Minggu, 17 Maret 2019

Contoh Lengkap Proposal Biaya Pendidikan Bagi Guru Ditujukan ke Perusahaan Swasta

Tags






LOGO DAN KOP PERUSAHAAN/KANTOR

Kota, 00 Bulan 0000

Nomor : 000/00/0000
Lampiran : 0 berkas
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Pendidikan

Kepada Yth., Pimpinan
PT. Perusahaan Tujuan
di-
Kota .............

Dengan hormat,

Teriring salam dan do’a kami ucapkan kepada Bapak/Ibu, semoga dalam keadaan sehat serta sukses dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Bersama ini kami mengajukan permohonan bantuan dana pendidikan untuk diberikan ke guru yang sedang menempuh pendidikan Strata Satu (S1) pada perguruan tinggi di Kota ....... Nantinya dipergunakan untuk biaya semester dan keperluan pendidikan dengan rincian terlampir dalam proposal ini.

Berdasarkan perhitungan dari bukti pembayaran uang semester dan keperluan pendidikan lainnya, maka dana yang dibutuhkan sebesar Rp.10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah), dengan rincian terlampir dalam proposal ini. 

Demikian permohonan bantuan ini kami sampaikan atas perhatian dan bantuan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

KEPALA STAF,
PENDIDIKAN SMP

NAMA
Jabatan
Nip. 00000000000000 0 000

KEPALA BIDANG,
PENDIDIKAN SMP

NAMA
Jabatan
NIP. 00000000000000 0 000

Mengetahui,
KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KOTA ..............

NAMA
Jabatan
NIP. 00000000000000 0 000

PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN BEASISWA

A. PENDAHULUAN

Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara. Artinya pemerintah berhak memberikan peluang sebesar-besarnya kepada tiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan. Akan tetapi keterbatasan perekonomian masyarakat menjadi pengaruh besar dalam pencapaian pendidikan yang tinggi.

Hal ini juga terjadi pada sebagian guru yang sedang menempuh pendidikan di universitas, dimana terdapat keterbatasan yang dimiliki dan mahalnya biaya pendidikan sangat mempengaruhi keberlanjutan pendidikannya.

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan dari kemerdekaan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan rakyat. Namun sejak beberapa dekade belakangan ini tujuan itu telah mengalami pergeseran.

Hal ini terlihat dari agenda pembangunan yang telah dibuat oleh para pemimpin-pemimpin bangsa. Penciptaan sumber daya manusia melalui pendidikan masih rendah jika dibandingkan dengan sektor-sektor lain. Akibatnya dapat dirasakan sekarang dimana kualitas SDM bangsa ini menjadi belum maksimal.

Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah suatu upaya untuk mengembangkan kualitas atau kemampuan Sumber Daya Manusia agar mampu mengolah dan mengelola sumber daya alam sehingga dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sebagai akhir dari tujuan pembangunan itu sendiri.

Oleh karena itu, kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota ............ sebagai penggerak bagi generasi penerus bangsa yang ingin mengembangkan Kota ............ Selanjutnya, kami sangat mengharapkan peran Bapak/Ibu membantu putra-putri daerah agar menjadi generasi yang handal, profesional dan berkualitas untuk membangun daerahnya sendiri.

Atas dasar hal tersebut kami berharap Bapak/Ibu dapat membantu mengurangi beban keuangan yang menjadi kendala dalam meningkatkan prestasi belajar melalui beasiswa yang terukur. Dengan semakin dinamisnya perkembangan dunia pendidikan dan tuntutan peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi, maka perbaikan dan peningkatan sarana penunjang belajar adalah mutlak diperlukan. Bantuan ini sangat berarti dalam meningkatkan keberhasilan mahasiswa/i dalam menyelesaikan masa belajarnya.

B. RUMUSAN MASALAH

Dewasa ini pendidikan di Indonesia menjelma menjadi suatu yang ekslusif. Besarnya biaya pendidikan yang harus di tanggung dan sarana penunjang bagi pelajar yang minim, menyebabkan pendidikan di negeri ini sebagian besar dinikmati oleh kalangan tertentu saja.

Hasil pemikiran yang berkualitas dari otak manusia merupakan kunci utama dalam pendidikan bangsa ini. Hal seperti ini sangat diperlukan, akan tetapi keterbatasan dalam melanjutkan pendidikan seperti mahalnya biaya pendidikan dan kurangnya kebijakan institusi pendidikan untuk memberikan bantuan merupakan kendala bagi peserta didik.

C. DASAR PEMIKIRAN
  1. Pembukaan UUD 1945 Alinea 4
  2. Tri Dharma Perguruan Tinggi
  3. Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  4. Pola Pengembangan Mahasiswa SK Dirjen DIKTI No. 26/Dikti/1998
  5. Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Nasional
D. TUJUAN

Tujuan dari pengajuan permohonan bantuan beasiswa ini sebagai berikut :
  1. Proposal ini kami buat bertujuan supaya guru yang sedang kuliah mendapatkan beasiswa pendidikan dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin
  2. Meringankan beban mahasiswa dalam biaya pendidikannya
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keilmuan mahasiswa
  4. Memacu daya saing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan dalam perbaikan sarana penunjang belajar
  5. Sebagai salah satu wujud nyata perusahaan swasta dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Kota .............
E. PENERIMA BANTUAN

Bantuan ini akan diserahkan kepada guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 8 ......... berikut:

Nama : ..............................
Tempat/tanggal lahir : ..............................
Alamat : ..............................
Pendidikan yang ditempuh : Strata Satu (S1)
Kampus : ..............................
No. HP : ..............................

F. ESTIMASI BIAYA PENDIDIKAN

Biaya pendidikan ini dihitung berdasarkan sisa semester yang ditempuh oleh mahasiswa tersebut dengan estimasi sebagai berikut:

No. | Uraian | Satuan | Jumlah
1. Biaya pendidikan per semester selama ±1 tahun | @Rp.2.500.000 x 2 semester | Rp.5.000.000
2. Biaya lainnya :
- Alat tulis (Skripsi dan Karya Tulis) | @Rp.2.000.000 x 2 semester | Rp.4.000.000
- Transportasi | @Rp.500.000 x 2 semester | Rp.1.000.000
Total | Rp.10.000.000

Terbilang : Sepuluh Juta Rupiah

G. PENUTUP

Demikian proposal ini kami ajukan dengan harapan dapat dipertimbangkan dan disikapi sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Download file word Link 1, Link 2
Jika ada yang belum bisa menuju ke Google Drive, silahkan kunjungi Cara Mudah Download File Melalui Google Drive Web Ini 
Baca Juga :