Senin, 07 November 2016

Implementasi Model Gaya Sentrifugal Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia (Seminar Proposal)





Assalamualaikum.

Slide presentasi ini penulis buat sewaktu kuliah jurusan Teknik Informatika di STMIK Amik Riau. Silahkan dibaca dan jadikan referensi anda dalam membuat slide presentasi seminar proposal.

Latar Belakang

Salah satu topik dalam pelajaran fisika yaitu tentang gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari tetapi jarang diperhatikan.

Salah satu peristiwa yang menunjukkan adanya gaya sentrifugal adalah peristiwa saat kendaraan memasuki tikungan, secara berangsur-angsur kendaraan tersebut akan mendapatkan gaya dorong ke samping keluar dari lajur jalan. 

Pemahaman tentang gaya sentrifugal ini akan sulit bagi siswa karena banyaknya rumus-rumus yang diterapkan untuk menghasilkan gaya tersebut. Sehingga sulit untuk dihitung dan tidak tergambarkan dengan jelas.

Rumusan Masalah

Bagaimana membuat aplikasi pembelajaran berbasis multimedia untuk mengimplementasikan model gaya sentrifugal dalam pembelajaran fisika ?

Batasan Masalah
  • Aplikasi yang dibuat hanyalah materi gaya sentrifugal berupa teks, gambar, dan, animasi.
  • Bentuk jalan hanya disimulasikan berupa jalan lurus, tikungan setengah lingkaran, dan kemiringan jalan.
  • Kendaraan yang disimulasikan berupa mobil yang memiliki roda empat.
  • Kondisi jalan kasar dan licin.
  • Sudut ke miringan jalan di tikungan sebesar 37 derajat (tan37 = 0,75)
SOLUSI

Merancang sebuah aplikasi yang menampilkan program pembelajaran fisika. Dilengkapi dengan simulasi berupa animasi mobil yang berjalan di sebuah lintasan dengan kondisi tertentu dan juga melewati beberapa tikungan.

Aplikasi ini juga akan menentukan besarnya gaya sentrifugal yang ditimbulkan. Diharapkan dengan aplikasi ini siswa mendapatkan pemahaman dan pengalaman visual dalam mengamati gaya sentrifugal.

Penjadwalan Pembuatan Skripsi
(Lihat pada Power Point di Bawah)


Tabel III. 1 Tabel Penjadwalan Pelaksanaan Kegiatan

Seminar Proposal Ahmad Julasman, S.Kom
Pembimbing : Ir. Mardainis, M.Kom
Baca Juga :


This Is The Oldest Page