Sabtu, 12 Juni 2021

Jelaskan Keterampilan Diri Secara Detail dan Kuat Saat Wawancara Kerja

Tags








Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash - 

Penekanan keterampilan selama wawancara sangat penting untuk menunjukkan kepada pewawancara apa yang membuat Anda berbeda dari semua kandidat pekerja lainnya.

Dalam dunia yang kompetitif ini, perusahaan akan mencari karyawan yang paling memenuhi syarat.

Yaitu dengan menimbang keterampilan para kandidat dan mencari tahu bagaimana mereka akan menguntungkan perusahaan.

Sebagian besar perusahaan teratas mencari karyawan yang menonjol berdasarkan keahlian mereka, kemampuan untuk memberikan perkembangan baru, dan kepribadian yang menyenangkan untuk memajukan organisasi.

Keterampilan dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu berbasis pengetahuan, dapat ditransfer, dan sifat-sifat pribadi.

Berikut penjelasan dari ketiganya :

1) Keterampilan berbasis pengetahuan adalah keterampilan yang dipelajari dari pengalaman.

Ini mungkin termasuk pencapaian pendidikan, pelatihan tambahan, seminar yang dihadiri, dan praktik lain yang telah Anda pelajari untuk meningkatkan keahlian.

Keterampilan berbasis pengetahuan mencakup keterampilan komputer dan komunikasi, pengetahuan pemasaran atau manajerial, pengembangan produk, dan banyak lagi.

Keterampilan ini bervariasi tergantung pada bidang industri masing-masing calon pekerja.

2) Keterampilan yang dapat dipindahtangankan atau portabel adalah keterampilan yang bisa Anda bawa ke pekerjaan tertentu.

Inilah alasan mengapa pewawancara selalu bertanya, "Apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan?".

Keterampilan yang dapat ditransfer ini penting karena perusahaan berusaha mencari karyawan yang berkualitas dan akan meningkatkan pengembangan tenaga kerja lainnya.

Keterampilan portabel terdiri atas pemecahan masalah, potensi memimpin tim, keterampilan terorganisir, menulis dan komunikasi, berorientasi pada layanan pelanggan, manajemen waktu dan proyek, serta mahir menghitung angka dan mengelola anggaran.

Keterampilan semacam ini bervariasi tergantung pada pengalaman dan keserbagunaan masing-masing kandidat pekerja.

3) Penjelasan kepribadian akan memperlihatkan siapa Anda sebenarnya.

Dalam wawancara kerja, salah satu hal yang paling umum ditanyakan HRD perusahaan adalah "Ceritakan sesuatu tentang diri Anda."

Penjelasan Anda tentang hal ini sangat penting karena akan menentukan hasil akhir wawancara Anda.

Ciri kepribadian yang diharapkan yaitu ketika Anda menjadi orang yang terorganisir dengan baik, analitis, berorientasi pada tujuan, fleksibel, kreatif dan banyak lagi.

Cobalah untuk mempromosikan diri Anda sesederhana mungkin dan dalam waktu yang singkat.

Berikut saran untuk sukses wawancara kepribadian:

a. Mantapkan penilaian diri Anda.

Agar memberikan presentasi yang mengesankan, periksa resume Anda dan buat daftar semua keterampilan yang telah Anda gunakan pada setiap pengalaman kerja sebelumnya.

Buat daftar lengkap keterampilan dan kekuatan Anda termasuk sifat-sifat pribadi, keterampilan berbasis pengetahuan dan keterampilan yang dapat ditransfer.

Hal ini akan menjadi dasar untuk nilai tambah kepribadian Anda.

b. Setelah Anda menyelesaikan naskah, maka Anda sekarang siap untuk menghadapi pewawancara. 

Ingatlah untuk selalu membuat perusahaan tertarik dengan pencapaian Anda. Gunakan kata-kata yang ringkas, langsung, dan jelas.

Meskipun banyak perusahaan memerlukan seperangkat keterampilan yang unik, Anda harus tetap menonjolkan keterampilan teknis Anda selama proses wawancara.

Keterampilan yang biasanya dicari oleh perusahaan papan atas yaitu meliputi kepemimpinan, komunikasi, kepercayaan diri, fleksibilitas, pemecahan masalah, dan energi.

Menekankan semua kekuatan dan keterampilan Anda pada wawancara kerja akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Baca Juga :