Sunday, August 2, 2020

Tips Penting Mengoleksi Koin Kuno Bagi Newbie atau Pemula


Mengumpulkan koin sangat menyenangkan! Ini adalah hobi dan sumber pendapatan bagi banyak orang. Salah satu jenis koin yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah koin kuno.
Photo by ZSun Fu on Unsplash

Banyak kolektor ragu untuk membeli koin kuno untuk dikumpulkan karena koin biasanya sangat mahal.

Tapi, dibalik itu semua yang paling penting adalah keunikan koin-koin ini dan manfaat yang koin itu  berikan kepada sang kolektor.

Berikut adalah beberapa tips yang harus dipertimbangkan ketika membeli koin kuno:

1. Melakukan penelitian mendalam terhadap koin kuno.

Adalah penting bahwa seorang kolektor harus bisa mengenal koin mana yang dianggap kuno atau yang lebih bernilai.

Seorang kolektor tidak perlu repot-repot pergi ke perpustakaan, karena banyak situs web di Internet dapat memberikan semua informasi yang diperlukan tentang koin kuno.

2. Ada berbagai macam koin kuno yang tersedia untuk kolektor.

Seorang kolektor dapat memilih koin yang berasal dari berbagai era dan peradaban dunia. Dia dapat memilih dari peradaban Cina, Roma kuno, Yunani, Persia, dll.

Kebanyakan lebih disukai bagi seorang kolektor untuk fokus pada kelompok atau era tertentu ketika mengumpulkan koin kuno.

3. Setelah pilihan diputuskan, seorang kolektor kemudian dapat fokus pada pembelian koin-koin ini. 

Untuk para pemula, mungkin lebih baik pada pilihan koin yang paling murah yaitu pada kisaran harga $ 20 atau perkiraan Rp 280.000.

Begitu koleksinya telah bertambah banyak dan telah mempunyai modal yang cukup, kolektor mungkin ingin mulai membeli koin yang lebih mahal.

4. Seorang kolektor juga dapat mencoba mencari koin kuno di rumah lelang atau sutus pelelangan online di mana koin kuno tersedia.

Selalu waspada terhadap kemungkinan penipuan di mana pun tempat transaksi Anda dan berhati-hatilah dalam membeli koin di lelang online karena bisa saja barang yang dikirimkan palsu atau sudah rusak.

5. Juga disarankan agar kolektor membuat daftar koin kuno yang ingin dibeli.

Kolektor dapat mencatat deskripsi dan jenis-jenis koin kuno sesuai dengan urutan kesukaannya yang akan membuat pencariannya untuk koin kuno menjadi tugas yang lebih mudah.

Termasuk di dalam daftar itu haruslah ada jumlah uang yang dia rela habiskan untuk pembelian jenis koin tertentu. 

Daftar ini akan membantu pembelian oleh kolektor baik secara online atau di rumah lelang dan memungkinkannya untuk mengelola anggaran dengan lebih mudah.

6. Penting untuk memiliki tempat penyimpanan yang terpisah untuk koleksi koin kuno atau koleksi lainnya.

Penyimpanan dan penjepit yang terpisah akan membantu kolektor mudah untuk memindahkan dan menyimpan koinnya.

Koin kuno pada umumnya lebih mahal daripada koin koleksi lainnya sehingga perlu bagi seorang kolektor untuk mengetahui perawatan yang tepat untuk koin mereka.

Memiliki koin kuno seharusnya tidak menjadi beban bagi kolektor koin. Mengumpulkan koin kuno adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati hobi tersebut.

Satu hal yang terpenting adalah selalu mempunyai rencana anggaran yang detail tentang melakukan hobi ini.

Jangan sampai keasyikan menekuni hobi namun mengganggu rutinitas dan menyebabkan pengeluaran berlebihan yang membuat keuangan pribadi tidak stabil.

Mengoleksi koin kuno tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan pendapatan sampingan bagi banyak kolektor koin.