Friday, October 16, 2020

Pentingnya Program Beasiswa, Dana Hibah atau Pinjaman Keuangan di Perguruan Tinggi


“Pendidikan itu mahal, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih murah, maka artinya Anda memilih kebodohan”.
Photo by Clay Banks on Unsplash

Ini adalah salah satu klise yang cukup masuk akal dan telah diucapkan lebih dari jutaan kali. Namun klise ini sebenarnya memiliki kenyataan yang menyakitkan.

Saat ini, faktanya tidak banyak siswa yang memiliki orang tua yang benar-benar mampu membiayai pendidikannya di perguruan tinggi tanpa membebani pikiran mereka secara berlebihan.

Solusi yang biasa digunakan remaja adalah bekerja sambil belajar pada waktu yang sama, terutama di perguruan tinggi yang mempekerjakan mahasiswa menjadi asisten dosen atau labor sebagaimana mereka diistilahkan.

Akan tetapi seringkali prestasi akademik para siswa yang bekerja ini kurang baik, karena mereka tidak dapat mengatur waktu dengan bijak.

Tapi apakah kita akan membiarkan pendidikan ini mudah ditempuh hanya untuk orang kaya? Jawabannya pasti tidak.

Itulah mengapa pentingnya manfaat dan peluang dengan adanya program hibah pendidikan.

Hal ini bertujuan untuk membantu para siswa dalam melanjutkan pendidikannya dengan memberikan dana pendidikan meskipun tidak banyak.

Tidak seperti beasiswa, hibah didasarkan pada kebutuhan khusus siswa dan bukan merupakan kombinasi antara kebutuhan dan prestasi.

Namun, sebelum Anda mendapatkan hak istimewa ini, Anda harus yakin bahwa Anda berhak atas kesempatan tersebut.

Pada dasarnya, proses hibah bermanfaat bagi mahasiswa dan institusi yang menggunakan dana hibah tersebut untuk mengembangkan kurikulum, membuka fakultas baru, dan membangun fasilitas baru.

Perbedaan antara hibah dengan beasiswa dan pinjaman mahasiswa adalah bahwa hal itu diberikan kepada penerimanya tanpa ada kewajiban untuk mengembalikannya.

Dengan kata lain hibah adalah hadiah dalam bentuk uang. Beasiswa lain lagi, yaitu bantuan yang diberikan sesuai dengan prestasi akademis meskipun juga merupakan dalam bentuk uang.

Namun, program pinjaman mahasiswa sangat berbeda di antara ketiga hak istimewa tersebut.

Pinjaman siswa adalah sejumlah uang yang dipinjamkan kepada siswa untuk membiayai sekolahnya dengan kesepakatan untuk melunasinya pada waktu yang telah ditentukan dengan bunga yang disepakati.

Pemberian hibah dapat diberikan dalam kategori umum, atau mungkin juga diberikan kepada siswa yang mengejar program jurusan khusus.

Jurusan itu seperti matematika atau bisnis, atau ke berbagai tingkat gelar, seperti Sarjana, Magister, Doktoral atau Master.

Hibah juga dapat berasal dari sumber yang berbeda yaitu perguruan tinggi dan universitas, organisasi publik dan swasta, serta dari bantuan daerah atau negara.

Karena hibah secara khusus dimaksudkan untuk mereka yang tidak mampu secara finansial, hibah tertentu tersedia untuk minoritas dan siswa yang yatim atau yatim piatu.

Ada juga beberapa kasus di mana uang hibah ditukar dengan layanan profesional atau jaminan pekerjaan setelah lulus. Ini biasa terjadi pada mereka yang mengambil profesi perawatan kesehatan.

Tujuan utamanya adalah untuk menempatkan para profesional terlatih di daerah yang secara medis kurang terlayani.

Hibah secara khusus diambil oleh siswa dewasa untuk kembali ke perguruan tinggi atau ke program perguruan tinggi yang akan mengarahkan mereka untuk langsung masuk ke tempat kerja.

Hal ini wajar karena perguruan tinggi tidak lagi mensyaratkan usia tertentu, yakni bisa usia 18-24 tahun. 

Orang di Amerika saat ini menjadi semakin praktis dalam mempertimbangkan beberapa peluang untuk menerima gelar pendidikan.

Persepsi modern ini telah mendorong siswa dewasa untuk berbondong-bondong ke perguruan tinggi tanpa rasa takut akan ketidakadilan pemerintah seperti sebelumnya.

Dunia saat ini membutuhkan tenaga kerja baru yang terampil dan cekatan, agar mereka dapat mengikuti arus pasar yang kompetitif.

Dan agar pelamar dapat dipercaya saat mencari pekerjaan, mereka harus menunjukkan ijazah perguruan tinggi dan tentunya dengan nilai yang bagus. Karenanya, memiliki gelar sarjana itu sangat penting.