, makan camilan kecil untuk membantu mengekang nafsu makan Anda saat berada di pesta.

Jika memungkinkan, hindari konsumsi alkohol. Mengkonsumsi terlalu banyak minuman dapat mengurangi kemauan Anda untuk makan dan juga menambah kalori berlebih pada diet Anda.

Ada baiknya minum air mineral ditambah dengan lemon. Air dapat membantu membatasi nafsu makan dan mencegah Anda dari binging (pola makan tidak terhindari). Pastikan juga untuk menghindari eggnog, karena setiap gelas dapat memiliki hingga 300 kalori.

Jadilah fleksibel dengan makan sehat Anda, karena satu kali makan makanan yang buruk tidak akan merusak diet Anda.

Cobalah untuk menyeimbangkan kalori Anda selama beberapa hari demi kesehatan Anda dan jangan hanya menerapkan untuk satu kali makan atau sehari saja.
Baca Juga :