Selasa, 04 Mei 2021

Cara Jitu Orang Tua Mengontrol Diet Anak-Anak Remajanya

Tags




Photo by Toomas Tartes on Unsplash - 

Saat ini, Amerika Serikat memiliki tingkat obesitas remaja dan anak-anak yang tinggi dibandingkan pada masa lalu dalam sejarah panjang dunia.

Dalam hal ini sumber masalah utama terletak pada makanan cepat saji, masyarakat yang malas dan tidak memiliki wawasan bagaimana menjalankan hidup sehat dan bertenaga.

Kita sering merasa bahwa lebih aman ketika anak-anak berdiam diri di dalam rumah, daripada di luar rumah atau melakukan aktivitas di alam terbuka.

Hal-hal yang kita lakukan dengan anggapan untuk melindungi anak-anak sebenarnya bisa merugikan kesehatannya.

Harus ada sesuatu yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah tersebut dan membuat anak-anak kita lebih terlibat pada kegiatan, lebih aktif, dan lebih terdidik.

Sesuatu yang dirancang itu harus bertujuan untuk membuat pilihan yang tepat untuk diet, pilihan nutrisi, aktivitas kebugaran, dan kesehatan secara keseluruhan.

Masalah utama bagi kebanyakan remaja adalah bagaimana cara melepaskan mereka dari kecanduan komputer, telepon / smartphone, dan televisi yang terlalu lama lalu beralih ke aktif berkegiatan.

Namun sekarang sudah banyak produsen video game yang ikut serta dalam tindakan menggerakkan anak-anak remaja dan membuatnya terlibat aktif.

Game yang dimaksud seperti Dance Party Revolution di Play Station, beberapa game di Nintendo Wii dan di Smartphone yang tampaknya sedang menggemparkan pasar pada masanya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk lebih aktif berpartisipasi dalam memainkan game ini.

Yang dimaksud adalah pengguna melakukan gerakan-gerakan tubuh saat bermain daripada duduk santai dan bermain dengan kaku.

Dengan tidak berlebihan, kegiatan ini adalah salah satu cara yang bagus untuk membuat anak remaja Anda bangkit dari tempat tidurnya dan menjadi lebih aktif. 

Permainan ini juga menyenangkan untuk orang dewasa dan akan memiliki efek yang sama dalam hal menggerakkan anggota tubuh.

Walaupun begitu, kami tidak akan benar-benar menyarankan orang tua atau Anda sendiri untuk bermain game sebagai pengganti kegiatan olahraga.

Ada beberapa cara lainnya yaitu :

1. Keluarlah dan menjadi aktif.

Para remaja akan belajar melalui percontohan. Walau mereka mengakuinya atau tidak, biasanya mereka akan menikmati kegiatan yang juga dilakukan oleh anggota keluarganya.

Sebagai orang tua, Anda bisa coba melakukan olahraga panjat tebing, mendaki gunung atau pergi bersepeda bersama anak Anda.

Atau bersama anak-anak melakukan kegiatan berkemah di alam terbuka yang bagus, berperahu, dan bersepeda.

2. Pelajari olahraga baru bersama-sama.

Akan sungguh menyenangkan ketika Anda mempelajari cara menyelam (scuba) bersama-sama keluarga atau teman Anda.

Meskipun olahraga yang Anda lakukan bersama anak itu tidak melibatkan banyak aktivitas fisik, kemungkinan besar olahraga itu akan berhasil menurunkan berat badan Anda daripada hanya duduk di depan televisi.

Ketika sudah cukup mandiri, mintalah anak remaja Anda untuk bergabung dengan tim olahraga rekreasi.

Di Amerika Serikat, hampir seluruh daerah memiliki beberapa jenis kelompok olahragawan.

Orang-orang tersebut berkumpul dalam komunitas yang bisa menjadi tempat remaja Anda mengikutinya.

Saat pertama gabung, mereka bahkan sama sekali tidak memiliki keahlian.

Tetapi lama kelamaan mereka bisa bermain di beberapa liga, sementara senior yang lain bermain di liga lain yang lebih kompetitif.

Jalan-jalan untuk melihat pertandingan softball, pertandingan sepak bola, dan bola voli bisa menjadi cara yang bagus bagi keluarga untuk melakukan kegiatan bersama-sama.

Mencoba latihan bersama keluarga adalah kesempatan yang baik bagi anak remaja Anda untuk lebih aktif.

Memangkas rumput dan menata taman bersama juga merupakan cara lain untuk keluar rumah dan lebih aktif dengan anak remaja Anda. 

Tujuannya adalah agar anak remaja Anda bisa membakar lebih banyak kalori daripada yang dia konsumsi. 

Hal ini sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi sangat mungkin berhasil jika Anda berusaha keras untuk membujuknya.

Temukan hal-hal yang menarik bagi anak remaja Anda dan fokuslah pada mereka.

Tidak baik juga untuk menyiksa mereka dengan melakukan aktivitas yang tidak menarik baginya. Seperti terlalu sering menyuruh mereka membereskan rumah.

Bagaimanapun, mengisi waktu mereka dengan aktivitas fisik akan memberikan jeda untuk mereka tidak mengkonsumsi kalori dan itu adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan.

Dorong juga anak remaja Anda untuk rutin makan makanan yang lebih sehat.

Usahakan untuk mengurangi stok minuman yang banyak kalori, jus buah, dan minuman energi di rumah Anda.

Perintahkan anak remaja Anda untuk minum banyak air mineral setiap hari.

Perkenalkan sayuran sebanyak mungkin ke dalam menu makanan anak remaja Anda dan simpan sebagian makanan ringan agar tidak habis dalam sekali makan.

Selain itu, mintalah anak remaja Anda secara aktif berpartisipasi dalam persiapan makan.

Persiapan itu seperti membersihkan makanan yang akan membantu mereka lebih memperhatikan makanan dan minuman yang mereka masukkan ke dalam mulut serta mengatur pola makannya.
Baca Juga :