Sabtu, 22 Juni 2019

10 Saran Sukses dari Jack Ma Sang Pendiri Alibaba (2019 : $39 Milliar USD)

Tags









Alibaba merupakan salah situs E-Commerce terbesar pada saat ini yang pendirinya dikenal dengan Jack Ma dengan total kekayaan yang saya searching di google yaitu $39.000.000.000 pada tahun 2019.

Apa yang membuatnya sesukses itu tentu yang utama adalah berani mencoba, berkorban, semangat, kerja keras dan kerja cerdas.

Berikut adalah 10 tips sukses dari Jack Ma sang pendiri Alibaba:

1. Temukan Peluang yang Bagus

Jika Anda ingin tumbuh, temukan peluang yang bagus. Hari ini, jika Anda ingin menjadi sebuah perusahaan besar, berpikir tentang apa permasalahan sosial yang dapat Anda selesaikan.

2. Minta "si bodoh" untuk Memimpin Jalan

Orang-orang cerdas membutuhkan orang "bodoh" untuk memimpin mereka. Ketika keseluruhan tim adalah sekelompok ilmuan, yang terbaik adalah memiliki si bodoh untuk memimpin.

Cara berpikirnya berbeda. Lebih mudah untuk menang jika Anda melihat orang-orang dari perspektif yang berbeda.

3. Fokus Pada Satu Kelinci

Jika ada kelinci yang bagus di tanah dan jika Anda ingin menangkapnya, fokus saja pada satu. Anda dapat memiliki apa pun yang Anda inginkan, tapi Anda tidak memiliki semua yang Anda inginkan.

Fokus adalah segalanya. Hanya lakukan hal-hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Tetap fokus pada misi Anda dan rentangkan tujuan.

4. Jangan Pernah Meniru Pesaing Anda

Anda harus belajar dari pesaing Anda, tetapi jangan pernah meniru. Jika meniru maka kamu akan mati. Artinya akan mematikan kreatifitas Anda.

5. Seorang Pemimpin Harus Menjadi Seorang Visioner

Kualitas dari seorang pemimpin yang baik adalah memiliki visi, keuletan, dan kemampuan. Seorang pemimpin haruslah seorang visioner dan memiliki pandangan jauh ke depan daripada seorang karyawan.

6. Bangun Tim yang Kuat

Jika kita adalah tim yang bagus dan tahu apa yang ingin kita lakukan, salah satu orang dari perusahaan kita akan bisa mengalahkan sepuluh orang dari perusahaan pesaing.

7. Berikan Tugas dengan Tepat Kepada Karyawan

Seorang pemimpin tidak boleh membandingkan keterampilan teknisnya dengan karyawannya. Seorang pemimpin harus memiliki kesabaran dan ketekunan yang lebih tinggi, dan mampu menanggung apa yang tidak bisa dilakukan karyawan.

8. Bekerja dengan Penuh Semangat

Dalam menjalankan e-commerce , hal terpenting adalah tetap melakukan apa yang Anda lakukan sekarang dengan hasrat atau niat yang kuat untuk terus melakukannya.

Orang-orang sukses menang karena mereka mencintai apa yang mereka lakukan. Mereka yang memiliki keinginan besar dibidangnya.

Hasrat (passion) adalah sesuatu yang Anda cintai. Sesuatu yang membuat Anda bersemangat. Sesuatu yang membangunkan Anda lebih cepat untuk bekerja atau membuat Anda bergadang.

9. Memiliki Kesabaran

Hal yang sangat penting yang harus Anda miliki adalah kesabaran. Hari ini kejam. Besok lebih kejam. Dan lusa itu indah.

10. Jangan Pernah Menyerah

Menyerah adalah kegagalan terbesar. Jika Anda tidak menyerah, Anda masih memiliki kesempatan. Dan ketika Anda merasa kecil, Anda harus sangat fokus dan bergantung pada otak Anda, bukan kekuatan Anda.

Sebagai tambahan poin di atas, ada beberapa kutipan inspirasional dari Jack Ma:

1. Saya bukan orang teknologi. Saya melihat teknologi dengan mata pelanggan saya, mata orang biasa.

2. Saya suka bermain kartu. Saya tidak terlalu baik, karena saya tidak ingin menghitung, saya hanya bermain dengan naluri. Tetapi saya telah belajar banyak filosofi bisnis dengan bermain poker.

3. Kita akan berhasil karena kita masih muda dan kita tidak akan pernah, tidak pernah menyerah.

4. Jika kita pergi bekerja jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore, ini bukan perusahaan teknologi tinggi dan Alibaba tidak akan pernah berhasil. Jika kita memiliki semangat 8-ke-5 semacam itu, maka kita harus pergi dan melakukan sesuatu yang lain.

5. Tidak masalah jika saya gagal. Setidaknya saya meneruskan konsep itu kepada orang lain. Bahkan jika saya tidak berhasil, seseorang akan berhasil .

6. Pembicaraan damai selalu sulit, selalu rumit.

7. Saya ingin orang belajar apa arti demokrasi

Seorang karismatik dan pemimpin Jack Ma, pendiri Alibaba, memulai perusahaan dengan 18 temannya dari apartemen kecil di tahun 1999, di Hangzhou.

Dalam beberapa tahun, Alibaba tumbuh menjadi perusahaan e-commerce Cina terbesar. Alibaba mencetak rekor pada 2014 ketika memposting penawaran umum perdana yang mengumpulkan $ 21 800.000.000 di New York Stock Exchange. Itu adalah penawaran terbesar sejauh ini yang terjadi pada perusahaan terdaftar di AS.

Jack Ma, seorang mantan guru bahasa Inggris yang dikenal sebagai "Jack Ma gila", percaya bahwa Internet dapat digunakan untuk bisnis pada saat ketika konsep itu tidak pernah terdengar. "Jack Ma Gila" muda ditolak lamaran pekerjaannya oleh beberapa pimpinan di Cina, termasuk KFC.

Pada tahun 2009, seorang pria yang memulai usahanya dari bawah, Ma disebut dalam daftar Time 100 dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Dia juga pengusaha Cina pertama yang muncul di sampul Forbes.

Pada 10 Mei 2013, Jack Ma pensiun dari jabatannya sebagai CEO Alibaba Group. Keesokan harinya, ia menjadi Ketua Dewan Program Konservasi Alam Tiongkok.

Artikel diartikan dan diperbaharui dari http://www.1000ventures.com/
Baca Juga :