Wednesday, April 14, 2021

Keuntungan Program Luar Sekolah Berbasis Pendidikan Akademik

Jeswin Thomas on Unsplash - 

Dalam upaya untuk menjaga anak-anak tetap termotivasi dan aman, Pemerintah Amerika Serikat menginvestasikan sejumlah besar dana untuk membantu pembiayaan program luar sekolah setiap tahunnya.

Laporan dari Departemen Pendidikan dan Kehakiman A.S. menjelaskan bahwa program luar sekolah sangat efektif untuk meningkatkan pendidikan dan menjamin kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

Menariknya, yang terjadi di Amerika bahwa masyarakat di sana mau menyediakan program luar sekolah berbasis pendidikan akademik di komunitas mereka sendiri.

Untuk mengatasi masalah keamanan, kebosanan, kesepian dan buruknya kinerja siswa, maka dipertimbangankan perlunya program setelah sekolah atau luar sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan.

Anak-anak yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah seringkali terlambat dalam hal kemampuan membaca dan tata bahasa yang baik.

Data statistik membuktikan bahwa jika anak hanya bersekolah dan dibiarkan tanpa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, kemungkinannya mereka akan sulit mendapat nilai baik dan malas untuk bersekolah.

Dana yang disediakan oleh Pemerintah A.S. akan memungkinkan sekolah di pedesaan dan dalam kota bisa menyediakan kegiatan selama musim panas, akhir pekan, dan waktu setelah sekolah lainnya.

Kegiatan seperti ini akan mampu mengarahkan anak-anak ke lingkungan yang bebas narkoba, aman, dan diawasi.

Peningkatan pemahaman anak pada suatu ilmu adalah fokus utama dari kegiatan luar sekolah berbasis pendidikan akademik ini.

Dengan demikian, program ini dapat meningkatkan keterampilan anak dalam berbagai hal.

Sebagian besar program pendidikan luar sekolah berbasis akademik menawarkan bantuan dalam les matematika, membaca, pemahaman konsep, dan pemecahan masalah. 

Banyak dari program seperti ini menyediakan kegiatan menarik yang berupaya untuk mempersiapkan siswanya ke jenjang perkuliahan.

Pengalaman dan praktek langsung juga disediakan untuk anak-anak yang ingin belajar menjadi seorang guru, tutor atau mentor. 

Keuntungan lain dari program ini adalah anak-anak dimudahkan untuk akses telekomunikasi, teknologi, serta keterlibatan dalam musik dan seni.

Semua ilmu dan fasilitas yang didapatkan adalah sesuatu yang tak ternilai harganya.

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini sangat berguna terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, di mana kegiatan semacam itu dianggap sebagai kemewahan.

Bagi anak-anak, mereka akan senang ketika mendapatkan uang saku dari orang tuanya dan dianggap sebagai uang jajan tambahan.

Sekolah di Amerika Serikat yang mempunyai program ekstrakurikuler ini berhak menerima dana bantuan untuk operasionalnya.

Sebuah Program Makan Siang Sekolah Nasional di Amerika Serikat juga ditunjuk untuk menganggarkan bantuan makanan.

Makanan ringan gratis atau makanan ringan dengan potongan harga akan disediakan untuk anak-anak dari sekolah yang mengajukan proposal.

The Child and Adult Care Food Program (CACFP) akan mengganti pengeluaran sekolah dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Program bantuan ini hanya berlaku sampai anak berusia 13 tahun.

Dana yang didapat sekolah bergantung pada daerah tempat sekolah itu berada.

Sekolah yang berada di daerah berpenghasilan rendah akan mendapat lebih banyak dana.

Fasilitas makan malam dapat disajikan untuk anak-anak di bawah usia 19 tahun.

Program yang jam belajarnya lebih lama biasanya menyediakan makan malam dan makanan ringan.

Dengan adanya partisipasi dari organisasi swasta, kemungkinan untuk memberi makan anak-anak sekolah saat sarapan, makan malam dan makanan ringan akan lebih besar.