Rabu, 03 April 2019

50 Contoh Soal Objektif Bahasa Indonesia Beserta Jawabannya (Tingkat SMP/Paket B/Setara)





Catatan Penting!!!

"Anda harus memperhatikan, memahami dan mempelajari soal-soal ini supaya jawaban anda dan jawaban di bawah sama benarnya. Untuk tidak menyalinnya bulat-bulat tanpa dipelajari."

1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Untuk tetap bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup. Makanan yang kita konsumsi merupakan gizi utama bagi tubuh. Zat gizi adalah subtansi di dalam makanan yang menyediakan energi dan material untuk perkembangan, pertumbuhan, dan perbaikan sel tubuh.

Ide pokok paragraf tesebut adalah ....
A. makanan adalah gizi utama tubuh
B. makanan kebutuhan mutlak kita
C. makanan sebagai sumber energi
D. kegunaan zat gizi bagi tubuh

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Sudah banyak informasi yang kita dengar mengenai keberadaan alien. (1) Kebanyakan informasi tersebut ditemukan dalam film-film fiksi. (2) Dalam banyak film fiksi, alien digambarkan sebagai makhluk hidup yang baik. (3) Terkadang pula, alien digambarkan sebagai makhluk mengerikan yang bermaksud untuk menguasai bumi. (4)

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks biografi berikut dengan saksama !

Dahlan Iskandar lahir di desa Kebun Dalam Tegalarum, Kecamatan Bando, Magetan,Jawa Timur, 17 Agustus 1951. Sejak kecil Dahlan akrab dengan kemiskinan,tetapi tidak menjadi halangan untuk menjadi orang sukses. Kalau lapar mendera, beliau terpaksa mencuri tebu milik pabrik di dekat rumahnya. Nasib berkata lain,karena kegigihannya,beliau banyak berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi ketika memimpin/bekerja di berbagai tempat. Mulai menjadi pemimpin  pabrik gula tebu sampai akhirnya menjadi menteri BUMN, beliau menjadi kebanggaan Indonesia.

Keteladanan tokoh bigrafi tersebut adalah … .
A. Dahlan selalu akrab dengan kemiskinan
B. tidak akan mencuri walau sedang lapar
C. seorang yang gigih dan pekerja keras
D. Dahlan berhasil menjadi menteri BUMN

4. Bacalah teks biografi berikut dengan saksama !

Henry Ford lahir 30 Juli 1863 di Amerika Serikat. Sejak umur 16 tahun dia sudah menjadi ahli mesin. Pada 1896, Ford sudah sudah mampu membuat mobil pertamanya. Pada tahun 1903 ia mendirikan perusahaan mobil Ford. Pada masa itu, mobil hanya diproduksi secara perorangan sehingga harganya sangat mahal. Oleh karena itu, Ford berkeinginan untuk membuat mobil yang diproduksi secara banyak sehingga biaya pembuatan bisa ditekan.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah …
A. Sudah menjadi ahli mesin sejak berusia 16 tahun.
B. Membuat mobil pertama pada tahun 1896.
C. Menekan biaya pembuatan mobil sekecil mungkin.
D. Mendirikan sebuah perusahaan mobil yang murah

5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Makanan atau jajanan berformalin dapat merusak organ tubuh kita, misalnya hati, jantung, otak, limpa, pankreas, dan ginjal. Formalin juga menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan saluran pernapasan, muntah-muntah, pusing, dan rasa terbakar di tenggorokan. Bahkan, jika memakan makanan berformalin dalam waktu lama, kita dapat terkena kanker.
Simpulan paragraf tersebut adalah ...
A. Formalin dapat merusak organ vital  tubuh.manusia
B. Bahaya  penggunaan formalin dalam makanan bagi manusia.
C. Penyebab manusia menggunakan formalin dalam makanan.
D. Berbagai gangguan penyakit akibat penggunaan formalin 

6. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Minat baca masyarakat Indonesia harus terus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Pemerintah perlu melakukan peningkatan minat baca karena minat baca masyarakat masih rendah. Bahkan, kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di beberapa sekolah terpencil masih rendah. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89%.

Isi teks tersebut adalah ...
A. Minat baca masyarakat Indonesia masih rendah.
B. Peningkatan minat baca bagi masyarakat Indonesia.
C. Upaya peningkatan minat baca masyarakat Indonesia.
D. Pemerintah berusaha meningkatkan minat baca Indonesia.

7. Bacalah kedua teks berikut ini dengan saksama!

Teks 1

Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama.

Teks 2

Kegemaran seseorang berbahasa asing, menunjukkan bahwa orang itu tidak bangga terhadap bahasa daerah atau bahasa nasionalnya. Bahasa asing dipandang lebih baik daripada bahasanya sendiri. Padahal, fakta menunjukkan bahwa bangsa yang bangga terhadap budaya, termasuk bahasanya, adalah bangsa yang besar.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. anak harus berbahasa yang santun
B. bangga dengan bahasa daerah
C. problema dalam berbahasa
D. bahasa bagian dari budaya

8. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Untuk mengikuti tren gaya masa kini, tak jarang banyak sekali para perempuan melakukan gonta-ganti warna rambut. Memang, memilki warna rambut yang berbeda bisa memberikan penampilan yang mempesona.

Untuk urusan gonta-ganti warna rambut, sebaiknya diperlukan pertimbangan yang cukup matang. Kita bisa meminta saran dari para pakar sebelum melakukan pewarnaan rambut.

Ringkasan teks tersebut adalah …
A. Sebelum melakukan gonta-ganti warna rambut perlu meminta saran kepada pakar pewarnaan rambut agar tidak terjadi kerusakan rambut.
B. Gonta-ganti warna rambut sudah menjadi tren gaya perempuan masa kini namun sebaiknya perlu pertimbangan yang cukup matang.
C. Agar bisa memilki penampilan yang mempesona, para perempuan sering melakukan gonta-ganti warna rambut.
D. Untuk mengikuti tren gaya masa kini, para perempuan melakukan gonta-ganti warna rambut agar memberikan penampilan yang mempesona.

9. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

1) Taman Laut Bunaken adalah tempat wisata yang indah. 2) Di sana banyak ditemui beragam jenis biota laut. 3) Terumbu karang merupakan salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut. 4) ikan dan hewan lainnya yang unik dan lucu juga dapat kita temukan.

Perbaikan kalimat ketiga agar teks tersebut menjadi padu adalah ...
A. Indonesia merupakan tempat bagi sekitar 1/8 dari terumbu karang dunia.
B. Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar.
C. Terumbu karang merupakan salah satu biota laut yang banyak ditemui.
D. Manfaat langsung dari terumbu karang adalah sebagai tempat hidup ikan.

10. Bacalah dua kutipan cerpen berikut dengan saksama!

Cerpen 1

Seorang anak kecil tiba-tiba datang sambil menjajakan tikar dari plastik dan menawarkan kepada para pengunjung. “Pak, mau sewa tikar?” katanya pada Pak Umar. “Berapa harga sewanya?” tanya Pak Umar. “ Lima ribu rupiah, Pak!”jawabnya dengan suara lembut. “Bagaimana kalau Bapak ambil tiga puluh ribu rupiah?” tanya Pak Umar lagi. Gadis itu diam sejenak. Namun, matanya begitu berbinar.

Cerpen 2

Wisnu anak pertama dari keluarga Pak Marto.dia baru kelas X SMA. Wisnu anak pendiam dan penurut. Tidak ada satupun perintah orang tuanya yang diabaikannya. Sejak Wisnu berteman dengan Darno, sifat pendiamnya mulai berubah. Bahkan perintah orang tuanya sudah mulai diabaikannya. Suaranya pun mulai terdengar dalam bentuk bantahan-bantahan.  
Perbedaan nilai moral kedua kutipan cerpen tersebut adalah . . . 

Kutipan cerpen 1 | Kutipan cerpen 2

A. Kita harus selalu menolong orang yang sedang membutuhkan | Persahabatan sejati akan membawa kebahagiaan.
B. Mencari nafkah harus di jalan yang halal. | Anak yang baik adalah anak yang pendiam dan penurut.
C. Selalu bersikap sopan dan santun di mana pun berada. | Tetap berharap agar si anak dapat berubah sikapnya.
D. Kebaikan yang tulus akan membawa keberkahan. | Hati-hatilah dalam memilih teman dalam perrgaulan

11. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

(1) Pada era globalisasi ini, internet sering digunakan masyarakat dari kalangan muda hingga kalangan tua. (2) Sebagian dari mereka menggunakan internet sebagai media informasi dan komunikasi. (3) Namun, tanpa mereka sadari dan ketahui, benda yang satu ini seolah sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. (4) Segala informasi dari dalam negeri maupun luar negeri ada dalam internet.

Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai oleh nomor .... 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama !

(1)“ Kalau kamu menaruh foto sesorang di dalam liontin ini, maka nasib orang itu akan selalu sial“, kata nenek tersenyum sambil tetap sibuk meletakkan piring ke raknya sore itu. (2) Tentu saja Lusi tidak akan pernah memasukkan foto siapa pun ke dalam liontin itu. (3) Ia tidak ingin menyakiti siapa pun. Liontin itu lalu ia simpan di laci meja riasnya. (4) Suatu hari, Ruth adiknya melihat liontin itu saat ia sedang berdandan.

Bukti watak Lusi seorang yang baik hati terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

13. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama !

(1) Dengan berlari-lari kecil Runi mengejar pemuda yang tak dia kenal sebelumnya, yang karena merasa senasib mau membawakan barang miliknya. (2) Seperti yang mereka duga, mereka berdua terlambat. (3) Di depan portal yang ditutup, mereka menunggu beberapa senior yang bermuka masam. (4) Runi yang berusaha mengatur napasnya menatap pemuda itu dengan tatapan meminta maaf tapi yang dilihatnya hanya tersenyum tanpa beban.

Tindakan terpuji yang dilakukan tokoh dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Selalu tersenyum dalam kesusahan
B. Menolong orang lain meskipun tidak dikenal
C. Meminta maaf ketika berbuat kesalahan
D. Merasa bersalah datang terlambat

14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama !

“Tarifnya kan mahal? Lebih baik ayah naik bus biasa dan sisanya bisa ditabung buat keperluan sekolahmu,” jawab ayah. Adam terdiam. Dalam hati ia terharu sekaligus bangga. Ayah rela setiap hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun berdesak-desakan, kepanasan, dan membanting tulang demi kepentingan keluarga. Sementara ia sendiri, baru satu bulan memakai sepatu sempit sudah mengeluh setiap hari.

Watak ayah dalam kutipan cersebut adalah ....
A. rela berkorban
B. kemauan keras
C. pekerja keras
D. bijaksana

15. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama !

“ Din, boneka ini terlalu berharga buat aku. Aku enggak pantas untuk menerimanya,” kata Dita sambil mengembalikan boneka itu.
“Terimalah, Dit, pliiis ...!” Dini memohon
“Tapi, Din ... inikan boneka kesayanganmu.”
“Iya, Dit. Tapi aku ikhlas, kok! Bagiku, persahabatan kita jauh lebih berharga dibanding boneka ini.”

Amanat penggalan cerpen tersebut adalah ...
A. Persahabatan sejati tidak ditandai dengan pemberian hadiah
B. Setiap pemberian orang diterima dengan ikhlas.
C. Jangan ragu menerima hadiah dari teman
D. Pemberian seseorang harus dijaga dengan baik.

16. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama !

Dalam pangkuan sang ibu, Amira mengangguk. Dia kembali sedih tetapi tidak boleh menangis di depan sang ibu.dia berusaha menahan air matanya tidak kembali terjatuh. “Kamu pasti teringat Ayah, ya?” tebak ibu. “Ayahmu sudah bahagia di sana, Nak. Jangan sedih terus, ya. Nanti ayahmu malah tidak tenang di sana, “ kata ibu dengan bijak.

Sebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh Amira menceritakan kesedihannya pada sang ibu.
B. Tokoh Amira masih bersedih dengan kematian ayahnya.
C. Ibu selalu menasihati Amira agar jangan terus bersedih.
D. Ibu melarang Amira untuk terus mengingat ayah yang telah tiada.
17. Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Akhir-akhir ini, ongkos transportasi naik. Harga barang-barang kebutuhan pokok pun ikut naik. Banyak perusahaan yang gulung tikar dan mem-PHK buruhnya. Pengangguran merajalela di mana-mana. Hal ini terjadi setelah pemerintah menaikkan harga BBM yang melampaui kewajaran.

Komentar isi paragraf tersebut adalah ...
A. Ongkos transportasi tidak seharusnya ikut naik .
B. Pengangguran merajalela di mana-mana.
C. Kenaikan harga BBM menimbulkan berbagai dampak.
D. Wajar banyak perusahaan yang gulung tikar karena bangkrut.

18. Cermati kalimat berikut dengan saksama !

Di toko Sentosa dijual tiga jenis ponsel Nokia Samsung dan Black Berry

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Di toko Sabrina dijual tiga jenis ponsel; Nokia, Samsung dan Black Berry.
B. Di toko Sabrina dijual tiga: jenis ponsel Nokia, Samsung, dan Black Berry.
C. Di toko Sabrina dijual tiga jenis ponsel, Nokia, Samsung, dan Black Berry.
D. Di toko Sabrina dijual tiga jenis ponsel: Nokia, Samsung, dan Black Berry.
19. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama !

Aku termenung di tempat dudukku yang terkena sengatan mentari yang menembus kaca jendela. Suara berisik yang terdengar sangat menyakitkan telinga tak kuhiraukan. Kebetulan aku duduk dekat seorang pria yang tak kukenal yang  berdampingan denganku di bangku belakang

Latar tempat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. di dalam stasiun
B. di dalam kelas
C. di dalam pasar
D. di dalam bus

20. Bacalah kutipan teks fabel berikut dengan saksama!

Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting kearah semut.

“Semut peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”

Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

Nilai moral kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Membantu teman saat dalam kesusahan.
B. Berusaha mencari bantuan kepada sesama
C. Pasrah pada keadaan karena keterbatasan diri
D. Berpikirlah dahulu sebelum menerima bantuan

21. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama!

Laisa seorang kakak bagi adik-adiknya. Pengorbanannya sangat besar agar adik-adiknya dapat melanjutkan pendidikan mereka. Laisa harus bekerja setiap hari, mengolah gula aren setiap pukul empat pagi serta harus menganyam rotan. Di satu sisi, Laisa merupakan  kakak yang galak dan tegas serta berdisiplin tinggi

Kebiasaan tokoh dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Seorang kakak yang selalu memulai pekerjaannya setiap pagi
B. Mengolah gula aren dan menganyam rotan setiap jam empat pagi.
C. Seorang kakak yang galak, tegas, dan berdisiplin tinggi.
D. Bekerja keras untuk adik-adiknya agar bisa bersekolah..

22. Cermati kalimat berikut dengan saksama!

Kakak sedang membaca Novel yang berjudul Hadiah Terindah Dari Ibu Untuk Ayah.

Alasan ketidaktepatan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
A. Kata penghubung pada judul buku seharusnya menggunakan huruf kecil.
B. Huruf kapital pada judul buku hanya pada huruf pertama di awal judul saja.
C. Kata novel merupakan kata yang mengiringi judul karangan.
D. Kata dari bukanlah kata penghubung tetapi merupakan kata depan.

23. Cermati kalimat berikut dengan saksama!

Karena bertahun-tahun telah terpisah, ayah dan anak itu hanya bisa...ketika pertama kali bertemu.

Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kalimat tersebut adalah...
A. memandang-mandang
B. pandang-pandangan
C. pandang-memandang
D. dipandang-pandang

24. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

(1) Dari dulu hingga kini, sepeda termasuk salah satu alat transportasi yang murah. (2) ... (3) Selain murah, sepeda juga bisa menyehatkan raga si penggunanya. (4) Bahkan bukan hanya itu, sepeda adalah alat angkut yang sangat ramah lingkungan.

A. Bersepeda membuat sehat si penggunanya.
B. Sepeda alat angkut yang ramah lingkungan.
C. Sepeda digunakan oleh banyak orang
D. Sepeda banyak memiliki kelebihan.

25. Cermati kalimat berikut dengan saksama !

Dalam kesehariannya adikku adinda Permata sari, s.h. adalah seorang wartawan koran Riau pos untuk kota Dumai.

Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah...
A. Dalam kesehariannya adikku Adinda Permata Sari, S.H. adalah seorang wartawan koran Riau Pos untuk Kota Dumai.
B. Dalam kesehariannya adikku Adinda permata sari, S.H. adalah seorang wartawan koran Riau Pos untuk kota Dumai.
C. Dalam kesehariannya adikku adinda Permata Sari, S.H. adalah seorang wartawan koran Riau pos untuk kota Dumai.
D. Dalam kesehariannya adikku Adinda permata sari, S.H. adalah seorang wartawan koran Riau pos untuk Kota Dumai.

26. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Saya dan keluarga  tinggal di rumah susun yang tidak jauh dari rumah orang tua. Tetangga saya, sepasang suami istri yangtinggal di lantai bawah, suka menyelenggarakan pesta bersama teman-temannya.Tadi malam mereka mengadakan pesta lagisehingga sangat mengganggu kenyamanan kami. Akibatnya, tidakhanya saya yang terganggu.Ayah, Bunda, serta adik saya punikut terganggu.

Kalimat yang menunjukkan hubungan sebab akibat pada paragraf di atas adalah...
A. Saya dan keluarga  tinggal di rumah susun yang tidak jauh dari rumah orang tua.
B. Tadi malam mereka mengadakan pesta lagi sehingga sangat mengganggu kenyamanan kami.
C. Ayah, Bunda, serta adik saya pun ikut terganggu.
D. Tetangga saya, sepasang suami istri yang tinggal di lantai bawah, suka menyelenggarakan pesta bersama teman-temannya.

27. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Desa Sukasari sedang berduka, karena hujan deras terus-menerus turun selama tiga hari. Tanah longsor terkena pada pemukim-pemukim warga yang berada di lereng bukit.Tidak sedikit rumah penduduk yang dilanda longsor, bahkan longsor juga menelan korban jiwa di desa yang terkenal damai itu.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat kedua pada paragraf tersebut adalah...

A. Tanah longsor terjadi terhadap pemukim-pemukim warga yang berada di lereng bukit.
B. Telah terjadi tanah longsor di pemukim dan tempat tinggal warga yang letaknya di lereng bukit.
C. Tanah longsor menimpapermukiman warga yang berada di lereng bukit.
D. Gempa tanah longsor menimbun pemukim dan warga di lereng bukit.

28. Cermati data-data berikut dengan cermat !

Nama kegiatan : Bazaar Sekolah
Waktu kegiatan : Sabtu, 16 Januari 2016
Peserta : Perwakilan setiap kelas VII dan VIII
Tujuan : Menjalin keakraban warga sekolah

Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah...
A. Sabtu, 16 Januari 2016, telah dilaksanakan kegiatan pentas seni di SMP Kusuma Negeri. Peserta pentas adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjalin keakraban sesame warga sekolah.
B. Sabtu, 16 Januari 2016, telah dilaksakan kegiatan bazaar di SMP Kusuma Negeri. Bazaar diikuti oleh perwakilan seluruh kelas VII dan VIII. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin keakraban di antara warga sekolah.
C. Sabtu, 16 Januari 2016, akan dilaksakan kegiatan bazaar di SMP Kusuma Negeri. Bazaar diikuti oleh perwakilan seluruh kelas VII dan VIII. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin keakraban di antara warga sekolah.
D. Sabtu, 16 Januari 2016, akan segera dilaksanakan kegiatan pentas seni di SMP Kusuma Negeri. Peserta pentas adalah seluruh siswa sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjalin keakraban sesama warga sekolah

29. Bacalah paragraf berikut dengan cermat !

SMP Tunas Dharma akan mengadakan pemilihan ketua OSIS baru. Yang boleh mencalonkan jadi kandidat ketua OSIS adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII. Seleksi dilakukan dengan cara setiap kelas mewakilkan 2 orang calon ketua yang akan diwawancarai oleh beberapa orang guru. Tahap akhir adalah orasi visi dan misi dari tiga pasang terbaik, yang diikuti dengan pemilihan melalui kartu pemilih.

Kalimat dukungan yang sesuai dengan data tersebut adalah...
A. Saya setuju jika pemilihan OSIS dilakukan melalui ujian tertulis.
B. Saya kurang sependapat dengan cara seleksi seperti yang dijelaskan tersebut.
C. Saya selalu ragu dengan cara seperti itu, karena orang tidak banyak tahu tentang visi dan misi.
D. Saya sangat mendukung cara pemilihan seperti itu, karena tahapan-tahapannya sangat sesuai.

 30. Cermati kalimat-kalimat laporan berikut!

1. Perpisahan tersebut dilaksanakan di halaman SMP Hati Bunda
2. Yang menjadi pembawa acara adalah Siska dan Roni dari kelas VIII
3. Telah diadakan perpisahan kelas IX di SMP Hati Bunda
4. Acara dimulai pukul 08.00 sampai pukul 14.30
5. Acara berlangsung dengan sukses karena Siska dan Roni pandai dalam membawakan acara.

Susunan laporan yang tepat adalah...
A. 3, 4, 1, 2, 5
B. 1, 3, 2, 4, 5
C. 1, 3, 5, 4, 2
D. 3, 1, 4, 2, 5

31. Kelak kita harus mempertanggung jawabkan segala perbuatan yang kita lakukan.

Perbaikan yang tepat terhadap kesalahan penulisan kata yang dicetak miring tersebut adalah...
A. mempertanggungjawabkan
B. memper tanggung jawab kan
C. mempertanggung jawabkan
D. mempertanggung jawab kan

32. Perhatikan kalimat-kalimat petunjuk yang belum urut berikut!

Cara mencuci kaos kaki
1. Rendam kaos kaki dalam larutan tersebut lebih kurang 1 jam
2. Masukkan 2 sendok detergen bubuk, lalu aduk hingga larut
3. Sediakan sebuah ember kecil
4. Siapkan kaos kaki yang akan dicuci
5. Isi dengan air setengah gayung sedang
6. Kucek hingga bersih, bilas, lalu jemur hingga kering

Urutan kalimat petunjuk yang tepat adalah...
A. 3, 5, 2, 6, 4, 1
B. 4, 3, 5, 2, 1, 6
C. 4, 2, 3, 5, 1, 6
D. 3, 4, 5, 1, 2, 6

33. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!

1. Sediakan limbah bekas minyak goreng refill 2 liter
2. Cuci bersih dari sisa-sisa minyak yang masih menempel
3. ...
4. Isi dengan tanah yang berhumus
5. Tanam biji cabai ke dalamnya
6. Siram dengan percikan air setiap pagi

Isian yang tepat untuk mengisi petunjuk yang rumpang tersebut adalah...
A. Gantungkan pada dinding
B. Gunting-gunting kecil bagian sampingnya
C. Lubangi bagian bawah kemasan dengan paku yang dipanaskan
D. Letakkan di tempat yang agak gelap

34. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) SMP Permata Kasih meraih Piala Adiwiyata Nasional tingkat Nasional tahun 2015. (2) Piala diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kepada kepala sekolah di Jakarta. (3) Piala tersebut diperoleh karena lingkungan SMP Permata Kasih sangat bersih. (4) Tentunya warga sekolah sangat bangga dan terharu dengan prestasi tersebut.

Kalimat yang menunjukkan fakta adalah kalimat...
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (2)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

35. Tim paramedis memberi resep kepada pasien yang harus dibeli di apotik
Kata yang penulisannya tidak tepat adalah...
A. tim
B. paramedis
C. pasien
D. apotik

36. Pemimpin upacara menyiapkan barisan: “Siap grak!”
Tanda baca yang kurang tepat pada kalimat tersebut adalah...
A. Tanda kutip (“…”)
B. Tanda seru (!)
C. Tanda titik dua (:)
D. Tidak ada yang salah

37. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat !

Kudapati benda ini menggelepar.Tubuhnya tergolek di bahu jalan.Sisinya persegi panjang kecil merentang, meremang bersama keramik kusam.Bagian dalamnya menganga serupa mulut bayi buaya.Hatiku meraba-raba.Berkeping-keping receh dan lembar rupiah ditelan bilik-bilik mungilnya.Mataku menatap nanar, menyusuri jalan pikiran.

Keunggulan pada kutipan teks cerpen tersebut adalah...
A. Penggambaran alurnya yang sangat kompleks
B. Penggambaran setting tempat yang cukup jelas
C. Penggunaan majas/gaya bahasa yang menghidupkan objek
D. Penggunaan peribahasa yang cukup menarik

38. Pemilu berlangsung aman, dan terpilihlah Tengku Adil sebagai gubernur provinsi bintang.
Perhatikan kata yang dicetak miring. Perbaikan yang tepat sesuai dengan penulisan huruf kapital yang tepat adalah...
A. Pemilu berlangsung aman, dan terpilihlah Tengku Adil sebagai Gubernur Provinsi Bintang.
B. Pemilu berlangsung aman, dan terpilihlah Tengku Adil sebagai gubernur provinsi Bintang.
C. Pemilu berlangsung aman, dan terpilihlah Tengku Adil sebagai Gubernur provinsi Bintang.
D. Pemilu berlangsung aman, dan terpilihlah Tengku Adil sebagai Gubernur provinsi bintang.

39. Kepada Bapak Jono, selaku kepala sekolah, waktu dan tempat dipersilakan.
Kalimat tersebut menggunakan pilihan kata yang tidak tepat. Perbaikan yang tepat terhadap frasa yang tercetak miring tersebut adalah...
A. kesempatan diberikan
B. waktu dan kesempatan dipersilakan
C. kesempatan dan tempat dipersilakan
D. waktu dan tempat disilakan

40. Guru meminta salah seorang siswa untuk maju ke depan.
Kalimat tersebut menggunakan kalimat yang tidak efektif. Perbaikan yang tepat terhadap kalimat tersebut adalah...
A. Guru meminta kepada salah seorang siswa agar maju.
B. Guru meminta salah seorang siswa untuk maju
C. Guru hendak meminta salah seorang siswa untuk ke depan
D. Guru meminta kepada salah seorang siswa agar ke depan

Bacalah kutipan fabel berikut, kemudian jawab pertanyaan nomor 41 dan 42!

“Aku ingin menantang kau lomba lari, tapi jika aku menang, berhentilah memangsa hewan-hewan di hutan sini!”Kuda mengungkap maksudnya.“Lari? Baiklah aku setuju, kalau kau menang aku tak akan menggangu hewan di hutan ini lagi, aku akan pergi jauh dari hutan ini. Tapi, jika kau kalah, setiap hari kau harus membawakanku daging segar dari binatang yang ada di hutan ini. Hahaha.” Tantang harimau kembali.

Akhirnya lomba lari pun dimulai. Berulang kali Harimau berbuat curang, namun pada akhirnya Kudalah sang pemenang. Semua hewan bersorak gembira, dan sesuai perjanjian semula, akhirnya Harimau pergi dari hutan itu dengan penuh kemarahan.Kini, berkat keberanian Kuda, mereka dapat hidup dengan aman dan tenteram tanpa gangguan Harimau.

41. Kalimat yang menyatakan pertentangan pada kutipan fabel tersebut adalah...
A. Aku ingin menantang kau lomba lari, tapi jika aku menang, berhentilah memangsa hewan hewan di hutan sini!
B. Kalau kau menang aku tak akan mengganggu hewan di hutan ini lagi, tapi jika kau kalah, setiap hari kau harus membawakanku daging segar dari hewan di hutan ini.
C. Dan sesuai dengan perjanjian semula, akhirnya Harimau pergi dari hutan itu dengan penuh kemarahan.
D. Berulang kali Harimau berbuat curang, namun pada akhirnya kudalah sang pemenang.

42. Keunggulan teks tersebut dari segi ceritanya adalah...
A. Penggambaran sifat/karakter tokoh-tokohnya
B. Percakapan antarhewan yang sangat lucu
C. Kejujuran Harimau yang menuruti janjinya walaupun dengan amarah
D. Penggambaran latar/setting yang jelas

43. Bacalah kutipan fabel berikut !

Di sebuah kota kecil hiduplah si Anjing dan si Kucing yang bersahabat dan saling menjaga. Mereka memiliki impian besar untuk mengubah negaranya yang dilanda kerakusan dan ketamakan. Ketika tiba ajang pemilihan pemimpin negeri. Partai Si Anjing dan si Kucing berusaha untuk mendulang pendukung dari pelosok negeri. Mereka saling bersaing untuk menjadi pemenang. Situasi ini membuat si Anjing dan si Kucing jarang berkomunikasi. Berita negatif di media menggambarkan sikap si Anjing dan si Kucing yang saling mencurigai.

Kisah anjing dan kucing sebenarnya menyiratkan simbol...
A. keserakahan
B. ketamakan
C. persahabatan 
D. permusuhan

44. Pasien yang menderita diabetes masih harus dirawat untuk menurunkan kadar gula darah yang masih cukup tinggi.

Istilah yang dicetak miring pada kalimat di atas artinya adalah...
A. Penyakit kadar gula dalam darah tinggi
B. Penyakit tekanan darah tinggi
C. Penyakit kadar kolesterol dalam darah tinggi
D. Penyakit jantung koroner

45. Cermati kedua teks cerpen berikut!

Cerpen 1

Aku masih tidak percaya dengan apa yang sedang ku lihat sekarang. Selembar kertas ulangan yang di sana tertera nilai 70. Kenapa nilai ulanganku jelek sekali? Biasanya aku selalu mendapat nilai tertinggi. Teman-temanku pun banyak yang bertanya kenapa akhir-akhir ini prestasiku menurun.

Cerpen 2

Bocah laki-laki itu membungkukkan badannya dengan kedua tangan bertumpu pada lututnya. Memperhatikan jajaran toples-toples berukuran besar yang isinya adalah benda bulat sedang, berwarna-warni. Mungkin sudah hampir sepuluh menit bocah itu berada di depan toko permen itu.

Perbedaan penyajian pada kedua cerpen tersebut adalah...

Cerpen 1 | Cerpen 2
A. Menggunakan percakapan dalam hati | Menggunakan percakapan pengarang
B. Menggunakan sudut pandang orang pertama | Menggunakan sudut pandang orang ketiga
C. Tokoh utama adalah aku/pengarang | Tokoh utama adalah orang lain
D. Latar tempat adalah di kamar | Latar tempat adalah di depan toko

46. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone dengan alasan smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya. Smartphone dianggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone dapat digunakan untuk melihat situs-situs dewasa.

Kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan adalah...

A. Saya sependapat dengan pernyataan tersebut, karena remaja belum bisa kontrol diri dalam menggunakan smartphone.
B. Saya kurang setuju dengan pendapat di atas, karena smartphone memudahkan remaja menemukan jawaban dari tugas yang diberikan guru.
C. Saya kurang setuju dengan pendapat tersebut, karena dampak negatif yang ditimbulkan smartphone tidak berbahaya.
D. Saya sangat setuju dengan pendapat tersebut, karena smartphone harganya cukup tinggi.

47. Cermati kalimat-kalimat berikut !

1. Pemilihan Gubernur di Kota Banyuwangi berlangsung aman.
2. Para atlit berlatih keras untuk menghadapi olimpiade.
3. Pertandingan voli antarkelas di SMP Kasih Abadi berlangsung seru.
4. Untuk merubah sifat menjadi baik, perlu keteladanan yang konsisten.

Dari empat kalimat tersebut, kalimat yang menggunakan ejaan yang benar adalah kalimat...
A. kalimat 1
B. kalimat 2
C. kalimat 3
D. kalimat 4

48. Penampilan finalis Putri Indonesia sungguh sangat...
Isian yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada kalimat tersebut adalah...
A. memesona
B. mempesona
C. mempesonakan
D. mempersona 

49. Pada hari raya Idhul Fitri kita harus saling bermaaf-maafan.

Pilihan kata pada kata yang dicetak miring tersebut kurang tepat. Pilihan kata yang tepat adalah...
A. memaafkan
B. bermaafan
C. saling maaf-memaafkan
D. saling memaafkan

50. Bunglon adalah binatang yang bisa melakukan...untuk menyamarkan warna tubuhnya dengan warna tempatnya berada.

Isian yang tepat untuk bagian yang rumpang pada kalimat tersebut adalah...
A. mimikri
B. metamorfosa
C. simbiosis
D. kamuflase
Baca Juga :