Sunday, September 13, 2020

Walau Produk Perawatan Kulit Vitamin C Bermanfaat, Tetap Teliti Sebelum Beli


Vitamin C sering dianggap oleh konsumen maupun dokter sebagai obat pembasmi kerutan atau ramuan anti penuaan.
Photo by Jennifer Burk on Unsplash


Tujuan utama perawatan kulit vitamin C dalam istilah ilmiah adalah untuk meningkatkan sintesis kolagen atau protein struktural yang teradat di dalam lapisan kulit.

Manfaat tambahan dari Vitamin C untuk kulit terkait dengan kemampuannya dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

Dalam metode perawatan kulit vitamin C, terdapat tantangan besar lain saat menggunakannya. Hal ini terkait dengan kecenderungan adanya proses oksidasi pada produk perawatan kulit Vitamin C.

Saat bersentuhan dengan pengoksidasi yaitu udara, Vitamin C dalam produk akan teroksidasi, sehingga membuat produk perawatan kulit Vitamin C tidak berguna atau kontra efektif.

Vitamin C yang teroksidasi memberikan warna coklat kekuningan pada produknya. Ini adalah sesuatu yang perlu Anda periksa sebelum membeli produk perawatan kulit bervitamin C.

Bahkan setelah Anda membeli produk perawatan kulit ini, Anda harus menyimpannya dengan benar dan terus memeriksa apakah masih baik untuk digunakan atau belum memiliki tekstur coklat kekuningan.

Produsen produk perawatan kulit sebenarnya telah mencoba mengatasi masalah oksidasi ini dengan berbagai cara dan penelitian tentang produk perawatan kulit bervitamin C.

Salah satu metode untuk mempertahankan efektivitas produk perawatan kulit ini untuk jangka panjang adalah dengan menjaga konsentrasi tinggi atau katakanlah 10% Vitamin C tersebut.

Namun, ini membuat produk perawatan kulit Vitamin C menjadi lebih mahal. Produk perawatan kulit ini sudah cukup terjangkau dan dengan membuatnya lebih mahal akan membuat produsen produk rugi. 

Cara lainnya adalah dengan menggunakan turunan Vitamin C, seperti ascorbyl palmitate dan magnesium ascorbyl phosphate. Dengan cara ini, didapatkan tidak hanya lebih stabil tetapi juga murah.

Meskipun produk turunannya tidak seefektif produk dengan Vitamin C, stabilitasnya terhadap oksidasi adalah fitur yang sangat diinginkan sehingga membuatnya lebih aman.

Selain itu, manfaat kandungan ini juga dikenal tidak terlalu berbeda dari yang aslinya.

Berbicara tentang keefektifan produk perawatan kulit Vitamin C, penting untuk disebutkan bahwa tidak semua orang sesuai dengan perawatan Vitamin C pada kulitnya.

Jadi, vitamin ini bukanlah sebuah ramuan ajaib yang harus digunakan setiap orang.

Jika Anda tidak melihat perubahan yang mencolok pada kulit Anda setelah perawatan, itu mungkin karena kulit Anda tidak merespons perawatan Vitamin C dan bukan salah produk perawatan kulitnya.

Seiring dengan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan, orang hanya bisa berharap dan menunggu solusi lengkap untuk tantangan yang dihadapi oleh produk perawatan kulit bervitamin C saat ini.