Jumat, 11 Februari 2022

Pengertian tentang Konsep Teleskop 101








Membeli teleskop yang tepat untuk membawa kecintaan Anda pada astronomi ke tingkat selanjutnya adalah langkah besar dalam pengembangan hasrat Anda terhadap pengamatan bintang.

Dalam banyak hal ini adalah langkah besar dari seseorang yang hanya bermain-main dengan astronomi menjadi murid sains yang sangat fokus.

Tetapi Anda dan saya sama-sama tahu bahwa masih ada langkah besar lain setelah membeli teleskop sebelum Anda benar-benar tahu cara menggunakannya.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan teleskop yang tepat sesuai di mana Anda berada dan apa preferensi pandangan Anda tentang bintang.

Mari kita mulai dengan membahas 3 (tiga) jenis utama teleskop dan kemudian pahami beberapa konsep Teleskop 101 untuk meningkatkan peluang bahwa Anda akan membeli yang benar.

Ada 3 (tiga) jenis utama teleskop yang mungkin dibeli oleh astronom amatir yaitu Refraktor, Reflektor, dan teleskop Schmidt Cassegrain.

Disebutkan 2 (dua) yang pertama dinamai berdasarkan jenis lensa yang digunakan.

Sangat mudah untuk dilihat bahwa lensa adalah jantung dari teleskop, sehingga jenis yang akan Anda gunakan akan menentukan keberhasilan penggunaan teleskop itu.

Lensa refraktor adalah yang paling sederhana karena menggunakan lensa cembung untuk memfokuskan cahaya pada lensa mata.

Jadi lensa berbentuk membungkuk ke luar untuk tujuan penglihatan ini. Kekuatan teleskop refraktor ada di jangkauan penglihatan.

Kekuatan reflektor adalah dalam melihat objek yang lebih jauh dan lensanya cekung atau tertekuk. Juga menggunakan cermin untuk memfokuskan gambar yang akhirnya Anda lihat.

Jenis terakhir, teleskop Schmidt Cassegrain adalah yang paling kompleks dan mencapai tujuan keduanya tetapi menggunakan sistem cermin yang terlibat untuk menangkap gambar yang ingin Anda lihat.

Jadi untuk memilih teleskop yang tepat, menentukan tujuan Anda dalam menggunakan teleskop itu adalah penting.

Agar Anda benar-benar memahami kekuatan dan kelemahannya, tidak hanya dari desain lensa dan teleskop tetapi juga dalam bagaimana teleskop itu mampu melihat di berbagai situasi saat memandang bintang.

Yang terbaik adalah melakukan penelitian di rumah sebelumnya dan mendapatkan gambaran berbagai jenis teleskop. 

Jadi sebelum Anda melakukan pembelian pertama, Anda harus tahu ini:

1. Pertama dan yang terpenting adalah jalin hubungan dengan toko teleskop terkemuka yang mempekerjakan orang yang tahu kualitas barang-barang mereka.

Jika Anda membeli teleskop di Wal-Mart atau department store, peluang Anda untuk mendapatkan teleskop yang baik dan benar adalah jauh.

2. Cari orang dengan keahlian teleskop.

Jika Anda belum aktif dalam organisasi astronomi atau klub, orang-orang penjualan di toko teleskop akan dapat membimbing Anda ke organisasi aktif di daerah Anda.

Setelah Anda memiliki koneksi dengan orang-orang yang telah membeli teleskop, Anda bisa mendapatkan saran tentang apa yang berhasil dan apa yang harus dihindari yang lebih valid daripada apa pun yang akan Anda dapatkan dari artikel web atau penjual di Wal-Mart.

3. Cobalah teleskop itu sebelum membeli. Ini adalah keuntungan lain dari melakukan beberapa kunjungan lapangan dengan klub astronomi.

Anda dapat menyisihkan beberapa jam berkualitas dengan orang-orang yang tahu tentang teleskop dan memasang alat mereka untuk memeriksa peralatan mereka.

Juga penting untuk mempelajari aspek teknis utama dan mencobanya sebelum Anda membelanjakan uang ke dalam pembelian Anda sendiri.

Ada pertimbangan lain yang menjadi faktor dalam keputusan pembelian akhir Anda. Seberapa canggih teleskop Anda?

Kesalahan pembelian tripod atau keputusan aksesori lainnya akan berubah fungsi secara signifikan.

Contohnya seperti menjadi teleskop yang akan hidup di gudang, berbanding terbalik dengan apa yang Anda rencanakan akan membawanya ke banyak lokasi terpencil.

Sejalan dengan itu, seberapa sulit pengaturan dan perbaikan kerusakannya? Seberapa rumit teleskop itu dan apakah Anda akan mengalami masalah dengan biaya perawatannya?

Perlu jaringan dan informasi terbaik untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Jika Anda telah melakukan penelitian di rumah seperti ini, Anda akan menemukan teleskop yang tepat untuk langkah besar berikutnya dalam evolusi hasrat Anda dalam bidang astronomi.
Baca Juga :

Artikel Terkait